ManfaatPilihan Editor

Manfaat Teripang Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan Menurut Ahli

Manfaat teripang nyatanya pada saat ini tengah menjadi perbincangan menarik dikalangan para ahli kesehatan di Dunia. Bagaimana tidak, banyak dari kajian dan penelitian menunjukkan bahwasannya hewan yang dijuluki “timun laut” ini ternyata kaya akan berbagai kandungan yang begitu menakjubkan bagi tubuh. Apabila Anda ingin mengetahui apa saja manfaat teripang laut selengkapnya, maka sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut.

Khasiat dan manfaat teripang untuk kesehatan tubuh manusia

manfaat teripang

Teripang atau yang juga disebut dengan gamat kini tengah viral lantaran diketahui memiliki segudang khasiat yang begitu fenomenal bagi kesehatan. Dan berikut adalah berbagai manfaat teripang laut untuk kesehatan berdasarkan kajian juga penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli.

1. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Teripang diketahui memiliki zat aktif bernama fucosylated chondroitin sulfat (FCS). Zat tersebut bersifat sebagai antikoagulan, yang mana berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan darah. Sehingga manfaat teripang untuk jantung tidak perlu diragukan lagi. Karena teripang gamat ini mampu memelihara kesehatan pembuluh darah jantung lantaran efek antiradang yang dimilikinya.

2. Melawan tumor dan kanker

Berbagai kandungan dalam teripang juga menujukkan kemampuan dalam melawan tumor juga kanker. Beberapa diantara kandungan tersebut diantaranya seperti desholoturin A, holothurinoside A, B, C, dan D. Bahan antitumor ini diketahui bekerja pada proses pertumbuhan kanker pada berbagai tahap juga tahap perkembangan pada proses mastatis.

3. Mengatasi masalah gusi

Dilansir dari Journal of Oral Science, pasta gigi yang mengandung teripang diketahui memiliki manfaat yang besar untuk mengatasi penyakit gusi. Bahkan sebuah penelitian dilakukan pada 28 orang dewasa penderita gingivitis kronis maupun tahap awal. Mereka disarankan untuk menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak timun laut dan plasebo sebanyak 2 kali sehari dalam 3 bulan.

Dan hasilnya, peserta yang menggunakan pasta gigi teripang terbukti kondisinya cenderung membaik (gusi jarang berdarah dan palak gigi berkurang) dibanding dengan peserta yang menggunakan pasta gigi plasebo.

4. Mengobati osteoarthritis

Teripang kering maupun segar diketahui mengandung berbagai bahan kimia tertentu seperti glucosamin, kondroitin serta mukopolisakarida. Hal ini menjadikan manfaat teripang untuk sendi atau persendian cukup diperhitungkan. Kandungan tersebut diyakini mampu menjaga keseimbangan prostaglandin hingga mampu mengatasi gangguan arthritis.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Teripang atau gamat juga diyakini mampu mempercepat penyembuhan luka, baik luka pada permukaan kulit maupun luka dalam tubuh, seperti luka ada usus. Anda bisa mengoleskan salep berbahan sari teripang yang dioleskan secara langusng untuk membantu membentuk jaringan baru yang rusak akibat luka.

6. Memperbaiki fungsi ginjal

Suatu penelitian membuktikan, bahwasannya teripang hitam maupun jenis teripang lainnya mampu mengontrol tingkat oksidasi yang dapat berupaya mengganggu kinerja ginjal. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi para penderita gagal ginjal dan gangguan fungsi ginjal lainnya. Ataupun hanya sekedar menjaga fungsi ginjal agar bekerja sebagaimana mestinya.

7. Mencegah penyakit diabetes

Teripang khususnya jenis teripang kuning diketahui sarat akan kandungan protein hingga kadar 86,8%. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi penderita diabetes lantaran kandungan protein tersebut dinilai mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

8. Mengobati penyakit maag

Selain mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi penyakit maag atau asam lambung Anda tengah kambuh, Anda juga bisa mengatasinya secara alami. Salah satunya dengan mengonsumsi teripang yang dijadikan olahan makanan. Manfaat holothuroidea atau teripang juga diketahui memiliki kemampuan untuk menetralisir asam lambung juga membunuh bakteri H. pylory yang tak lain merupakan salah satu penyebab maag.

