Manfaat

Ini Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui!

Manfaat kecombrang ternyata tak hanya sebatas menjadi penguat cita rasa masakan. Lebih dari itu, bunga kecombrang ini juga diketahui menyimpan segudang khasiat bagi kesehatan lho. Anda ingin mengetahui informasi selengkapnya? Untuk itu, terus simak ulasan dari tim herbal TV berikut sampai selesai ya!

Mengenal kecombrang dan kandungan didalamnya

manfaat kecombrang

Kecombrang atau bunga kecombrang memiliki nama latin Etlingera elatior, merupakan sejenis tumbuhan yang termasuk kedalam rempah-rempah. Tanaman ini banyak sekali ditemukan di Indonesia dengan banyak istilah lain. Seperti halnya honje, kincung, kantang atau sambuang. Adapun kecombrang yang sering digunakan dalam masakan adalah bagian bunganya yang belum mekar (masih menguncup) serta bagian batangnya.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwasannya kecombrang dapat memberikan aroma serta rasa yang khas, sehingga sering kali dimanfaatkan dalam aneka masakan nusantara. Seperti halnya di Bali, bungan kecombrang sering kali dijadikan campuran dalam sambal matah. Sedangkan di Banyumas, Kecombrang di jadikan campuran dalam pecel.

Namun ternyata tak hanya sebatas pelezat masakan, kecombrang juga diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal tersebut diketahui dari berbagai kandungan didalamnya. Mulai dari air, fosfor, karbohidrat, kalsium, kalium, protein, lemak, seng dan zat besi.

Khasiat dan manfaat kecombrang bagi kesehatan

Berikut adalah berbagai manfaat kecombrang yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

☑ Memperlancar ASI

Selain manfaat daun katuk, ternyata masih banyak lagi tanaman lainnya yang dapat memperlancar produksi ASI. Diantaranya seperti kecombrang. Untuk mendapatkan manfaat bunga kecombrang ini, ibu menyusui dapat memasaknya dengan sayuran lainnya maupun dijadikan sebagai bumbu masakan.

☑ Menguatkan tulang dan gigi

Kandungan mineralnya yang cukup tinggi, menjadikan kecombrang juga dikenal memiliki manfaat untuk memperkuat tulang dan gigi Anda. Sehingga mengonsumsi bunga kecombrang sangat di rekomendasikan terlebih untuk anak-anak, yang sedang berada dalam masa pertumbuhan.

☑ Mencegah dehidrasi

Meski terlihat sepele, nyatanya dehidrasi cukup berbahaya bagi tubuh. Sehingga, Anda harus selalu pastikan cairan tubuh Anda terpenuhi. Adapun cara mudah untuk menghindarinya adalah dengan mengonsumsi kecombrang. Hal tersebut dikarenakan kecombrang mengandung air serta mineral yang sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi.

☑ Menetralkan asam lambung

Mengonsumsi kecombrang juga mampu mmeredakan sakit perut yang diakibatkan oleh asam lambung naik. Hal tersebut dikarenakan kandungan didalamnya mampu menetaralkan asam di lambung. Hanya saja, Anda juga tetap harus menjaga pola makan yang sehat. Seperti tidak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam.

☑ Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan antimikroba dalam kecombrang diketahui sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Pada saat dibalurkan pada bagian luka, kecombrang diketahui akan membuatnya tetap steril sehingga dapat mempercepat penyembuhannya.

☑ Membersihkan darah

Darah kotor sejatinya bisa menjadi ancaman dan menimbulkan masalah pada organ tubuh. Dan kecombrang menjadi salah satu tanaman alami yang mampu membersihkan darah. Sehingga, darah yang mengalir tidak membawa bakteri maupun virus.

☑ Mengobati batuk

Jika Anda kini tengah mengalami batuk, Anda bisa mencoba mengobatinya dengan khasiat kecombrang. Caranya, Anda bisa membakar atatu memanggang batang kecombrang yang telah tua. Setelah itu, kupas kulit luarnya dan tumbuk halus. Setelah cukup halus, peras dan ambil airnya untuk diminum. Anda juga bisa tambahkan air putih atau gula batu ke dalam air perasan kecombrang tersebut.

☑ Memperkuat sel-sel tubuh

Kandungan antioksidan yang cukup kuat didalam kecombrang, menjadiokannya baik untuk mnangkal keruksakan sel dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidannya juga bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker juga pertumbuhan berbagai jenis bakteri.

☑ Mengatasi masalah kulit

Manfaat kecombrang untuk kulit ini, sangat cocok Anda gunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit yang disebabaka oleh virus, bakteri maupun kekurangan vitamin. Diantaranya seperti campak, cacar serta penyakit kulit lainnya.

☑ Menghilangkan bau badan

Didalam daun kecombrang diketahui terkandung berbagai senyawa aktif seperti flavonida, saponin dan pelifenol. Senyawa alami tersebut dipercaya efektif dalam membantu menghilangkan bau tak sedap pada tubuh Anda.

Nah itulah berbagai khasiat kecombrang bagi kesehatan. Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat bunga kecombrang lainnya. Diantaranya seperti baik untuk ibu hamil, baik untuk kesehatan mata, bisa dijadikan alternatif promil hingga memiliki kebaikan untuk kecantikan. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close