Manfaat

10 Manfaat Daun Sambung Nyawa Bagi Kesehatan Dan Cara Megolahnya

Memanfaatkan tanaman herbal untuk dijadikan sebagai alternatif pengobatan merupakan hal yang sudah umum dilakukan oleh Masyarakat Indonesia. Bahkan jumlah tanaman herbal yang terdapat di Indonesia sendiri tak terhitung jumlahnya. Dan sudahkah Anda mendengar terkait manfaat daun sambung nyawa? Ya, tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman obat herbal yang dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Nah, bagi Anda yang belum mengetahuinya, mari kita kenal tanaman ini lengkap dengan khasiatnya dalam ulasan berikut.

Mengenal daun sambung nyawa dan kandungan alami didalamnya

manfaat daun sambung nyawa

Daun sambung nyawa diketahui memiliki nama latin Gynura procumbens merupakan tanaman yang telah sering dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional khususnya di Indonesia. Tanaman yang juga dikenal dengan sebutan daun sambung nyowo atau akar sebiak ini umumnya paling banyak ditemui di Pulau Jwa, Sumatera dan sebagian kecil di Pulau Bali.

Tanaman ini termasuk tanaman liar yang mana kini telah banyak dibudidayakan sebagai tanaman obat dengan cara stek batang. Pertumbuhannya sendiri terbilang cukup cepat dan baik ditanaman ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Se hingga tanaman samb ung nyawa yang tumbuh di tempat yang dinaungi, daunnya akan lebih tipis namun berukuran lebih lebar.

Adapun didalam daun sambung nyawa sendiri diketahui terdapat berbagai kandungan alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Diantaranya seperti polifenol, tanin, saponin, quercetin, steroid, triterpenoid serta berbagai senyawa lainnya yang bertindak sebagai antioksidan dan memberikan efek pengobatan lainnya. Daun ini juga mengandung berbagai manfaat mineral, seperti halnya kalium dan natrium.

Khasiat dan manfaat daun sambung nyawa bagi kesehatan

khasiat daun sambung nyawa

Sejak bertahun-tahun lamanya, tanaman sambung nyawa telah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit. Dan berikut adalah berbagai khasiat daun sambung nyawa yang dipercaya oleh masyarakat serta berdasarkan penelitian. Diantaranya:

1. Mencegah kanker dan tumor

Khasiat daun sambung nyawa yang juga tak boleh dilewatkan ialah kemampuannya yang dipercaya mampu mencegah penyakit tumor dan kanker. Kandungan antioksidan yang cuat didalamnya mampu menangkal radikal bebas yang tak lain merupakan salah satu pemicu utama kanker. Bahkan tak hanya dapat mencegah, melainkan daun sambung yawa juga dipercaya dapat membantu pengobatan penyakit tumor dan kanker.

Adapun beberapa studi telah dilakukan pada hewan, dan hasilnya menjunjukkan bahwa ekstrak daun dari tanaman sambung nyawa mampu menghambat perkembangan sel kanker yang telah terlanjur berkembang. Meski begitu, manfaat yang satu ini masih memerlukan penelitian lanjutan pada manusia.

2. Mengobati diabetes

Dalam pengobatan tradisional, tanaman sambung nyawa terlebih bagian daunnya telah terkenal akan kemampuannya sebagai obat herbal diabetes lantaran kemampuannya untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Terlebih penelitian telah berhasil membuktikan, bahwasannya didalam tumbuhan ini terdapat sifat antihiperglikemik (obat diabetes).

Bahkan salah satu temuan menarik menujukkan, bahwa manfaat daun sambung nyawa mampu mengontrol dan menurunkan kadar gula darah pada tikus yang mengalami diabetes.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat daun sambung nyawa lainnya juga dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah pada sistem pencernaan. Diantaranya digunakan untuk mengatasi disentri, lantaran daun ini memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun didalam tubuh. Selain itu, daun sambung nyawa dipercaya mampu mengatasi asam lambung, penyakit radang lambung atau maag yang mana sangat umum terjadi di masyarakat.

4. Menjadi alternatif pengobatan ginjal

Efek direutik yang dimiliki oleh tanaman sambung nyawa sering kali dikaitkan dengan manfaatnya, yang dipercaya mampu menjadi alternatif pengobatan ginjal. Pada umumnya, obat direutik untuk pengobatan penyakit ginjal diberikan guna mengurangi penumpukan cairan pada bagian tubuh tertentu.

5. Mengatasi radang kerongkongan

Masalah radang kerongkongan atau yang dikenal dengan istilah esofagitis tentunya sangat mengganggu kerja sistem pencernaan Anda. Adapun untuk alternatif pengobatannya Anda bisa mencobanya dengan memanfaatkan daun sambung nyawa. Kandungan yang terdapat dalam daun ini dapat memberikan efek antiperadangan dan antiswelling yang mana dipercaya mampu meredakan radang kerongkongan.