Sedikit ulasan mengenai teripang si “timun laut”

manfaat teripang emas

Siapa yang tak mengenal teripang pada era zaman serba canggih seperti saat ini. Teripang (holothuroidea) merupakan salah satu diantara hewan laut yang berjalan sangat lamban. Bentuknya sendiri cukup unik, yakni seperti cacing atau ulat dengan ukuran yang besar dan bersifat lunak. Hewan ini sangat mudah di temukan di laut Asia pasifik, terlebih Indonesia dengan airnya yang jernih dan juga dangkal.

Bahkan teripang juga kini telah di ternakkan di kolam buatan untuk dikonsumsi pribadi maupun dijual lantaran harga teripang yang kini terbilang cukup tinggi. Sebelum dikonsumsi, masyarakat biasanya mengolah hewan laut ini dengan cara dikeringkan, digoreng, diasamkan bahkan ada juga yang memakannya secara mentah. Rasa daging teripang yang cukup hambar menjadikan teripang juga sering kali diolah menjadi bahan campuran dalam sup, tumisan ataupun sumber makanan lain seperti daging sebagai santapan untuk sehari-hari.

Selain dikonsumsi menjadi santapan makanan, biota laut ini juga tak jarang dimanfaatkan sebagai obat tradisional di Asia khususnya Cina, guna mengobati beragam jenis penyakit. Hal tersebut ternyata memang berbanding lurus dengan berbagai penelitian yang dilakukan akhir-akhir ini. Dari hasil penelitian tersebut iketahui didalam teripang ternyata mengandung berbagai nutrisi dan senyawa alami yang bermanfaat bagi tubuh.

Bahkan saat ini juga telah bermunculan produk kesehatan maupun kecantikan yang cukup fenomenal dengan berbahan dasar teripang. Sebut saja beberapa diantaranya seperti teripang emas qnc jelly gamat, teripang gold, teripang berry pibipibo dan masih banyak lagi lainnya.

Apa saja kandungan nutrisi dan senyawa alami yang terdapat dalam manfaat teripang?

Didalam teripang dengan berat 112 gr diketahui mengandung berbagai nutrisi juga senyawa alami sebagai berikut.

  • Protein 14 gr.
  • Kalori 60.
  • Lemak dibawah 1 gram.
  • Berbagai jenis vitamin. Seperti Vitamin A, B1 (tiamin),B2 (riboflavin), B3 (niacin).
  • Berbagai jenis mineral. Seperti zat besi, seng, magnesium dan kalsium.
  • Chondroitin sulphate merupakan senyawa yang terrdapat didalam tulang rawan manusia.
  • Cairan cholemic, yang merupakan senyawa kimia yang memiliki fungsi serupa dengan darah putih manusia.
  • Asam lemak yang menjadi antioksidan, seperti asam palmitat, asam stearat dan asam linoleat.
  • Squalene atau senyawa yang digunakan untuk memprosuksi steroid
  • Triterpenoid merupakan senyawa yang diduga mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi kandungan alami lainnya yang terdapat didalam teripang, terlebih pada jenis teripang khusus. Karena teripang sendiri diketahui memiliki lebih dari 100 spesies. Adapun salah satu spesies teripang terbaik dengan kandungan gizi cukup lengkap bagi tubuh Adalah spesies teripang emas (Golden sticoupus variegatus). Spesies teripang ini biasanya diketahui dari warnanya yang berwarna kuning.

Manfaat teripang emas sendiri umumnya sama seperti pada jenis teripang lainnya. Hanya saja didalamnya terdapat kandungan senyawa lainnya seperti gamapeptide dan cell growth factor, yang hanya terdapat dalam teripang emas saja. Bahkan tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, baik teripang emas maupun jenis teripang lainnya diketahui memiliki manfaat untuk kecantikan hingga kesuburan.

Nah itulah berbagai manfaat teripang bagi kesehatan yang menakjubkan menurut sejumlah ahli. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi Anda. Maka dari itu, sekarang Anda bisa mulai mencoba menjaga kesehatan tubuh Anda dengan mengonsumsi teripang, baik itu dalam olahan makanan maupun suplemen herbal.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close