ManfaatPilihan Editor

Manfaat Daun Kelor Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun kelor tak hanya berkaitan dengan hal gaib seperti sebagai penangkal jin dan guna-guna yang mungkin pernah Anda dengar. Adapun dilihat dari segi ilmiah yang telah berhasil dibuktikan oleh sejumlah penelitian, daun kelor ternyata menyimpan banyak khasiat yang luar biasa. Mulai untuk kesehatan, kecantikan, kesuburan dan lainnya. Nah, untuk mengetahui fakta seputar khasiat daun kelor selengkapnya, Anda bisa simak ulasan berikut.

Khasiat dan manfaat dari daun kelor yang luar biasa bagi kesehatan hingga kecantikan

Daun kelor (Moringa oleifera) merupakan bagian dari tanaman herbal yang berasal dari suku Mopringaceae. Tanaman yang di juluki oleh WHO sebagai ‘pohon ajaib’ ini sendiri biasanya tumbuh dengan tinggi pohon hingga 11 meter, dimana ujung rantingnya dihiasi bunga berwarna kuning juga beraroma semerbak. Adapun selain kecil, daun kelor juga memiliki bentuk oval juga bertangkai.

Di Indonesia, daun kelor sering kali diolah sebagai pangan oleh para ibu untuk dijadikan sebagai hidangan sayur lezat untuk disantap bersama keluarga. Selain dari pada itu, tanaman ini sudah dimanfaatkan sejak dulu oleh nenek moyang sebagai obat tradisional. Bahkan tak sedikit penelitian menujukkan bahwa daun kelor mengandung banyak sekali jenis antioksidan dan zat bio aktif yang sangat berguna bagi kesehatan.

Dalam satu cangkir yang berisikan 21 gr daun kelor segar diketahui mengandung nutrisi dan senyawa alami sebagai berikut.

  • Protein ………………………………………… 2gr
  • Vitamin B6 ………………………………….. 19% dari AKG
  • Vitamin C ……………………………………. 12% dari AKG
  • Zat besi ……………………………………….. 11% dari AKG
  • Vitamin B2 (Riboflavin) ………………… 11% dari RDA
  • Manesium ……………………………………. 8% dari RDA
  • Vitamin A (dari beta-karoten) ………… 9% dari AKG

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menganjurkan bayi juga anak-anak dalam masa pertumbuhan untuk mengonsumsi daun kelor. Menurutnya, dalam perbandingan gram daun kelor diketahui memiliki kandungan 7 x vitamin C pada jeruk, 4 x kalsium pada susu, 4 x vitamin A pada wortel, 2 x protein dalam susu dan 3 x postasium dalam pisang.

Baik daun kelor segar maupun daun kelor kering, memiliki kandungan yang sama. Namun jika dilihat dari banyaknya jumlah nutrisi yang terdapat didalamnya, daun kelor kelor kering diketahui mengandung senyawa yang lebih tinggi dibanding dengan daun kelor basah atau segar. Sehingga di negara-negara barat, telah banyak dijual suplemen makanan daun kelor, baik dalam bentuk serbuk maupun kapsul.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Berikut adalah berbagai khasiat juga manfaat yang terkandung didalam daun kelor untuk kesehatan.

☑ Menjadi nutrisi lengkap bagi tubuh

Tahukah Anda? Daun kelor mengandung berbagai sumber vitamin juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun dalam sekitar 20gr daun kelor yang telah di potong-potong, terdapat berbagai nutrisi seperti protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, riboflavin, vitamin A, magnesium dan masih banyak lagi lainnya.

☑ Menurunkan kadar gula darah

Bagi Anda kini yang tengah menderita diabetes, ataupun bersiko mengalami diabetes dan penyakit jantung karena kadar gula tubuh yang tinggi, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi herbal yang satu ini. Tak sedikit dari penelitian yang menunjukkan bahwasannya daun kelor mampu membantu menurunkan kadar gula darah.

Salah satu studi yang dilakukan ada 30 wanita. Dan hasilnya menunjukkan, mereka yang mengonsumsi sebanyak 1,5 sendok teh (7 gr) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan mengalami penurnan gula darah hingga 13,5%. Para ilmuwan mempercayai, bahwa efek tersebut dipicu olh kandungan senyawa isothiocyanate yang terdapat alam daun kelor.

☑ Meredakan peradangan

Selain berbagai kandungan senyawa alami dan nutrisi diatas, daun kelor juga masih memiliki banyak kandungan almi lainnya. Salah satu diantaranya adalah isotionat, yang tak lain merupakan zat antiperadangan. Sehingga tumbuhan ini bisa dimanfaatkan untuk meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh.

