Manfaat

Tak Hanya Hangatkan Tubuh, Ini 8 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat jahe ternyata tak hanya sebatas dapat menghangatkan tubuh saja. Lebih dari itu, jahe memiliki manfaat lainnya yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan, dengan aromanya yang begitu khas, jahe sering kali dimanfaatkan sebagai rempah masakan hingga pengobatan Alternatif di Cina, India hingga timur tengah. Lalu, apa saja manfaat jahe yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan? simak informasi selengkapnya hanya di herbaltv.co.id ya.

Khasiat dan manfaat jahe untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh

manfaat jahe

Jahe (Zingiber officinale) merupakan salah satu dari Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang mudah ditanam dihalaman rumah Anda. Ciri khas dari bentuk rimpang jahe ialah rimpangnya yang berbentuk jemari dan menggembung di ruas-ruas tengah. Tanaman rimpang yang berasal dari Asia Tenggara ini begitu terkenal sebagai rempah-rempah dan bahan obat.

Rasa dominan pedas, menyebabkan jahe tak jarang sering disajikan sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh. Adapun rasa pedas tersebut diketahui berasal dari senyawa keton bernama zingeron. Selain menghangatkan tubuh, jahe juga diketahui memiliki segudang khasiat bagi kesehatan pria dan wanita. Diantaranya seperti:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Jahe merupakan ramuan herbal herbal dari generasi untuk mengatasi bebgai masalah pencernaan. kandungan phelonic dalam jahe diketahui berfungsi untuk meredakan iritasi pada saluran cerna terlebih lambung, mencegah kontraksi di perut dan lainnya. Jahe juga berkhasiat mengatasi masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia serta mampu mengeluarkan gas berlebih yang bersarang di saluran pencernaan Anda.

2. Meredakan gejala mual

Apabila Anda kini tengah mengalami mual yang disebabkan akibat gejala morning sickness, vertigo maupun efe samping dari pengobatan kanker, Anda bisa meredakannya dengan manfaat jahe hangat. Selain disajikan dalam minuman, mengonsumsi jahe mentah atau mengonsumsinya dalm bentuk permen juga dapat bekerja dengan baik meredakan mual, terlebih yang diderita oleh ibu hamil.

3. Mengatasi peradangan

Jahe mengandung Gingerol yang ternyata bersifat sebagai anti-inflamasi. Sehingga mengonsumsi jahe secara teratur mampu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan yang dialami oleh penderita penyakit persendian seperti osteoarthritis dan rematik. Kandungan dalam rempah ini diduga mampu mmenghambat berbagai komponen yang memiliki peranan sebagai inflamatori dalam tubuh. Seperti sitokin, kemokin, kondrokin dan leukosit.

4. Mengurangi rasa sakit akibat cidera

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Georgia menyatakan bahwasannya mengonsumsi suplemen jahe mampu mengurangi sakit otot yang diakibatkan karena berolahraga hingga 25%. Manfaat jahe lainnya juga diketahui dapat mengurangi rasa sakit akibat dysmenorrhea, serta rasa sakit pada saat menstruasi. Bahkan dalam suatu penelitian disebutkan bahwasannya 60% wanita yang merasa sakit saat haid datang mengaku berkurang setelah mengonsumsi jahe.

5. Membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit

Jahe termasuk ke dalam dalah satu jenis makana yang disebut diaphoretic, sehingga jahe memiliki khasiat guna memicu keluarnya keringat. Pengeluaran keringat sendiri sangat penting, terlebih jika Anda tengah mengalami demam atau flu. Selain itu, berkeringat juga mampu melindungi Anda dari mikoorganisme seperti bakteri E. Coli yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Mencegah resiko penyakit jantung

Berbagai penelitian telah menujukan bahwasanya mengonsumsi minuman jahe mampu mencegah penyamkit jantung dengan sederet kanungan didalamnya. Diantaranya seperti kandungan antioksidan, mineral dan asam amino. Mengonsumsi minuman hangat ini jua diketahui mampu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol, meredakan nyeri ulu hati, menurunkan tekanan darah hingga mencegah serangan jantung.

