Manfaat

Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan Hingga Mencegah Kanker

Manfaat daun dewa ternyata begitu luar biasa. Bagaimana tidak, salah satu dari jenis tanaman obat keluarga (TOGA) ini, diketahui memiliki khasiat begitu luar biasa bagi kesehatan. Mulai dari mengobati asam urat hingga membantu mencegah juga mengatasi kanker. Nah untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda sebaiknya simak ulasan dari tim herbal TV berikut.

Sekilas mengenal daun dewa dan kandungan didalamnya

manfaat daun dewa

Daun dewa merupakan nama daun dari jenis tumbuhan tegak, yang memiliki nama latin Gynura divaricata. Tanaman ini diketahui tumbuh pada ketinggian 200 meter hingga 800 meter diatas permukaan laut, dengan tinggi sekitar 30-40 cm. Tanaman daun dewa ini memiliki batang daun pendek lunak dengan berbentuk segi lima, berambut pada sisi luar serta berbunga majemuk yang tumbuh di ujung batang.

Sedangkan daun dewa sendiri memiliki ciri atau spesifikasi seperti berikut:

  • Panjang sekitar 20 cm dan lebar 10 cm
  • Berbentuk bulat lonjong berdaging
  • Permukaan daun berbulu halus
  • Ujung daun lancip
  • Bertoreh pada bagian tepi daun
  • Berwarna hijau keunguan

Adapun dari semua bagian tumbuhan tersebut. Hanya daunnyalah yang sering dimanfaatkan unuk pengobatann. Hal tersebut dikarenakan didalam daun dewa terkandung berbagai senyawa alami bermanfaat. Diantaranya seperti flavonoid, saponin, minyak atsiri dan lainnya.

Khasiat dan manfaat daun dewa untuk kesehatan

khasiat daun dewa

Berikut adalah berbagai manfaat daun dewa bagi kesehatan, yang telah berhasil kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Mengatasi asam urat dan rematik

Apabila Anda kini tengah menderita penyakit rematik atau asam urat, maka mengonsumsi air rebusan daun dewa bisa menjadi alternatifnya. Manfaat daun dewa untuk asam urat dan rematik ini latar belakangi oleh sifat analgesik (pereda rasa nyeri) dan antiinflamasi (antiradang), yang terdapat dalam daun ini. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa merebus daun dewa bersamaan dengan jahe merah dan juga sawi langit.

2. Mengobati penyakit stroke

Daun dewa juga diketahui memiliki kemampuan untuk melancarkan sirkulasi darah, yang tentunya sangat membantu penderita stroke untuk segera mendapat kesembuhan. Untuk cara pengolahannya, Anda bisa menumbuk daun dewa dan biji ginko, lalu peras untuk mendapatkan sarinya. Anda bisa meminum sari tersebut yang sebelumnya telah dicampur sedikit madu sebanyak dua kali sehari.

3. Atasi kencing manis atau diabetes millitus

Didalam tanaman daun dewa terdapat sifat hipoglikemin yang dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Untuk itu, apabila Anda penderita diabetes millitus, maka Anda bisa megonsumsi air rebusan daun dewa ini satu kali secara teratur, guna menurunkan kadar gula dalam tubuh.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi Anda yang kini tengah menderita hipertensi mengonsumsi air rebusan dari beberapa lembar daun dewa bisa menjadi alternatif yang efektif untuk menurunkan tekanan darah. Anda bisa mengonsumsi air rebusannya dua kali sehari setelah makan. Selain air rebusannya, Anda juga bisa mengonsumsi daun dewa sebagai lalapan.

5. terapi pengobatan penyakit jantung

Mengonsumsi ramuan dari umbi tanaman daun dewa juga dipercaya mampu obati penyakit jantung secara alami. Caranya, cukup dengan menumbuk daun dewa dan menyeduhnya dengan air. Untuk hasil yang optimal, konsumsi ramuan ini setiap sore. Ramuan alami ini juga diketahui mampu menurunkan resiko penyakit jantung yang Anda alami kambuh.

6. Mengobati kanker

Daun dewa juga terkenal khasiatnya untuk mengobatan kanker terlebih kanker payudara. Hal tersebut karena didalamnya terkandung senyawa protein yang bernama perokside. Menurut suatu studi pada tahun 2013 yang dilakukan oleh Universiti Sains Malaysia dan diterbitkan di Jurnal PLoS ONE terungkap, bahwasannya protein tersebut bekerja menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Maka dari itu, tak sedikit peneliti mempercayai, bahwa daun dewa dianggap memiliki potensi yang baik untuk menjadi pilihan pengobatan alternatif kanker payudara.

Nah itulah berbagai manfaat daun dewa bagi kesehatan. Selain dari pada itu, daun dewa juga diketahui memiliki banyak khasiat lainnya. Diantaranya dapat mengobati luka memar, menghentikan pendarahan, obat alami untuk meluruhkan kencing, mendetoksifikasi atau membersihkan racun didalam tubuh dan sebagai obat alami penurun panas. Bahkan selain dari pada itu, daun dewa juga bagus untuk kecantikan, seperti untuk menghilangkan jerawat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close