Parenting

Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Diabetes, Aman dan Lezat!

Pada dasarnya, penderita diabetes tidak bisa leluasa mengonsumsi segala jenis makanan. Karena apabila salah asupan, maka kadar gula darah yang dimilikinya bisa langsung melonjak tinggi. Meski begitu, terdapat makanan sehat yang baik bagi penderita diabetes dimana aman dan lezat dikonsumsi. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya simak ulasan berikut.

makanan sehat yang baik bagi penderita diabetes, aman dan lezat

Saat Anda telah didiagnosis menderita diabetes, selain pengobatan sebaiknya Anda juga harus mulai memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Jika tidak, maka kadar gula darah Anda akan meningkat dan justru dapat memperparah penyakit diabetes yang diderita. Dengan begitu, memilih makanan yang baik demi kestabilan gula darah merupakan kunci utama bagi semua penderita diabetes agar bisa tetap menjalani hidup sehat.

Makanan sehat yang baik bagi penderita diabates

Pada dasarnya, makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah makanan bergizi yang rendah lemak dan kalori, sehingga gula darah senantiasa dapat terkontrol. dan berikut beberpa contoh pilihan makanan sehat dan lezat untuk penderita diabetes yang baik untuk dikonsumsi.

1. Gandum utuh

Makanan yang termasuk kedalam whole grain atau biji-bijian utuh ini memang telah sejak lama dinobatkan sebagai makanan paling sehat bagi penderita diabetes. Sebab gandum utuh (whole wheat) ini termasuk ke dalam makanan dengan nilai glikemik yang rendah namun tinggi akan serat. Sehingga makanan yang bagus untuk penderita diabetes ini mampu memperlambat penyerapan glukosa dalam darah.

Makanan yang satu ini juga diketahui mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik bagi penderita diabetes. Tak hanya gandum utuh, masih terdapat berbagai jenis makanan yang baik untuk penderita diabetes dan termasuk ke dalam whole grain. Diantaranya seperti beras merah, quinoa, barley (jelai), beras hitam dan juga buckwheat atau gandum kuda (soba).

2. Nasi merah

Jenis makanan yang satu ini mungkin telah populer menjadi salah satu jenis makanan sehat bagi penderita diabetes. Berbeda dengan nasi putih yang memiliki kadar gula tinggi, nasi merah diketahui mengandung karbohidrat kompleks yang mana rendah gula dan bisa membuat penikmatnya kenyang lebih lama. Sehingga aman dan sehat dikonsumsi oleh pendeita diabetes.

3. Ubi jalar

Tak hanya mampu mengenyangkan, ubi jalar juga dipercaya memiliki manfaat baik untuk mengendalikan gula darah pada penderita diabetes. Hal tersebut karena didalamnya terkandung indeks glikmik yang lebih rendah dibanding kentang. Semakin rendah nilai glikemik suatu makanan, maka akan semakin lambat pula proses pengubahan menjadi glukosa. Sehingga, makanan yang memiliki kadar glikemik lebih rendah tidak akan secara drastis melonjakkan gula darah setelah makan.

Bahkan tak sebatas disitu, ubi jalar juga diketahui mengandung senyawa nutrisi lainnya yang juga baik untuk penderita diabates. Diantaranya seperti serat, vitamin A, vitamin C serta kalium. Nah, Anda bisa menikmati ubi jalar ini dengan berbagai cara, mulai dari di rebus, dipanggang hingga ditumbuk. Tambahkan juga makanan sehat jenis lainnya agar asupan makanan bagi penderita diabetes menjadi lebih bervariasi.

4. Kacang-kacangan

Pilihan maknan untuk penderita diabetes ini sangat aman dikonsumsi. Hal tersebut lantaran kacang mengandung serat juga protein. Selain itu, didalamnya juga terkandung karbohidrat kompleks serta memiliki indeks glikemik yang rendah. Sehingga kcang lebih lama diubah menjadi glukosa, dan tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara drastis. Dan tak cukup sampai disitu, kacang juga diperkaya dengan nutrisi lainnya.

