KesehatanVideo Kesehatan

Mencabut Bulu Hidung Sangat Berbahaya! Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

Herbal TV – Mencabut bulu hidung nampaknya menjadi kebiasaan sehari-hari yang sepele bagi sebagian orang. Hal tersebut dilakukan untuk menyingkirkan bulu hidung yang mengganggu penampilan. Selain dengan mencukurnya, beberapa orang lebih memilih untuk mencabutnya langsung atau bahkan melakukan waxing pada bulu hidung. Namun tahukah kamu, bahwa mencabut bulu hidung, dapat menimbulkan hal-hal buruk untuk kesehatan, mulai dari infeksi biasa hingga kematian.

Berdasarkan keterangan seorang dokter otolaringologis bernama Dr.Erich Voight dari Universitas New York, ia menjelaskan bahwa hal sepele seperti mencabut bulu hidung bisa memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan.

Menurut Dr.Erich, dalam hidung kita ada dua jenis bulu yang keduanya berfungsi untuk melindungi tubuh dari partikel-partikel luar yang jahat. Bulu hidung pertama yang biasa dicabut dinamakan vibrissae, bulu ini bertugas untuk menyaring partikel-partikel besar seperti debu, kotoran agar tidak masuk ke bagian bulu hidung kedua. Bulu hidung kedua dinamakan cilia, yang berfungsi menyaring partikel-partikel yang lebih kecil dan memerangkapnya di lendir.

Efek Mencabut Bulu Hidung

Jika bulu hidung itu dicabut, maka hidung tidak memiliki lagi pertahanan untuk menyaring partikel-partikel kotor tersebut. Kuman dan bakteri bisa langsung masuk kedalam pori dan menyebabkan infeksi yang tidak diinginkan. Daerah hidung dan mulut biasa disebut sebagai segitiga kematian. Hal ini disebabkan karena, bila ada infeksi pada mulut atau hidung, infeksi tersebut bisa sampai langsung ke otak karena jaringannya saling terhubung dan berdekatan.

Saat imunitas tubuh anda sedang rendah, mencabut rambut hidung bisa menyebabkan serangkaian hal buruk pada tubuh. Hal paling ringan yang bisa terjadi adalah terjadinya infeksi, bisul dan ingrown hair pada hidung. Hal yang bisa terjadi saat kamu mencabut rambut hidung adalah infeksi paru-paru. Saat hidung tak mampu menyaring partikel-partikel kotor di hidung, maka partikel-partikel tersebut bisa masuk kedalam hingga paru-paru. Jika paru-paru sudah tercemar, maka akan terjadi infeksi pernapasan.

Hal paling parah yang bisa diakibatkan oleh pencabutan bulu hidung adalah kematian. Saat daerah hidung mengalami infeksi dan perdarahan, bakteri akan berkembang biak dengan bebas. Infeksi ini bisa menjalar ke otak hingga menyebab kan meningitis dan atau abses otak. Kedua penyakit tersebut sangat berbahaya untuk kehidupan manusia.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close