Parenting

6 Makanan Sehat Penuh Nutrisi Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Tak sedikit daripada jenis makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama yang di anjurkan oleh ahli gizi. Namun yang terpenting, makanan tersebut mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti karbohidrat, protein, lemak sehat dan tak ketinggalan vitamin juga mineral. Berbagai nutrisi tersebut baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit flu pada ibu hamil. Tak hanya untuk sang ibu, makanan yang mengandung berbagai nutrisi tersebut juga memiliki peranan penting dalam pertumbuhan janin lho.

makanan sehat penuh nutrisi untuk ibu hamil trimester pertama

Tiga bulan pertama kehamilan sering kali dinggap sebagai fase terpenting untuk pertumbuhan sekaligus perkembangan janin dalam kandungan. Hal tersebut dikarenakan pada periode tersebut, pembentukan organ-organ janin tengah berlangsung. Sehingga di fase ini, ibu hamil sangat dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat.

Adapun Salah satu diantaranya yakni mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Dengan begitu, sel-sel janin akan berkembang sempurna menjadi organ tubuh yang terbentuk dengan baik. Selain itu, resiko terjadinya cacat bawaan lahir dan juga terjadinya keguguran dapat terhindarkan. Lalu, apa saja makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester pertama?

Jenis makanan sehat penuh nutrisi untuk ibu hamil di trimester pertama

Terdapat berAgam zat gizi yang dibutuhkan di trimester pertama dan sepanjang masa kehamilan. Diantaranya yakni karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, vitamin dan mineral. Adapun berbagai unsur gizi tersebut terdapat dalam berbagai jenis makanan berikut.

1. Sayuran berwarna hijau

Sayuran hijau memang makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh anak-anak hingga dewasa, temasuk baik dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester pertama. Beberapa diantaranya seperti brokoli, bayam, kale, kubis dan sawi.

Berbagai jenis sayuran tersebut memiliki banyak nutrsi yang dibutuhkan ibu hamil. Seperti halnya vitamin C, vitamin K, kalsium, serat, folat, kalium dan antioksidan. Bahkan dengan kandungan seratnya yang tinggi, mampu mencegah sembelit pada ibu hamil. Selain itu, mengonsumsi sayuran hijau juga dipercaya mampu menurunkan resiko bayi cacat lahir dengan berat badan rendah.

2. Buah-buahan

Tak hanya sayuran, buah-buahan juga dikenal kaya akan vitamin, mineral, serat dan kandungan alami lainnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil muda. Adapun berbagai jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan adalah jeruk, pepaya, mangga, melon, alpukat, pisang, stoberi dan kiwi.

Bumil bisa mengonsumsi hingga 5 porsi buah dengan warna berbeda setiap harinya. Tak hanya mengonsumsinya secara langsung, bumil juga bisa mengolahnya menjadi jus buah segar tanpa gula atau pemanis lainnya. Dan jangan lupa, untuk mencucinya hingga bersih sebelum mengonsumsi atau mengolahnya ya.

3. Kacang-kacangan

Kedelai, kacang panjang, kacang tanah, kacng polong dan lentil adalah beberapa dari jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil terutama pada trimester pertama kehamilan. Didalamnya sendiri, terkandung folat yang berguna untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf juga lahir dengan berat badan rendah.

4. Susu dan produk olahannya

Makanan ibu hamil trimenter pertama yang juga baik dikonsumsi adalah susu dan produk olahannya. Makanan ini sendiri diketahui kaya akan kalsium dan protein yang baik ntuk pertumbuhan janin dan menjaga kesehatan tulang sang ibu. Selain itu, susu juga diketahui mengandung fosfor, vitamin B, magnesium, zinc serta probiotik yang dapat mendukung kesehatan pencernaan.

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah sebaiknya pilih susu atau produk susu yang rendah lemak juga gula. Hindari pula produk olahan susu yang tidak melewati proses dipasteurisasi lantaran beresiko mengandung bakteri yng dapat membahayakan ibu hamil dan janin.

5. Sumber protein

Ikan, daging dan telur merupakan jenis makanan sumber protein yang juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama. Ikan sendiri merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang bak untuk perkembangan otak juga sistem saraf janin. Sebaiknya pilih konsumsi ikan yan tidak mengandung banyak merkuri. Seperti halnya ikan lele, mujair, nila, mas, salmon juga tuna.

Begitu juga dengan telur, daging ayng maupun daging sapi juga dikenal sebagai sumber protein yang berkualitas tinggi. Selin itu, didalamnya juga terkandung zat besi, vitamin B yang sangat dibutuhan oleh ibu hamil guna mencegah anemia, serta menurunkan resiko bayi lahir prematur ataupun lahir dengan berat badan rendah. Namun sebelum menyantapnya, pastikan daging maupun telur yang akan Anda konsumsi tela diolah dengan benar-benar matang.

6. Sumber karbohidrat

Nasi, kentang, biskuit, roti dan ereal, merupakan beberapa pilihan makanan yang mengandung karbohidrat. Adapun karbohidrat sendiri, sangt dibutuhkn oleh ibu hamil sebagi sumber tenaga untukberaktifitas. Selain itu, kandungan ini juga dibutuhkan dalam proses pembentukan organ tubuh janin selama trimeter pertama kehamilan.

Nah, itulah berbagai jenis makanan sehat penuh nutrisi yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil trimester pertama. Untuk itu, mulai sekarang, bumil jangan lupa untuk memasukan salah satu dari makanan diatas dalam menu harian bumil, agar Anda dan janin tetap sehat. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencukupi asupan cairan, sedikitnya 8-10 gelas perhari guna mencegah terjadinya dehidrasi.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close