Manfaat

Mengenal 5 Manfaat Leunca Yang Istimewa Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang suka leunca? Apabila Anda dalah satu diantaranya, maka Anda beruntung. Karena selain menjadi pelengkap dalam lalapan, tumisan maupun masakan khasa Indonesia lainnya, ternyata didalamnya terkandung segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat leunca bagi kesehatan? selengkapnya simak dalam ulasan singkat berikut.

Mengenal leunca dan nutrisi yang terkandung didalamnya

manfaat leunca

Leunca atau lenca memiliki nama ilmiah Solanum nigrum L. Tumbuhan ini sangat mudah diperoleh dan juga ditanam sehingga bisa menjadi salah satu sumber makanan bernutrisi. Ya, buah leunca sering dijadikan sebagai lalapan dan juga pelengkap masakan di Indonesia. Namun lebih dari itu, ternyata leunca juga sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Bahkan di berbagai negara, solanium nigrum L sering di gunakan untuk mengobati diare, pusing bahkan dipercaya mampu meredakan peradangan pada ginjal dan kandung kemih.

Meski berbagai kegunaannya belum terbukti secara ilmiah, namun tanaman ini memang terbukti mengandung berbagai kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh. Seperti halnya menurut telaah dari studi dari Asian Network for Scientific Information, tanaman ini diketahui kaya akan protein, mineral, magnesium dan juga fosfor. Selain itu, didalamnya juga mengandung vitamin C, B serta asam folat. Bahkan tak hanya dalam buahnya, berbagai kandungan nutrisi tersebut juga dapat ditemukan pada bagian daunnya.

Khasiat dan manfaat leunca bagi kesehatan

Diketahui dari sebagian besar temuan juga penelitian yang telah dilakukan menunjukkan, bahwasannya lenca memiliki potensi untuk menyembuhkan sekaligus mencegah berbagai penyakit. Diantaranya sebagai berikut.

1. Membantu penyembuhan infeksi

Di dalam buah leunca hitam maupun hijau diketahui memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan yang dapat membantu mempercepat penyembuhan infeksi. Diamana infeksi tersebut dapat berpotensi menyebabkan luka bakar, luka bernanah serta perdangan, saat ramuannya ditempelkan secara langsung pada permukaan kulit.

2. Mencegah dan mengatasi penyakit saraf

Menurut suatu penelitian yang dilakukan oleh University of Catania di Italia, yang mana dalam percobaan yang dilakukan secara in vitro (dalam sel tabung), ditemukan scopolamine yang mana memeiliki fungsi dalam melindungi sel-sel saraf. Bahkan pengobatan menggunakan tanaman ini dipercaya bisa menjadi strategi yang efektif dalam membantu mengatasi gangguan saraf yang dapat berdampak pada fungsi kognitif otak seperti alzheimer.

Anda bisa mengolah leunca dengan cara dimasak maupun dengan cara fermentasi guna menghindari zat berbahaya yang terkandung didalamnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

3. Membantu menurunkan demam

Dalam leunca diketahui terdapat komponene diaforetik, yang mana dapat membuat tubuh mengeluarkan keringat dengan lebih cepat. Maka dari itu, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal penurun panas dikala demam.

4. Mencegah kanker

Masih menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Catania di Italia menunjukkan, bahwasannya dalam ekstrak daun Solanum nigrum L. mampu mereduksi tekanan oksidatif, yang mana mampu melawan pertumbuhan sel radikal bebas yang tak terkendali.

5. Khasiat leunca lainnya

Selain dari pada apa yang telah dipaparkan diatas, leunca juga nyatanya diketahui masih memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan bahkan kecantikan. Diantaranya seperti menjaga kesehatan mata, menjadi alat kontrasepsi alami, mengoptimalkan fungsi ginjal, mengatasi infeksi pada saluran kandung kemih, mengobati asam urat hingga mencegah tekanan darah tinggi.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesemapatan kali ini terkait manfaat leunca untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya, sebaiknya Anda mengonsumsinya setelah di masakan, Karena didalam leunca sendiri terkandung senyawa oksalat dan sianida yang mana dapat memberikan efek negatif bagi tubuh apabila dikonsumsi secara langsung. Untuk selengkapnya, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli kesehatan terdekat. Salam sehat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close