Manfaat

7 Manfaat daun Katuk Bagi Kesehatan Selain Efektif Obati Sariawan

Manfaat daun katuk untuk sariawan mungkin telah banyak diketahui oleh kalangan masyarakat, khususnya yang tinggal di pedesaan. Namun, tahukah Anda? ternyata daun katuk tak hanya dapat dimanfaatkan menjadi obat alami sariawan dan panas dalam. Selain itu, masih banyak lagi khasiat lainnya. Terutama, untuk kesehatan bayi dan ibu hamil.

Mengenal daun katuk dan kandungan gizi didalamnya

manfaat daun katuk

Katuk memiliki nama latin Sauropus androgynus, merupakan sejenis tanaman perdu yang dapat tumbuh mencapai ketinggian 2-3 meter, dengan cabang-cabang pohon lunak. Adapun bagian dari tumbuhan ini yang sering kali dimanfaatkan adalah bagian daunnya. Dan berikut adalah berbagai kandungan senyawa alami juga nutrisi yang diketahui terdapat dalam daun katuk. Diantaranya seperti:

  • Protein
  • Lemak
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Vitamin A, B dan C
  • Metil piroglutamat
  • p-dodesil fenol

Selain dari pada itu, herbal ini diketahui mengandung energi, hidrat arang, serat, abu, kalsium, karoten juga air. Daun Sauropus androg juga diketahui memiliki kadar klorofil tinggi, sehingga tak heran mengandung antioksidan yang tinggi pula. Antioksidan sendiri sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas juga mencegah penuaan dini.

Khasiat dan manfaat daun katuk bagi kesehatan

Berikut adalah berbagai kegunaan daun katuk bagi kesehatan yang telah kami rangkum dari berbagai hasil kajian atau penelitian, serta sumber terpercaya lainnya.

1. Memperlancar ASI

Manfaat daun katuk untuk ibu menyusui ini telah diketahui sejak lama oleh masyarakat. Khasiat yang satu ini juga ditunjang oleh sebuah penelitian. Dimana terungkap, bahwasannya daun katuk mampu meningkatkan ekspresi gen proklatin dan oksitosin terhadap tikus yang menyusui.

Dan perlu Anda ketahui, bahwasannya prolaktin dan oksitosin merupakan dua hormon yang mempengaruhi prosuksi ASI. Selain itu, daun katuk juga mengandung senyawa galactagogue. Senyawa tersebut dipercaya dapat memicu peningkatan produksi ASI.

2. Meningkatkan vitalitas pria

Jika sebelumnya kita membahas khasiat daun katuk khusus untuk wanita, ternyata manfaat daun katuk untuk pria juga ada, yakni mampu meningkatkan vitalitas. Bahkan para ahli merekomendasikan dan menganjurkan pria mengonsumsi daun katuk. Hal tersebut dikarenakan daun katuk diketahui memiliki kandungan fitokimia yang mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

3. Membantu penyembuhan diabetes

Daun katuk diketahui memiliki pengaruh cukup kuat terhadap kadar gula darah manusia. Hal tersebut juga telah tebukti oleh penderita diabetes yang mengonsumsi daun katuk. Dimana penderitanya akan mendapatkan indeks glikemik yang rendah daripada tidak mengonsumsinya sama sekali.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Daun katuk diketahui mengandung zat antioksidan tinggi, yang mana enjadikan daun ini sebagai bentuk pertahanan untuk tubuh. Hal tersebut terbukti lantaran daun katuk juga memiliki kemampuan guna menyembuhkan demam, flu, bisul hingga menghilangkan darah kotor.

Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam daun katuk juga terbuilang cukup tinggi Zat ini sendiri sangat dibutuhkan tubuh guna meningkatkan daya imunitas tubuh. Tak hanya itu, kandungan ini juga mampu membentuk kolagen, mengangkut lemak, mengontrol kolesterol, mempercepat penyembuhan luka hingga meningkatkan fungsi otak agar bekerja secara maksimal.

5. Mengatasi flu

Manfaat daun katuk lainnya bagi kesehatan yakni mampu mengatasi influenza atau yang kita kenal dengan penyakit flu. Hal tersebut dikarenakan didalam daun katuk juga terkandung senyawa efedrin yang sangat baik bagi penderita flu.

Selain itu, daun katuk juga diketahui memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Dimana selain bermanfaat untuk anemia, kandungan ini juga dipercaya mampu mengatasi gejala flu.

6. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium yang cukup tinggi didalam daun katuk, menjadikan daun ini digadang-gadang memiliki manfaat untuk menguatkan tulang dan gigi. Selain itu, daun katuk juga dipercaya mampu mencegah penyakit osteoporosis serta masalah lainnya yang berhubungan dengan kesehatan tulang.

7. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Setidaknya terdapat tujuh senyawa alami dalam daun katuk yang mampu merangsang pertumbuhan hormon steroid (progesteron,testosteron, estradiol serta glukokortiroid) serta senyawa eicosanoid. Sehingga apabila wanita mengomsi daun karuk secara teratur selama kehamilan, maka senyawa aktif didalamnya mampu merangsang hormon wanita.

Bagaimana, sangat banyak bukan manfaat daun katuk selain untuk sariawan? Bahkan selain dari pada itu, masih banyak manfaat daun katuk lainnya bagi kesehatan. Diantaranya mengatasi anemia, mengobati luka, menjaga kesehatan mata, mengobati batuk,menambah energi dan stamina, menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi asam lambung, menurunkan asam urat tinggi hingga cegah kanker.

Daun katuk juga diketahui mampu memlihara kesehatan dan kecantikan kulit, seperti menghindarkan kulit Anda dari masalah jerawat. Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut Anda bisa mengolahnya dengan cara disayur, mengonsumsi air rebusan daun katuk hingga menyeduh ekstrak daun katuk yang telah diolah sebelumnya.

Apakah ada efek samping daun katuk bagi kesehatan?

Mengonsumsi daun katuk ada baiknya perlu diperhatikan. Karena didalam daun katuk terdapat senyawa alkaloid bernama alkaloid papaverina. Dimana apabila daun katuk dikonsumsi berlebihan, maka kemungkinan dapat menimbulkan efek samping berupa keracunan juga masalah kesehatan berhubungan dengan paru. Maka dari itu, konsumsi daun katuk sewajarnya agar khasiat yang didapatkan maksimal.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close