Manfaat

Masih Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Lempuyang Untuk Kesehatan

Manfaat lempuyang ternyata memiliki potensi yang sangat baik bagi kesehatan. Meski rempah ini tak sepopuler dengan rempah lainnya seperti jahe dan kunyit, namun lempuyang juga telah sejak lama dimanfaatkan sebagai ramuan herbal untuk pengobatan. Nah untuk mengetahui khasiat lengkap dari Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang satu ini, Anda bisa simak ulasan singkat berikut.

Mengenal lempuyang dan kandungan didalamnya

khasiat lempuyang bagi kesehatan

Lempuyang atau yang sering dikenal dengan puyang, merupakan jenis rempah dari keluarga Zingiberaceae. Setidaknya, lempuyang terdiri dari 3 jenis. Diantaranya ada lempuyang emprit atau pahit (Zingiber americanus BI), lempuyang wangi atau jahe liar (Zingiber aromaticum Val) serta lempuyang gajah (Zingiber zeumber Sm).

Kesemua jenis lempuyang tersebut secara umum memiliki khasiat yang dipercaya mampu mengobati beragam jenis penyakit. Adapun berdasarkan berbagai referensi ilmiah, lempuyang gajah diketahui menjadi salah satu tanaman herbal, yang memiliki potensi manfaat begitu tinggi. Adapun sejumlah kandungan utama yang tersapat didalam lempuyang adalah seskuiterpen, monoterpen serta senyawa fenolik.

Selain itu, lempuyang juga dilaporkan mengandung senyawa aktif lainnya yang juga baik untuk kesehatan. Diantaranya seperti folifenol, alkaloids dan terpenes. Komponen seperti hemulene, caryphyllene, zingiberene serta zerumbone yang didapatkan langsung dari minyak esensialnya juga diketahui terdapat dalam lempuyang. Bahkan selain dimanfaat sebagai obat tradisional, lempuyang juga sering dimanfaatkan dalam bumbu masak serta dijadikan sebagai tanaman hias.

Khasiat dan manfaat lempuyang untuk kesehatan yang masih jarang diketahui

manfaat lempuyang

Berikut adalah berbagai manfaat lempuyang yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian melaporkan, bahwasannya ekstrak lempuyang gajah (Zingiber zerumbet. L) dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada tikus diabetes yang diinduksi streptozotosin. Hanya saja, penelitian hanya baru d ilakukan pada hewan. Sehingga diperlukan penelitian lanjutan dengan cakupan yang luas untuk membenarkan manfaat ini pada manusia.

Mengatasi infeksi bakteri

Penelitian menemukan kandungan sifat antimikroba dari ekstrak rimpang lempuyang wangi, yang mana diketahui memiiki potensi untuk mengobati sejumlah penyakit yang diakibatkan oleh infeksi yang disebabkan oleh bakteri Baccillus subtilis. Bakteri ini merupakan penyebab dari penyakit meningitis, endokarditis, infeksi mata dan juga yang lainnya.

Selain dari pada itu, ekstrak lempuyang juga memiliki efek positif terhadap bakteri Salmonella typi yang tak lain menjadi penyebab penyakit tifus serta bakteri staphylococcus epidermis dan Vibrio sp. Meski berbagai penelitian menujukkan hasil yang positif, namun lagi-lagi dibutuhkan penelitian lebih lanjut, guna mengokonfirmasi manfaat lempuyang yang satu ini.

Mencegah kanker

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kelompok Keilmuan Farmakologi-Klinik, ITB, ekstrak lempuyang wangi diketahui memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan kanker. Hal tersebut dikarekan kndungan senyawa zarumbone yangterdapat dalam rimpang lempuyang, merupakan jenis senyawa terpenoid yang memiliki peranan sebagai antioksidan dan antiinflamasi.

Menjadi obat cacing alami dan penambah nafsu makan

Kinerja lempuyang memiliki pengaruh terhadap fungsi hati, yang mana dapat membantu proses sekresi makanan dan dapat membantu tubuh menjadi lebih cepat lapar. Dan itulah alasannya, mengapa lempuyang kerap dianfaatkan sebagai salah satu jamu penambah nafsu makan anak dan bisa menjadi pengganti dari manfaat temulawak.

Mengatasi kejang

Dalam lempuyang juga diketahui mengandung zat zerumbon yang tak lain zat antikejang. Sehingga, apabila anak-anak sering mengalami kejang, Anda bisa memberikan lempuyang sebagai salah satu alternatif pertolongan pertama untuk meredakan kejang.

Mengatasi gatal-gatal karena alergi

Apabila Anda kini tengah mengalami gatal-gatal yang diakibatkan oleh alergi yang Anda derita, lempuyang bisa menjadi salah satu pengobatan alternatif yang bisa dipilih. Anda bisa mengonsumsi ramuan herbal ini secara teratur untuk menghilangkan rasa gatal, sehingga membuat kulit Anda menjadi terawat.

Nah itulah berbagai manfaat lempuyang bagi kesehatan, yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Selain itu, masih banyak lagi manfaat lainnya. Diantaranya seperti mengobati sakit empedu, sakit kuning, sakit maag, malaria, TBC, batuk rejan, radang tenggorokan hingga mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan. Lempuyang juga mampu redakan nyeri karena encok, mempercepat pengeringan luka luar, serta baik untuk kesehatan rahim, lambung, penderita diabetes dan ibu hamil. Bahkan lempuyang juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit wajah Anda.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close