6. Mencegah kanker

Kandungan gingerol dalam jahe ternyata memiliki peranan penting dalam mencegah kanker, khususnya kanker usus besar. Selain itu, senyawa ini juga diketahui mampu mencegah penyebaran serta mengurangi tngkat keparahan sel tumor. Sehingga senyawa gingerol ini diyakini mampu mencegah penyebaran dan bertambah parahnya sel tumor, tanpa harus melakukan tindakan operasi.

7. Meningkatkan fungsi otak

Sebuah riset menemukan bahwa jahe juga diduga mampu meningkatkan fungsi kognitif pada wanita berusia 50 tahun. Sementara itu, studi erhadap tikus percobaan mendapati bahwa jahe diketahui mampu meningkatkan fungsi kognitif sekaligus melindungi otak. Sehingga jahe di gadang-gadang mampu menjadi alternatif pengobatan alzheimer. Hanya saja hal tersebut harus di di kaji dngan penelitian lebih lanjut.

8. Mengontrol kadar gula darah

Terdapat beberapa studi yang menunjukkan, bahwasannya jahe memiliki efek yang kuat untuk mengontrol gula darah. Hal tersebut dikarenakan jahe mendukung metabolisme dan lipid. Disamping itu, jahe juga dipercaya memiliki efek perlindungan yang kuat bagi penderita diabetes untuk mencegah keruksakan pada mata dan komplikasi lainnya.

Manfaat jahe lainnya

Selain itu, masih banyak lagi khasiat jahe untuk kesehatan lainya, terlebih pada jenis jahe merah. Beberapa diantaranya seperti mengobati kebotakan, meningkatkan kesuburan pada pria, mengatasi flu dan batuk, baik untuk kesehatan ibu menyusui serta mampu meningkatkan kesehatan rahim.

Bahkan jika Anda kini tengah berencana melakukan diet sehat, maka jahe bisa Anda masukan kedalam menu harian Anda. Karena manfaat jahe untuk diet menurut suatu studi memiliki peranan penting seperti penguat metabolisme tubuh, pembakar kalori serta membantu meningkatkan rasa kenyang. Jahe juga memiliki banyak khasiat untuki kec antikan, Beberapa diantara manfaat jahe untuk kecantikan adalah mengatasi jerawat, mencegah selulit dan penuaan dini hingga menghaluskan kulit.

Lebih bagus manfaat jahe segar atau jahe bubuk?

manfaat jahe bubuk

Jahe segara diketahui memiliki rasa yang lebih kuat dibanding dengan jahe bubuk. Selain dari pada itu, kandungan gingerol yang bagus untuk kesehatan juga terkandung melimpah dalam jahe segar. Namun jika mAnda memiliki jahe bubuk, maka pastikan Anda memilih jahe yang masih murni. Karena minuman jahe yang di jual di pasaran pada umumnya telah mengandung tmbahan gula.

Adapun untuk memanfaatkan jahe segara sendiri Anda bisa mencmpurnya dalam berbagai olahan masakan seperti seafood, topping salad dan lainnya. Selain itu, Anda juga mengolah jahe dalam bentuk minuman sehat, seperti halnya wedang jahe. Anda juga bisa mengolah jahe dengan campuran bahan alami lainnya seperti gula merah, lemon atau jeruk nipis, madu, serai, kunyit atau bahan alami lainnya yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Nah, itulah informasi yang dapt kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai manfaat jahe bagi kesehatan. Meski jahe termasuk herbal yang mana, namun tetap saja apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping jahe. Diantaranya seperti sakit perut, perut kembung dan terasa panas hingga mulas juga diare. Sehingga sangat tidak dianjurkan mengonsumsi jahe lebih dari 4gr dalam sehari. Adapun bagi ibu hamil dan Anda yang tengah mengonsumsi obat pengencer darah, Ada baiknya berkonsultasi terebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe.

Dapatkan Obat Herbal - Keloreena
Tampilkan Lagi

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close