Manfaat

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya Yang Tepat

Manfaat kunyit untuk kesehatan mungkin masih jarang diketahui oleh sebagian besar Masyarakat. Hal tersebut memang dikarenakan kunyit biasanya hanya di jadikan sebagai rempah juga pewarna alami dalam berbagai jenis makanan dan masakan. Padahal lebih dari itu, kunyit memiliki berbagai kandungan nutrisi juga senyawa alami yang baik untuk kesehatan tubuh hingga pengobatan penyakit. Untuk mengetahui informasi mengenai khasiat kunyit selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan singkat dari tim herbal TV berikut ya!

Khasiat dan manfaat kunyit untuk kesehatan lengkap dengan cara mengolahnya

Kunyit atau kunir merupakan salah satu rimpang alami yang sering kali di jadikan sebagai salah satu dari pada bumbu masakan. Namun mungkin tanpa kita ketahui sebelumnya, ternyatan kunyit memiliki banyak sekali kandungan senyawa alami didalamnya. Salah satunya seperti kurkumin. Zat tersebut merupakan pewarna kuning dalam kunyit yang diduga mampu membantu mempercepat proses pemulihan tubuh. Selain tu, masih banyak lagi senyawa alami yang terdapat dalam kunyit, diantaranya seperti desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, minyak atrisiri, karbohidrat, protein, pati dan beberapa mineral seperti zat besi, fosfor dan kalsium.

Setidaknya, kunyit yang sering kali dijumpai terdiri atas 3 jenis, yakni kunyit kuning, kunyit putih dan juga kunyit putih. Ketiganya memiliki kandungan yang hampir sama. Hanya saja pada kesempatan kali ini kami hanya akan mengupas perihal manfaat kunyit kuning bagi kesehatan lengkap dengan cara pengolahannya. Dan berikut rinciannya.

1. Manfaat kunyit untuk lambung

Manfaat kunyit untuk lambung

Kunyit telah lama terkenal dimanfaatkan sebagai obat tradisional gangguan pencernaan seperti maag dan perut kembung. Maag sendiri umumnya timbul lantaran adanya luka di lambung akibat infeksi bakteri H. ylori, mengkonsumsi obat anti nyeri dalam jangka panjang dan faktor lainnya. Berbagai hal tersebut mampu mengikis lapisan dinding usus serta kerongkongan sehingga memicu refluks asam lambung naik.

Menurut salah satu artikel dalam Jurnal Systematic Reviews menjelaskan, bahwasannya kunyit mampu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag. Hal tersebut dikarenakan kurkumin dalam kunyit bekerja dengan cara mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebih.

Dan berikut cara pengolahan kunyit sebagai obat tradisional maag dan gangguan pencernaan lainnya:

  • Siapkan rimpang kunyit yang sudah diiris, dan apabila tersedia campurkan juga satu sendok makan kapur sirih cair.
  • Rebus ramuan tersebut dengan segelas air minum hingga volumenya berkurang sampai setengahnya.
  • Dinginkan larutan kunyit tersebut, serta buang ampasnya hingga bersih.
  • Minum sebanyak 3 kali sehari hingga perut Anda merasa lebih baik.

2. Manfaat kunyit untuk peradangan

manfaat kunyit untuk peradangan

Kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit juga merupakan antioksidan yang mengandung efek antiradang poten. Senyawa alami tersebut diyakini mampu memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab antiinflamasi dalam tubuh. Kurkumin juga diketahui bekerja mengurangi peradangan dengan cara menurunkan kadar histamin dengan cara meningkatkan produksi kortison alami yang berada di kelenjar adneral.

Dan dari situlah berbagai hasil Uji praklinis melaporkan, bahwasannya kunyit memiliki khasiat menjanjikan untuk berbagai keluhan kesehatan terkait peradangan. Mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, radang sendi, sindrom koroner akut, ateroklerosis hingga penyakit diabetes.

Berikut adalah cara pengolahan kunyit sebagai obat peradangan:

  • Siapkan Kunyit sebesar setengah jari dan campur menggunakan 2 sendok makan air minum hangat.
  • Aduk campuran tersebut dampai air berubah dan peras sisa kunyitnya.
  • Masukan hasil perasan tersebut pada satu mangkokyang berisikan 1 kuning telur ayam kampung dan 1 sendok air kapur sirih.
  • Aduk jamu kunyit tersebut dan minum 1-2 kali sehari sampai kondisi Anda membaik.
  • Hentikan mengonsumsi ramuan ini apabila kondisi Anda sudah sehat kembali.