Diantaranya seperti magnesium yang turut membantu menstabilkan kadar gula darah teta stabil sehingga menjadi makanan terbaik untuk penderita diabetes. Adapun berbagai pilihan kacang yang cocok menjadi camilan sehat untuk penderita diabetes diantaranya adalah kacang almond, kenari, mete, pistachio, kedelai, kacang tanah serta kacang merah. Meski menyehatkan, namun Anda harus tetap mengonsumsinya dalam batas normal, karena jika dikonsumi berlebihan bisa memicu kenaikan berat badan.

5. Sayur bayam

Menurut suatu penelitian, sayur bayam mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang baik bagi penderita diabetes. kedua kandungan tersebut mampu melindungi mata dari ancaman degenerasi makula serta katarak, yang mana merupakan komplikasi diabetes yang paling umum terjadi. Selain itu, sayuran berdaun hijau seperti bayam juga diketahui termasuk sayuran non pati yang mana cenderung mengandung karbohid rat rendah serta indeks glikemik yang juga rendah.

Tak hanya bayam, sayuran hijau lainnyapun yang bagus untuk diabetes adalah brokoli, sawi, bok choy serta kubis. Untuk itu, mulai sekarang Anda bisa memasukan bayam atau sayura hijau lainnya ke dalam menu diet diabetes Anda setap hari. Baik dikonsumsi dalam bentuk lalapn, campuran salad, sup, tumisan dan lainnya.

6. Ikan

Tak hanya lezat, ikan juga termasuk ke dalam salah satu makanan sehat yang bagi penderita diabetes. Terlebih ikan yang mengandung lemak sehat. Diantaranya seperti ikan salmon, sarden, tuna, makarel dan trout. Untuk lebih sehat, And bisa mengolahnya dengan cra di pepes, di panggang atau dijadikan sup besama sayur mayur.

Menurut American Diabetes Association menyebutkan bahwasannya diet tinggi lemak sehat dapat membantu mengendalikan gula darah sekaligus menekan kadar lipid (lemak darah) pada penderita diabetes. Adapun untuk menjaga kesehatan, pende rita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ini sebanyak 2 kali sehari.

7. Mie shirataki

Mie yang sekilas mirip soun ini terbuat dari glucomannan yakni sejenis serat yang berasal dari akar tanaman konjak, sehingga tak jarang mie ini juga disebut mie konjak. Apabila pada umumnya mie tinggi dengan karbohidrat tepung, mie shirataki justru tinggi akan serat. Kandungan serat sendiri baik untuk penderita diabetes lantaran mampu menstabilkan gula darah sseorang setelah makan.

Selain itu, makanan ini juga diketahui mengandung sekitar 97% air yang baik bagi penderita diabetes. Adapun suatu penelitian menujukkan bahwa serat glucomannan memiliki potensi untuk menurunkan kadar gula darah serta menurunkan resiko ternjadinya resistensi insulin bagi penderita diabetes. Sehingga tak sedikit yang merekemodasikan mie shirataki sebagai pengganti nasi putih bagi penderita diabetes.

8. Buah beri

Buah beri juga diketahui termasuk ke dalam jajaran maknan yang baik dikonsumsi oleh penderita dibetes. Diantaranya seperti stoberi, blackberi, blueberi dan lainnya. Kesemuanya kaya akan kandungan antioksidan yang dapat mmebantu mencegah stres oksidatif. Tak hanya kaya akan antioksidan didalamnya juga tinggi akan serat juga mengandung berbagai jenis vitamin esensial serta mineral.

Sehingga tak heran aabila buah beri diketahui memiliki kghasia untuk mencegah kenaikan gula darah serta bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan sehat bagi pendrita diabetes ini juga diketahui rendah glikemik shingga sangat efektif untuk men jaga kestabilan kadar gula darah. Selain buah beri, masih banyakk laghi buah-buahan lainnya ang baik utuk diabetes. Diantaranya seperti alpukat juga buah-buahan citrus seperti jeruk, jeruk bali merah serta lemon.

Nah itulah berbagai makanan sehat yangbaik bagi penderita diabetes. Selain dari pada itu, masih banyak lagi deretan makanan lezat lainnya yang shat serta aman bagi penderita diabetes. Mulai dari daging tanpa lemak, yourt prbiotik, kayu manis, oatmeal dengan toping buah beri, popcorn tawar, jagung, tomat, biji chia, susu dan produk olahan susu rendah lemak hingga dark chocolate. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kadar Gula Darah Normal Bagi Penderita Diabetes

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close