Video Kesehatan

Mengenal Pohon Kina yang Dipercaya Ampuh Atasi Virus Corona

Mengenal Pohon Kina yang Dipercaya Ampuh Atasi Virus Corona – Belum lama ini pohon kina ramai dibicarakan diberbagai media, setelah sebelumnya Gubernur Jawa Barat yakni Ridwal Kamil menyebutkan bahwa tanaman ini bisa bantu menyembuhkan virus corona Covid-19. Perbincangan hangat ini ramai setelah ditemukannya kandungan Chloroquine Phosphate sebagai salah satu penangkal dari virus corona.

Chloroquine Phosphate sendiri merupakan obat sintesis yang pada umumnya sering digunakan dalam mengobati malaria. Jenis kandungan obat ini ternyata terkandung dalam pohon kina. Gubernur Jawa Barat yang akrab disapa dengan emil ini menjelaskan bahwa kandungan obat dari pohon kina ini sudah menyembuhkan 100 pasien diantaranya Di China dan Amerika.

Baca Juga : Jadi Relawan Vaksin Virus Corona, Dibayar Rp. 64 Juta

Pohon kina adalah pohon yang berasal dari Amerika Selatan, mempunyai nama latin Cinchona Pubescens, tanaman ini juga ternyata tumbuh subur pada area yang tinggi pada negara negara tropis, dan ini salah satunya Indonesia. Maka tidak heran jika kang emil mengklaim bahwa tanaman ini memang banyak tumbuh di Provinsi Jawa Barat.

Lantas sebenarnya kenapa Pohon Kina yang Dipercaya Ampuh Atasi Virus Corona Covid 19 ?

Sebagaimana yang dikutip dalam jurnal US National Library of Medical Institutes of Health, kandungan alami bernama chloroquine phosphate pada pohon kina inilah yang ternyata efektif untuk bantu melawan virus corona.

Dalam jurnal tersebut juga disebutkan bahwa kandungan chloroquine phosphate terbukti efektif secara klinis. Bahkan untuk jenis obat dengan kandungan chloroquine phosphate telah direkomendasikan untuk bantu penangan virus corona Covid-19 oleh Kementrian Kesehatan di China.

Telah diketahui sebelum adanya virus corona, Pohon Kina ini dikenal dalam keampuhannya dalam menyembuhkan malaria dengan kulitnya yakni pada tahun 1630-an. Dan hingga abad ke 20-an, Pohon Kina ini menjadi salah satu obat utama dalam menangani malaria dan bagusnya lagi Indonesia menjadi produsen terbesar untuk kulit pohon kina hingga tahun 1942.

Sampai saat ini, para ilmuan masih mencoba untuk menghasilkan chloroquine phosphate secara sintesis dalam mengobati malaria. Tidak hanya efektif menyembuhkan malaria, rebusan dari kulit pohon kina juga bisa mengobati flu, deman, sakit perut, menambah nafsu makan hingga bantu mencegah kanker.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close