6. Mengobati radang amandel

Tak hanya dipercaya mampu mengatasi masalah esofagitis, daun sambung nyawa juga diketahui mampu menjadi alternatif pengobatan untuk masalah tonsilitis atau radang amandel. Dimana radang amandel sendiri umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus.

Tanaman sambung nyawa sendiri diketahui memiliki antimikroba yang mana membuatnya mampu meredakan infeksi akibat mikroorganisme tertentu. Untuk itu, sebeleum melakukan prosedur pembedahan, Anda bisa mencoba memanfaatkan daun dari tanaman sambung nyawa untuk mengatasi radang amandel yang Anda alami.

7. Mengurangi gejala sinusitis

Sinusitis merupakan kondisi dimana rongga hidung mengalami peradangan. Tak jarang koindisi ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan kronis yang terjadi hingga 8 minggu lamanya. Adapun berbagai gejala sinusitis meliputi sakit kepala, hidung meler atau tersumbat serta nyeri pada wajah.

Adapun salah satu solusi alternatif untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan tanaman sambung nyawa. berbagai kandungan senyawa alami didalam daunnya dipercaya mampu mengurangi berbagai gejala sinusitis.

8. Membantu menghentikan pendarahan

Ramuan yang terbuat dari umbi maupun daun sambung nyawa yang dicampur dengan manfaat kunyit serta beberapa bahan lainnya juga dipercaya mampu mengatasi pendarahan. Terutama menghentikan pendarahan di rahim setelah melahirkan. Bahkan menurut sumber lainnya, daun ini juga dipercaya mampu melancarkan haid.

9. Mengatasi wasir

Mengonsumsi tanaman sambung nyawa sebagai lalap maupun jus dipercaya mam[u meredakan gejala wasir. Adapun penyakit wasir atau ambeien sendiri merupakan gangguan kondisi dimana terjadinya pembengkakan vena juga peradangan pada rektum. Bahkan tak jarang kondisi ini juga disertai dengan pendarahan apabila tidak segera ditangani.

10. Mengatasi infeksi pada kulit

Jika Anda sering kali mengalami infeksi kulit akibat terkena gigitan serangga bahkan terkena bisul, maka cara untuk mengatasinya bisa dilakukan secara alami. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan daun sambung nyawa. Kandungan senyawa yang terdapat didalamnya dipercaya mampu meredakan berbagai gejala seperti gatal yang umumnya muncul saat terjadi infeksi kulit.

11. Mengatasi hipertensi

Tanaman sambung nyawa diketahui memiliki sifat antikoagulan yang mana mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Selain itu, sambung nyawa juga diketahui dapat memberikan efek direutik yang mana bisa membantu mengeluarkan kelebihan natrium dalam tubuh yang tak lain merupakan pemicu darah tinggi atau hipertensi.

Selain dari pada itu, tanaman sambung nyawa masih banyak memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan. Diantaranya baik untuk kesehatan jantung, menyehatkan mata, menurunkan kolesterol tinggi, mengatasi asam urat, mengobati vertigo hingga mampu meningkatkan kesuburan. Bahkan, khasiatnya juga dipercaya baik untuk kecantikan seperti menghilangkan jerawat.

Cara mengolah daun sambung nyawa yang benar

Pada dasarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat daun sambung nyawa. Mulai dari mengonsumsinya sebagai lalapan, atau merebusnya dengan bahan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Adapun cara lain untuk mengolahnya ialah dengan menjadikan daun sambung nyawa segar menjadi jus.

Adapun untuk penggunaanya sebagai obat luar seperti untuk mengatasi infeksi kulit, bisa dilakukan dengan cara membalurkan tanaman sambung nyawa yang sudah ditumbuk sebelumnya ke bagian kulit yang terinfeksi. Bahkan jika ingin lebih praktis lagi, Anda bisa mengonsumsi ekstrak daun sambung hyawa yang telah tersedia dalam bentuk kapsul dan bisa Anda dapatkan di toko obat terdekat. Namun tetap perhatikan legalitas produk untuk jaminan keamanannya.

Nah itulah berbagai manfaat daun sambung nyawa bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Adapun penggunaan daun ini pada ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak untuk pengobatan oral tidak disarankan. Selain itu, bagi Anda yang memiliki penyakir tertentu dan sedang menjalani pengobatan, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter. Sebaiknya konsumsi ramuan alami sambung nyawa sesuai aturan dan tidak berlebihan untuk menurunkan resiko munculnya efek samping. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close