☑ Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan suatu malapetaka, diantaranya mampu meningkatkan resiko penyakit jantung. Daun kelor bisa menjadi alternatif untuk membantu menurunkan kolesterol, selain gandum dan juga kelor.

☑ Mencegah kanker

Manfaat daun kelor untuk kanker ini telah melalui berbagai studi, salah satu diantaranya adalah dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan dalam edisi Juni 2011 jurnal Food and Chemical Toxicology. Ekstyrak kelor sendiri dipercaya untuk mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel kanker Masih menurut peneliti terkemuka tersebut juga menyimpulkan bahwasannya daun kelor juga menunjukkan potensi untuk pencegah alami.

☑ Memelihara kesehatan mata

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bahwasannya daun kelor mengandung vitamin A bahkan digadang-gadang 4 kali lebih tinggi dibandingkan wortel yang selama ini digadang-gadang menjadi sumber vitamin A.

☑ Mengatasi infeksi bakteri

Manfaat ekstrak daun kelor juga di percaya mampu membantu meredakan infeksi yang terjadi akibat bakteri. Lantaran tanaman ini mengandung sifat antimikrobial. Sehingga daun kelor diduga mampu memusnahkan bakteri, terlebih bakteri berjenis gram positif.

☑ Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam daun kelor, menjadikan tanaman yang satu ini di percaya efektif dalam mencegah penyakit anemia. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat yang satu ini.

☑ Memelihara kesehatan jantung

Khasiat daun kelor lainnya juga dipercaya berpotensi dalam mengatasi dispidemia. Kondisi tersebut merupakan salah satu dari penyakit jantung, lantaran naiknya kadar kolesterol dan juga trigliserida di dalam tubuh.

☑ Meningkatkan daya ingat

Didalam daun kelor diketahui terkandungan zat antioksidan serta zat-zat kimia lainnya, yang mana dipercaya mampu meredakan stres juga peradangan diotak. Hal tersebut membuatnya baik untuk

☑ Mengobati penyakit asam urat

Kandungan kalsium yang terdapat didalam daun kelor nyatanya baik untuk kesehatan tulang, sendi dan gigi. Selain dari pada itu, daun kelor juga mampu mengurangi rasa sakit yang disebabkan akibat penumpukan asam urat dalam sendi.

Selain dari pada yang telah di paparkan diatas, masih banyak lagi manfaat daun kelor lainnya. Diantaranya yakni untuk memelihara kesehatan liver, terapi pengobatan penyakit epilepsi, mengatasi pegal linu, rematik, meningkatkan kesehatan pencernaan hingga mengatasi masalah asam lambung tinggi.

Daun kelor juga diketahui mampu membantu mengatasi permasalahan ksehatan lainnya. Mulai dari cacingan, mengatasi alergi, gatal-gatal, eksim menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah resiko cacat pada bayi dalam kandungan, meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui dan masih banyak lagi.

Manfaat daun kelor untuk kecantikan

Selain untuk kesehatan, daun kelor juga menurut banyak penelitian baik dimanfaatkan untuk kecantikan. Adapun berbagai manfaatnya ialah:

☑ Merawat kesehatan kulit

Daun kelor diketahui memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang mampu membantu sehatkan kulit. Dengan begitu, kulit Anda akan tampak lebih mulus dan terhindar dari masalah jerawat. Nah, apabila Anda ingin merasakan khasiatnya secara langsung, mulai sekarang Anda bisa rajin mengonsumsi jus ataupun sayur daun kelor ya.

☑ Memperlambat efek penuaan

Menurut sebuah studi, menambahkan daun kelor dan bayam dalam menu makanan Anda dipercaya mampu meningkatkan senyawa antioksidan yang terdapat dalam tubuh. Hal ini diketahui memiliki peranan penting dalam memperlambat proses efek penuaan oleh tubuh.

☑ Menyamarkan flek hitam

Di beberapa negara, ekstrak daun kelor telah dijadikan sebagai salah satu bahan baku dari pembuatan kosmetik juga pelembab alami. Alasannya tak lain lantaran begitu kayaknya kandungan antioksidan didalamnya. Dan berbagai kandungan tersebut dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati hingga membersihkan kulit wajah dari flek hitam.

Nah itulah berbagai manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan. Selain itu, daun kelor juga memiliki manfaat juga khasiat lainnya. Diantaranya yakni baik untuk kesehatan rambut, kesuburan wanita, mengatasi ejakulasi dini, menurunkan berat badan, mendetoksifikasi tubuh hingga menguatkan sistem imun tubuh.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close