Manfaat

Manfaat Sarang Semut Papua Bagi Kesehatan, Ampuh Obati Kanker!

Manfaat sarang semut papua diketahui memiliki banyak kebaikan bagi tubuh. Disamping mampu digunakan untuk memelihara kesehatan juga dipercaya bisa menjadi salah satu obat alternatif untuk penyakit ringan maupun berat sekalipun. Salah satunya seperti stroke. Namun untuk mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya Anda simak informasi berikut.

Mengenal sarang semut papua dan kandungan didalamnya

manfaat sarang semut papua

Sarang semut papua pada dasarnya bukanlah sarang semut asli, melainkan tumbuhan epifit atau tumbuhan yang menumpang hidup pada tumbuhan lainnya. Meski begitu, tumbuhan ini mampu menyediakan makanan sendiri tanpa menyerap makanan dari pohon induknya. Tumbuhan asli dari papua ini, kini bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko obat ataupun membelinya secara online.

Sarang semut papaua sendiri diketahui memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Tentunya, khasiat sarang semut papua tersebut tidak luput dari berbagai kandungan zat yang terdapat didalamnya. Salah satunya seperti senyawa aktif polifenol yang mana memiliki peranan sebagai zat antikanker, antidiabetes hingga antimikroba. Selain itu, masih banyak lagi senyawa alami lainnya yang juga baik untuk kesehatan.

Khasiat dan manfaat sarang semut papua asli bagi kesehatan

Salah satu manfaat sarang semuat papua yang paling terkenal ialah khasiatnya yang dipercaya sebagai obat kanker herbal. Hal tersebut lantaran kandungan antioksidan didalamnya yang dipercaya mampu melawan berbagai jenis penyakit kanker. Seperti halanya kanker kulit, paru-paru, prostat hingga kanker darah. Selain kanker, kandungan flavonoid dalam sarang semut juga diketahui mampu menjadi penangkal hebat untuk kanker dan tumor.

Adapun beberapa mekanisme kinerja flavonoid dalam melawan kanker dan tumor diantaranya ialah inaktivasi karsinogen, anti-proliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptosis dan diferensiasi, inhibisi angiogenesis serta pengembalian resistensi multi-obat ataupun kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda bisa mengonsumsi air rebusan sarang semut papua secara teratur.

khasiat sarang semut

Selain daripada itu, sarang semut papua juga diketahui masih memiliki banyak khasiat lainnya untuk kesehatan maupun pengobatan. Dan berikut adalah berbagai manfaat sarang semut papua bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu meningkatkan stamina

Selain dengan mengonsumsi makanan yang tinggi energi, sarang semut papua juga merupakan salah satu sumber energi yang bisa mnambah stamina Anda secara alami. Kandungan didalamnya telah terbukti mampu memaksimalkan penyerapan kalsium dan mampu membentuk energi yang besar.

Maka dari itu, saat ini Anda tak perlu lagi meminum minuman energi yang mengandung banyak pemanis buatan. Sebagai penggantinya yang lebih sehat, Anda bisa mengonsumsi air rebusan saran semut guna menambah stamina saat melakukan banyak aktivitas berat.

2. Mengatasi rematik

Kandungan flavonoid yang terdapat dalam sarang semut papaua diketahui mampu menghambat enzim xanthine, sehingga dipercaya efektif mampu obati rematik. Terlebih selain itu, didalamnya juga terdapat kandungan antioksidan dan tokoferol atau vitamin E yang mana bekerja sangat baik untuk mengobati penyakit rematik. Untuk itu, jika Anda kini mengalami rematik, cukup atasi dengan minum rebusan sarang semut papua secara teratur.

3. Mengatasi migrain

Sarang semut papaua juga diketahui mampu mengatasi penyakit migrain, pengobatan masalah ini berkaitan dengan fungsi kandungan flavonoid serta multi-mineral dalam sarang semut. Khususnya kalsium, natrium serta magnesium. Caranya, Anda cukup mengonsumsi air rebusan sarang semut secara eratur hingga keluhan migrain yang Anda alami hilang.

4. Mengobati penyakit wasir

Apabila kini Anda tengah menderita wasir atau ambeien, maka salah satu solusi alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan sarang semut papua. Khasiat yang satu ini berkat kandungan flavonoid serta taninnya yang cukup tinggi. Kedua golongan senyawa tersebut diketahui dalam beberapa penelitian terbukti mampu mengobati penyakit wasir atau ambeien.

5. Melancarkan menstruasi

Manfaat saranhg semut papua asli juga diketahui mampu mengatasi permasalahan menstruasi yang tidak teratur dan tidak lancar. Bahkan tak hanya itu, manfaat mengejutkan lainnya dari sarang semut juga diketahui mampu mengatasi permsalahan organ intim wanita lainnya, seperti keputihan. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup dengan mengonsumsi air rebusan sarang semut secara teratur.

6. Mengatasi benjolan dipayudara

Adanya benjolan di area intim seperti payudara merupakan hal yang menakutkan bagi wanita. hal tersebut dikarenakan masalah kesehatan yang satu ini umumnya sering dikaitkan dengan gejala tumor bahkan kanker payudara. Adapun bejolan tumor di payudara sendiri berupa cairan getah bening serta sel darah putih. Nah, dengan kandungan flavonoid dalam sarang semut diketahui mampu menghilangkan benjolan di payudara secara perlahan.

7. Mengobati penyakit jantung

Didalam sarang semut juga terkandung mineral seperti kalium dan magnesium yang cukup tinggi, yang mana mampu mengtasi berbagai gejala penyakit jantung. Caranya, Anda bia mengonsumsi air rebusan sarang semut papua secara rutin, dua kali sehari.

8. Kegunaan sarang semut untuk kesahatan lainnya

Selain dari pada apa yang telah disebutkan diatas, sarang semut masih memiliki manfaat lainnya yang tak kalah jauh lebih luar biasana. Diantaranya dapat membantu meningkatkan prosuksi ASI pada ibu menyesui, mengobati asam lambung atau maag, pnyakit bantu ginjal, gagal ginjal, stroke, epilepsi hingga bagus untuk program hamil karena dapat meningkatkan kesuburan.

Nah itulah beragam manfaat sarang semut papua yang menakjubkan bagi kesehatan. Hingga saat ini belum adanya laporan efek samping sarang semut bagi tubuh. Bahkan penelitian yang dilakukan UGM membuktikan, bahwa tanaman sarang semut aman dikonsumsi tanpa efek samping. Dan hal tersebut juga telah dibuktikan oleh penelitian dari Universitas Trisakti, Jakarta. Dari khasiatnya yang bisa diambil sebagai antikanker dan antibakteri, sarang semut tidak menunjukkan efek samping beracun bagi tubuh. Meski begitu diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas dari semua manfaat sarang semut diatas.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close