3. Manfaat kunyit untuk meredakan nyeri haid

Manfaat kunyit untuk meredakan nyeri haid

Di Indonesia, Jamu kunir asam mungkin sudah cukup dikenal terlebih dikalangan perempuan untuk meredakan PMS atau nyeri haid. Hal tersebut ternyata bukan hanya sekedar warisan dari nenek moyang, melainkan sudah teruji dari beberapa hasil penelitian. Kandungan kurkumin dalam kunyit diyakini memiliki efek analgesik atau pereda nyeri alami. Kandungan tersebut bekerja dengan cara melemaskan kontraksi rahim yang menjadi perut mengalami kram.

Selain itu, kurkumin juga mengurangi aliran ion kalsium pada sel-sel epitel rahim. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi produksi hormon prostaglandin, yang tak lain merupakan hormon penyebab rasa sakit dan peradangan. Khasiat kunyit yang satu ini juga diperkuat dengan kandungan kunyit lainnya seperti tannin, saponin, alkaloid dan kandungan lainnya.

Cara pengolahan kunyit sebagai obat traional pereda nyeri haid dalah sebagai berikut:

  • Siapkan 1 rimpang kunyit berukuran 4 cm, 1 buah jahe dengan besar yang sama serta kencur dengan ukuran setengahnya.
  • Parut semua bahan alami diatas dan peras airnya pada mangkuk kecil
  • Campurkan air perasan tersebut dengan air perasan jeruk nipis secukupnya.
  • Gunakan campuran larutan tersebut sebagai seduhan dengan prbandingan 2:1.
  • Minum ramuan ini selagi hangat sehari sebelum Anda datang bulan.

4. Manfaat kunyit untuk diabetes

Manfaat kunyit untuk dabets

Apabila Anda kini tengah menderita diabetes, maka tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan alami kunyit, khususnya untuk mengendalikan gula darah Anda tetap stabil. Menurut sebuah studi tinjauan terbitan tahun 2013 juga menunjukkan bahwasannya kandungan curcumin yang terdapat dalam kunyit dapat membantu menurunkan kadar gulukosa dalam darah.

Selain itu, penelitian lainnya menunjukkan bahwasannya suplemen kunyit dapat membantu meningkatkan kadar insulin, menstabilkan kadar gula darah sehingga gejala diabetes lebih mudah ditangani. Selain itu, khasiat lainnya dipercaya mampu mengurangi resiko terjadinya komplikasi diabetes akibat peradangan.

Cara pengolahan kunyit untuk obat tradisional diabetes:

  • Siapkan 3 rimpang kunyit yang telah dibersikan.
  • Campurkan dengan setengah sendok teh garam dan rebus menggunakan 1L air sampai mendidih.
  • Tunggu sampai air berubah warna dan volumenya berkurang sampai setengahnya.
  • Tiriskan dan pisahkan ampasnya sampai bersih.
  • Minum larutan kunyit tersebut sebanyak 2 kali dalam seminggu, dengan kuantitas sebanyak setengah gelas pada hari pertama mengonsumsi jamu tersebut.

Selain berbagai khasiat diatas, Masih banyak lagi manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya. Adapun secara umum, kunyit juga bermanfaat untuk meredakan kulit gatal akibat penyakit ginjal kronis, mengatasi ruam kulit, meredakan gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome), mengurangi mual, mengatasi tukak lambung, menurunkan berat badan, pengobatan alami hepatitis serta menghambat perkembangan sel tumor maupun kanker.

Manfaat kunyit lainnya

Selain untuk kesehatan, masih banyak lagi khasiat yang terdapat dalam kunyit. Seperti halnya manfaat kunyit untuk kecantikan. Didunia kecantikan sendiri, kunyit sering kali dimanfaatkan sebagai masker yang dapat dipadupadankan dengan bahan alami lainnya seperti yogurt, pepaya atau herbal lainnya sesuai kebutuhan. Masker kunyit ini di percaya mampu menghilangkan komedo, mengangkat sel kulit mati hingga mengencangkan kulit wajah.

Apa ada efek samping dari manfaat kunyit?

Hingga saat ini belum ada laporan terkait efek samping kunyit khususnya dalam dosis yang rendah. Hanya saja, apabila kunyit dikonsumsi dalam jumlah berlebih, maka bisa menyebabkan detak jantung menjadi abnormal. Selain itu beberapa kemungkinan efek samping kunyit dalam jumlah yang berlebihan, diantaranya seperti pendarahan, gangguan hari, kontraksi uterus dan lainnya.

Sehingga dapat kami simpulkan, bahwasannya manfaat kunyit cukup banyak bagi kesehatan, meski sebagian lagi perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Namun dengan beberapa penelitian yang telah dilakukan, tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan kunyit ini sebagai terapi pengobatan alami untuk keluhan Anda.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close