ManfaatPilihan Editor

9 Manfaat Saffron Bagi Kesehatan Yang Efektif Atasi Beragam Penyakit

Manfaat saffron saat ini tengah menjadi topik hangat, tak hanya di kalangan ahli melainkan juga di kalangan masyarakat. Tak hanya karena harganya yang cukup mahal, rempah yang berasal dari bunga unik ini juga diketahui memiliki segudang kebaikan bagi kesehatan hingga pengobatan beragam penyakit. Ingin tahu apa khasiat saffron? selengkapnya, Anda bisa simak informasi dari herbaltv.co.id berikut ini.

Sedikit mengenal Saffron si rempah termahal di dunia

manfaat saffron

Saffron atau red saffron merupakan sebutan untuk rempah unik berwarna merah, berbentuk halus dan tipis yang berasal dari bunga Crocus sativus. Rempah ini biasanya dimanfaatkan sebagai penyedap, pewarna juga perisa makanan. Tahukah Anda? Pada saat ini, saffron termasuk kedalam salah satu diantara jenis rempah termahal di dunia.

Hal tersebut dikarenakan penanaman dan pemanenannya yang cukup rumit juga memerlukan teknik khusus. Untuk memproduksi 1 gram benang saffron saja diperlukan sekitar 150 bunga lho. Sehingga tak heran, apabila setiap 500 gr saffron dijual cukup mahal, yakni sekitar 7-70 juta tergantung kualitas yang dimilikinya.

Khasiat dan manfaat saffron bagi kesehatas hingga pengobatan beragam penyakit

manfaat bunga saffron

Tak hanya bermanfaat sebagai rempah untuk menu masakan, safron juga dikenal memiliki banyak khasiat yang telah teruji secara klinis dari berbagai penelitian yang telah dilakukan. Diantaranya:

Manfaat saffron sebagai penangkal radikal bebas

Terdapat berbagai komponen antioksidan yang terkandung didalam saffron. Sehingga tak heran salah satu khasiatnya mampu melindungi tubuh dari berbagai keruksakan yang dipicu oleh radikal bebas. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwasannya radaikal bebas merupakan pemicu timbulnya penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

manfaat saffron untuk ringankan nyeri saat haid

Suatu penelitian dilakukan pada sekelompok wanita yang mengalami nyeri haid. Dan kelompok wanita yang mengonsumsi kapsul berisi 15mg saffron sebanyak 2 kali sehari mengalamui gejala fisik dan emosional premenstrual syndrom (PMS) lebih ringan, jika dibandingkan dengan kelompok wanita yang tidak mengonsumsi kapsul ini.

Khasiat saffron efektif turunkan berat badan

Sebuah penelitian dilakukan pada sekolompok wanita. Adapun wanita yang mengonsumsi suplemen saffron selama 8 minggu diketahui mengalami penurunanan nafsu makan serta berat badan yang cukup signifikan. Dan berbanding terbaik dengan kelompok wanita yang tidak mengonsumsi suplemen.

Bahkan tak hanya membantu dalam hal penurunan berat badan, manfaat saffron juga diketahui dapat menurunkan lingkar perut juga massa lemak total pasien yang menderita penyakit jantung koroner.

Mengobati depresi dengan saffron

Dari beberapa hasil penelitian yang dilakukan pada pasien depresi, suplemen saffron juga bisa menjadi alternatif pengobatan tambahan untuk kasusu depresi ringan hingga sedang, dengan efek samping yang cenderung sedikit. Selain dari pada itu, rempah ini juga diketahui memiliki efek antiradang, antioksidan hingga neuroproteksi (perlindungan pada saraf).

Khasiat saffron juga bisa turunkan lemak darah

Mengonsumsi saffron juga baik untuk penderita kolesterol tinggi. Hal tersebut karena rempah ini diduga mampu memeberikan efek penurunanan kadar kolsterol juga trigliserida. Selain itu, efeknya juga mampu meningkatkan konsentrasi kolesterol baik (HDL).

Mampu meringankan gejala penyakit alzheimer

Manfaat bunga saffron juga ternyata baik untuk meringankan gejala alzheimer. Pada sebuah studi yang dilakukan pada penderita alzheimer, mengonsumsi saffron sebanyak 15 mg sebanyak 2 kali sehari mampu meningkatkan fungsi kofnitif otak yang cukup signifikan. Selain itu, manfaatnya juga diduga mampu meningkatkan daya ingat.

Menjadi alternatif pengobatan diabetes

Mengonsumsi saffron, baik berupa suplemen maupun teh juga dapat membantu mengobati penyakit diabetes secara alami. Bahkan, pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, saffron diketahui mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin sendiri merupakan jenis hormon didalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur gula darah. Sehingga apabila sensitivitas insulin meningkat, maka penyakit diabetes dapat dikendalikan bahkan dicegah sekalipun.

Membantu meningkatkan gairah seksual

Mengonsumsi 30 mg saffron setiap hari diketahui mampu meningkatkan gairah seksual pada pria maupuin wanita. Bahkan sebuah penelitian menujukkan, bahwasannya pria akan mengalami kenaikan libido secara signifikan, kepuasan naik, kemampuan ereksi membaik serta volume air mani meningkat. Adapun pada wanita, gairah seksualnya akan meningkat serta cairan lubrikasi yang dihasilkan menjadi lebih banyak.

Meningkatkan kesehatan mata

Saffron juga diketahui memiliki khasiat guna meningkatkan penglihatan pada dewasa juga degenarasi makula karena faktor usia (AMD). Selain mampu melindungi dari keruksakan radikal bebas, saffron juga diperkaya akan beta carotene yang mana bagus untuk kesehatan mata. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi saffron secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang satu ini.

Membantu mencegah dan mengobati kanker

Khasiat saffron yang satu ini juga melewati berbagai pengkajian melalui penelitian. Salah satunya seperti sebeuah penelitian di laboraturiu, yang mana mengungkap, bahwasannya saffron mampu menekan laju pertumbuhan sel kanker pada kanker usus. Selain dari pada itu, komponen antioksidan dalam saffron yang bernama crocin, yang mana dapat membuah sel kanker lebih sensitif terhadap kemoterapi.

Nah itulah berbagi manfaat safron bagi kesehatan hingga pengobatan bergam penyakit. Bahkan selain apa yang telah dipaparkan diatas, masih banyak lagi manfaat lainnya bagi kesehatan. Daiantaranya untuk mengobati insomnia, hipertensi, hepatitis B serta masalah ginjal yang meliputi gagal ginjal dan batu ginjal.

Selain bagus untuk kesehatan, saffron juga diketahui mampu meningkatkan kecantikan kulit, baik untuk ibu hamil dan bayi, hingga untuk program hamil. Selain dalam bentuk kapsul, cara konsumsinya juga bisa dengan cara diseduh. Namun pastikan Anda membeli saffron dan produsen atau penjual yang keasalian barangnya terjamin. Selain itu, pastikan pula memilih produk yang terdaftar di BPOM ya. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close