Parenting

Mengenal 7 Ciri-Ciri Kanker Tenggorokan Yang Diderita Ibunda Jokowi

kanker tenggorokan

Keluarga besar presiden RI ke-8 tengah berduka cita, dikarenakan Ibunda presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia pada Rabu (25/03/2020). Beliau menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit TNI Tingkat III Slamet Riyadi, Surakarta, yang mana pihak istana kepresidenan telah memastikan, bahwasannya beliau meninggal bukan karena COVID-19, melainkan akibat penyakit kanker tenggorokan yang menggerogotinya sejak empat tahun terkahir. Nah, untuk membuat kita lebih agar lebih waspada, ketahui berbagai gejala awal atau ciri-ciri kanker tenggorokan sejak dini, hanya dalam ulasan singkat berikut.

Apa itu kanker tenggorokan?

Kanker tenggorokan bisa diartikan sebagai penyakit kanker yang berkembang di jaringan tenggorokan. Dilansir secara resmi dari kementrian kesehatan, kanker tenggorokan timbul lantaran sel-sel pada tenggorokan mengalami mutasi genetik. Dan mutasi tersebut mengakibatkan sel yang tumbuh tidak terkedali dan terus berkembang setelah sel-sel sehat mati. Hingga sel tersebut berkembang membentuk tumor di tenggorokan.

Penyebab kanker tenggorokan sendiri pada dasarnya belum diketahui secara pasti. Hanya saja beberapa ahli menyebautkan bahwasannya ada beberapa faktor yang dapat memicu kanker tenggorokan. Diantaranya seperti:

  • Kebiasaan merokok
  • Kecanduan alkohol
  • Terjadinya infeksi HPV (human papillomavirus)
  • Menderita penyakit asam lambung (GERD)
  • Kesehatan gigi yang tidak terjaga
  • Kondisi imunitas tubuh yang lemah akibat HIV/AIDS
  • Mengalami malnutrisi atau mengonsumsi imunosupresan

Selain dari pada itu, kanker tenggorokan juga dipengaruhi adaya faktor genetik atau riwayat keluarga yang mengalami gangguan medis yang sama.

Ciri-ciri kanker tenggorokan yang perlu diwaspadai sejak dini

ciri-ciri kanker tenggorokan

Berikut adalah berbagai ciri-ciri atau gejala awal kanker tenggorokan yang perlu Anda pahami dan waspadai.

1. Mengalami batuk

Saat sel abnormal mulai tumbuh di area tenggorokan, maka akan timbul rasa tidaknyaman yang mana dipicu oleh iritasi maupun peningkatan volume lendir akan di respon oleh tubuh dengan menjalankan mekanisme batuk tersebut. Meski begitu, batuk merupakan gejala yang disebabkan oleh sejumlah kondisi lainnya, seperti paparan asap, terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak hingga akibat infeksi virus. Adapun batuk yang menjadi pertanda awal kanker tenggorokan adalah batuk yang terjadi berlangsung lama, yang mana terkadang disertai dengan darah.

2. Perubahan pada suara yang tidak biasa

Ciri kanker tenggorokan lainnya yang bisa dikenali adalah adanya perubahan pada suara, yang umumnya menjadi serak atau bahkan suara menjadi memelan seperti bisikan lirih.

Meski kondisi tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti penyakit batuk dan pilek, radang tenggorokan maupun faktor lainnya, namun apabila perubhana suara yang terjadi secara tiba-tiba dan tanpa sebab yang jelas, maka bisa menjadi pertanda awal kanker tenggorokan.Perubahan pada suara tersebut bisa menandakan sel kanker sedang menyerang pita suara Anda. Dan sebagai akibatnya, suara menjadi serak bahkan hilang sama sekali.

3. Sakit pada tenggorokan

Kanker tenggorokan juga umumnya menyebabkan tenggorokan terasa sakit juga tidak nyaman. Meski hampir mirip dengan gejala radang tenggorokan, rasa sakit yang disebabkan oleh kanker tenggorokan biasanya muncul tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Selain itu, rasa sakit yang dialami juga jauh lebih intens dan tidak lekas hilang meski telah mengonsumsi obat.

Sepertinya penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of General Practice melaporkan, bahwasannya sakit tenggorokan yang lama dan tak kunjung sembuh bisa jadi gejala awal kanker tenggorokan. Bahkan resiko kanker tenggorokan cenderung dapat meningkat apabila disertai dengan suara serak atau atau munculnya benjolan di sekitar leher.

4. Sulit menelan

Saat tumor di tenggorokan semain membesar, maka penderitanya akan cenderung sulit menelan makanan. Bahkan beberapa diantaranya tidak dapat menelan sama sekali. Selain itu, penderitanya juga mungkin akan merasa seperti ada yang tersangkut atau mengganjal di tenggorokan, sehingga berdehem secara terus menerus. Rasa nyaman ini juga tak jarang menyebabkan penderitanya malas makan, yang mana apabila dibiarkan tubuh dapat menjadi lemas tidak bertenaga hingga mengalami malnutrisi.

5. Rasa sakit pada telinga

Tak hnya tenggorokan, rasa sakit yang dialami akibat kanker tenggorokan juga biasanya bisa menjalar hingga telinga. Penderitanya juga mungkin akan mengalami telinga berdenging atau berdenyut secara tidak karuan. Bahkan pada beberapa orang tidak bisa mendengar dengan jelas. Maka dari itu, apabila Anda merasakan sakit telinga secara intens, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

6. Berat badan turun secara tiba-tiba dan drastis

Apabila berat badan Anda turun secara tiba-tiba dan drastis, bisa jadi tu salah satu ciri-ciri kanker tenggorokan. Menurut Dr dr Noorwati S., SpPD KHOM mengatakan, bahwasannya berat badan turun secara drastisbisa dipicu oleh sel kanker yang menyerap gula pada tubuh penderita. Kondisi kini biasanya memicu asupan energi berkurang sehingga tubuh akan menyerap cadangan energi juga lemak.

7. Adanya benjolan di leher

Apabila kanker tenggorokan yang penderita alami telah cukup parah, maka sel kanker kemungkinan akan menyebar ke area lainnya di sekitar tenggorokan. Salah satunya pada kelenjar getah bening. Apabila kondisi tersebut, maka ciri kanker yang dapat terlihat adanya benjolan di leher. Apabila Anda mengalami kondisi ini ada baiknya segera periksakan ke dokter.

Selain dari pada itu, ciri-ciri kanker tenggorokan juga bisa memicu gejala lainnya. Seperti halnya kesulitan untuk bernafas, mengalami sakit kepala yang parah, gangguan dalam bebicara hingga kulit leher yang mengeras.

Kami segenap tim herbaltv.co.id mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Ibunda Presiden Joko Widodo, ibu Sujiatmi Notomiharjo semoga segala amal ibadahnya di terima oleh yang maha kuasa, dan keluarga yang ditinggalkan di beri ketabahan. Semoga kita juga di jauhkan dari segala marabahaya terlebih wabah pandemi COVID-19. Aamiin.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close