Manfaat

6 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Jantung Hingga Cegah Kanker

Manfaat bawang putih tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, melainkan juga memiliki banyak kebaikan bagi kesehatan. Bahkan bawang putih ini digadang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan jantung hingga mencegah penyakit mematikan seperti kanker. Bagi Anda yang belum mengetahui informasi mengenai khasiat bawang putih bagi kesehatan, Anda sebaiknya menyimak informasi berikut.

Sekilas mengenai bawang putih dan kandungan nutrisi didalamnya

Bawang putih memiki nama latin Allium Sativum, merupakan jenis umbi-umbian yang masih termasuk ke dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae). Sehingga bawang putih masih bersaudara dengan jenis bawang lainnya seperti bawang merah dan daun bawang. Sejatinya, bawang putih sendiri merupakan umbi siaung asli Asia tengah, namun juga tumbuh subur di Italia juga Selatan Prancis.

Selain jenis bawang putih tunggal, dalam satu bawang putih biasanya terdapat 1-10 siung. Dan setiap siungnya itu memiliki berat sekitar 6-8 gram. Adapun dalam per 100 gram bawang putih, kira-kira mengandung nutrisi dan senyawa alami seperti berikut.

  • 4 kalori
  • 1 gr karbohidrat
  • 0,2 gr protein
  • 0,1 gr serat
  • 0,1 mg mangan (setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh
  • 0,9 mg vitamin C (setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh
  • 5,4 kalsium (setara dengan 1% kebutuhan harian tubuh)
  • 0,4 mkg selenium (setyara dengan 1% kebutuhan ahrian tubuh
  • Berbagai jenis antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida dan asam amino

Selain dari pada itu, bawang putih juga diperkaya dengan kandunga sulfur aktif didalamnya. Diantaranya seperti allin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida juga dialil trisulfida. Nah, dan saat bawang putih dikunyah secara mentah didalam mulut, maka zat-zat sulfur tersebut akan membentuk allicin yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. Lalu, apa mafaat bawang putih bagi kesehatan?

Khasiat dan manfaat bawang putih bagi kesehatan yang masih jarang diketahui

Berikut adalah berbagai kebaikan bawang putih untuk kesehatan, menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan.

1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu khasiat bawang putih yang telah teruji adalah baik untuk kesehatan jantung. Menurut suatu penelitian, pemberian suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih, mampu memebrikan efek perlindungan untuk kesehatan jantung.

Efek tersebut diketahui dari kemampuan bawang putih dalam menurunkan kolesterol hingga efek pengencer darah guna melancarkan sirkulasi darah. Kolesterol sendiri merupakan salah satu penyebab aterosklerosis, yang mana apabila kondisi tersebut terjadi maka rentan terhadap serangan jantung maupun stroke.

2. Menurunkan kolesterol

Banyak yang menganggap, bahwasannya bawang putih merupakan salah satu makanan terbaik untuk mencegah terjadinya kolesterol tinggi. Peneliti menyebutkan, bahwasannya manfaat tersebut berasal dari kandungan allicin yang terkandung didalamnya. Senyawa tersebut diduga mampu menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.

Sedangkan sebuah penelitian terdahulu yang dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine melaporkan, bahwasannya mengonsumsi sekitar 10gr bawang putih mentah (1-2 siung kecil) secara rutin setiap hari, berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis dalam dua bulan. Temuan tersebut juga diperkuat oleh berbagai studi lebih terkini.

3. Mengendalikan tekanan darah

Apabila Anda termasuk orang yang beresiko ataupun telah terdiagnosis menderita hipertensi, maka bawang putih bisa menjadi salah satu makanan Andalan Anda. Manfaat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah telah terkenal sejak lama bahkan sebanding dengan obat hipertensi generik.

Menurut sebutah penelitian dari tim Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences melaporkan bahwasannya efek penurunan tekanan darah sistolik juga diastolik setelah mengonsumsi bawang putih mentah hampir sama dengan mengonsumsi obat antihipertensi resep dokter. Dan lagi-lagi, khasiat ini berasal dari kandungan allicin yang hanya bisa diapat apabila bawang putih dikunyah, diuleg atau di potong.

4. Menjaga kesehatan saluran cerna

Manfaat bawang putih lainnya yang mungkin belum Anda ketahui adalah mampu menjaga saluran pencernaan Anda. Kandungan zat allicin dalam bawang putih diketahui berfungsi sebagai antibiotik juga antijamur.

Suatu penelitian menujukkan bahwasannya khasiat bawang putih dapat digunakan untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri H.pylory di lambung. untuk itu, mulai sekarang Anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin, untuk menjaga saluran cerna Anda tetap sehat.

5. Menjaga kesehatan otak

Sebuah penelitian yang di lakukan di Universitas Missouri mengungkapkan fakta terbaru seputar khasiat bawang putih. Dari hasil penelitiannya terungkap bahwasannya karbohidrat yang terdapat didalam bawang putih atau fruAg mampu melindungi sel-sel otak terhadap penuaan juga erbagai penyakit.

FruAg sendiri dilaporkan mampu mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi oleh mikroglia didalam otak, disaat melawan peradangan dan stres oksidatif. Sehingga tak diragukan lagi, apabila bawang putih menawarkan manfaat perlindungan untuk sel-sel otak dengan membuatnya lebih kebal terhadap resiko penyakit neurologis. Seperti halnya dimensia dan alzheimer.

6. Mencegah kanker

Banyak dari pada khasiat bawang putih yang sedang banyak diteliti, salah satunya adalah efek bawang putih dalam melawan kanker. Tak sedikit pula penelitian yang menunujukkan bahwasannya herbal ini mampu menekan aktivitas sel kanker.

Dan berdasarkan temuan tersebut, bawang putih memiliki potensi sebagai sumber antikanker yang bisa diandalkan. Bahkan, studi lainpun menujukkan bahwa orang yang terbiasa menonsumsi bawang beresiko lebih kecil terkena kanker usus besar.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat bawang putih bagi kesehatan. Diantaranya ialah untuk memperkuat tulang, mengatasi radang tenggorokan, pilek dan batuk, mengatasi jerawat hingga mengatasi rmbut rontok. Namun perlu Anda ingat, semua manfaat tersebut bisa Anda dapat dengan mengunyah siungnya secara mentah. Karena justru dalam kondisi segarlah, nutrisi dalam bawang akan bekerja secara optimal.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close