Hallo! Setelah kami mengolah data yang Anda masukan, Anda termasuk “obese level 1” atau memiliki berat badan berlebih. Karena angka BMI Anda berada diantara 23-29,9. Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan jika saya tergolong obes level 1? Untuk menurunkan berat badan, Anda diharuskan untuk mengonsumsi makanan maupun minuman dengan jumlah kalori yang lebih kecil dari kebutuhan kalori harian Anda. Kurangi sebanyak 300-500 kalori dari hasil perhitungan yang Anda dapatkan. Mengurangi jumlah asupan Anda setidaknya hingga 500 kkal perhari, mampu menurunkan berat badan Anda, sebesar 0,5-1 kg per minggu. Adapun misalnya, apabila hasil dari perhitungan kebutuhan kalori harian Anda adalah 2100 kkal, maka Anda hanya perlu mengonsumsi asupan kalori 1600 kkal perhari (2100 kkal – 500 kkal). Dan setelah Anda mulai terbiasa dengan jumlah kalori yang lebih sedikit ini, maka secara perlahan menguranginya lebih banyak lagi. Berapa jumlah kalori minimal yang harus dipenuhi oleh setiap orang? Untuk wanita, rata-trata memerlukan asupan kalori sebanyak 2000 kalori perharinya. Sedangkan untuk pria, rata-rata membutuhkan asupan sebanyak 2500 kalori perharinya. Adapun untuk menurunkan berat badan, idealnya, Anda hanya perlu mengurangi 500 kalori dari jumlah asupan kalori Anda setiap hari. Sehingga, wanita hanya memerlukan 1500 kalori dan pria membutuhkan kalori 2000 kalori perharinya untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi kalori lebih rendah dari 1200 kkal akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda.