Manfaat

Manfaat Daun Ketumbar untuk Mata Hingga Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun ketumbar ternyata melimpah, khususnya bagi kesehatan. Hanya saja hal ini umumnya masih jarang diketahui oleh masyarakat. Karena kita biasanya hanya menggunakan ketumbarnya saja sebagai salah satu bahan humbu masakan. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selanjutnya Anda bisa menyimak ulasan singkat dari Herbal TV berikut ini.

manfaat daun ketumbar

Daun ketumbar merupakan daun yang berasal dari tanaman yang memiliki nama latin Coriandrum sativum. Adapun biji dari tanaman tersebut di sebut dengan nama biji ketumbar, yang mana sering kali digunakan dalam berbagai macam pasakan. Terlebih di berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia.

Daun ketumbar yang juga kerap di sebut dengan ‘peterseli China’ ini juga cukup terkenal di dunia kesehatan lho. Hal tersebut dikarenakan tanaman ini kaya akan nutrisi, sehingga tak heran apabila si daun ini telah di jadikan sebagai obat tradisional sejak lama.

Khasiat dan manfaat daun ketumbar untuk kesehatan

Tumbuhan yang menyerupai daun seledri ini ternyata memiliki banyak manfaat luar biasa, mulai dari menjaga kesehatan mata hingga penyakit jantung. Dan berikut adalah berbagai khasiat daun ketumbar bagi kesehatan secara menyeluruh, yang telah kami lansir dari berbagai sumber terpercaya.

1. Menjaga kesehatan mata

Menurut berbagai pebelitian, daun ketumbar diketahui mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Diketahui dalam setiap 28gr daun ketumbar, terdapat sekitar 7,6 mg vitamin C, Angka tersebut setara dengan 13% kebutuhan vitamin C harian Anda.

Seperti halnya mengutip daripada situs Healing Plant foods, vitamin C diketahui mampu membantu menjaga jaringan ikat, yang mana salah satunya terdapat dalam kornea

Selain dari pada itu, masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya yang sama baiknya untuk kesehatan mata dalam daun ketumbar ini. Diantaranya seperti betakaroten. Senyawa ini terbukti mampu melindungi mata daripada degenerasi makula, atau hilangnya penglihatan pusat akibat faktor usia.

2. Menjaga kesehatan tulang

Selain vitamin C, daun ketumbar juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Hal tersebut tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium sendiri memiliki peranan penting agar tulang sehat dan terhindar dari masalah osteoporosis.

3. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat daun ketumbar yang satu ini diketahui lantaran didalamnya terkandung berbagai sifat kimiawi seperti antiseptik, antijamur, detoksifikasi juga antioksidan. Selain itu, daun ketumbar juga mengandung linolenat, senyawa antioksidan yang mempu mencegah tubuh dari serangan berbagai macam infeksi.

Sehingga kulit dapat terhindar dari berbagai permasalahan seperti infeksi jamur, kekeringan dan juga eksim. Adapun mengutip darimedlife, senyawa ini juga dapat membantu menjaga kulit dari peradangan hingga dapat membuat kulit cerah.

4. Meredakan nyeri menstruasi

Selain biji ketumbar, daunnyapun bisa dimanfaatkan sebagai obat rumahan untuk mempelancar menstruasi Anda. Cara kerjanya sendiri dengan mengatur fungsi kelenjar endokrin juga hormon yang terlibat dalam menstruasi. Selain dari pada itu, tanaman ini juga bisa membantu mengurangi kram juga kembung saat haid.

5. Mencegah penyakit alzheimer

Daun ketumbar juga diketahui mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Hal tersebut membuatnya bermanfaat untuk mengurangi terjadinya keruksakan syaraf, yang diduga mampu memicu penyakit alzheimer.

6. Pengobatan alami infeksi saluran kemih

Khasiat daun ketumbar lainnya yakni mampu membantu membersihkan saluran kemih. Sehingga pada akhirnya mampu mncegah berbagai keluhan yang berhubungan dengan saluran kemih.

7. Mencegah penyakit anemia

Manfaat makan daun ketumbar mentah sebagai lalapan ternyata memiliki khasiat luar biasa bagi tubuh. Sel-sel merah yang terdapat didalam tuuh akan di murnikan kembali juga di prosuksi secara aktif sehingga mampu menghindarkan tubuh dari serangan anemia.

8. Mencegah penyakit jantung

Manfaat daun ketumbar juga telah terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Keduanya diketahui beberapa diantara faktor pemicu penyakit jantung.

Suatu penelitian yang dipublikasikan dalam journal of Food and Chemical Toxicology juga menemukan bahwasannya ketumbar mampu mencegah terjadinya keruksakan oksidatif, yang menjadi salah satu faktor resiko penyakit jantung.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat daun ketumbar bagi kesehatan. Diantaranya menjadi detoksifikasi alami bagi tubuh, mencegah pembekuan darah, menurunkan gula darah, mencegah penyakit batu ginjal, mengurangi rasa cemas, mengatasi masalah pencernaan dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat daun ketumbar lainnya

Selain untuk kesehatan, masih terdapat manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh dari daun ini. Diantaranya seperti manfaat daun ketumbar untuk kecantikan, diet hingga menjaga kesehatan rambut Anda. Selain dengan mengonsumsi daun ketumbar menjadi lalap, Anda juga bisa memanfaatkan daun ketumbar ini dengan mengolahnya menjadi jus, mengonsumsi air rendaman atau air rebusan daun ketumbar.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close