Hallo! Setelah kami mengolah data yang Anda masukan, Anda termasuk “obese level 2” atau memiliki berat badan berlebih yang sangat berat. Karena angka BMI Anda berada dia atas 30. Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan jika saya tergolong obesitas level 2? Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mengonsumsi makanan dan minuman dengan jumlah kalori yang lebih kecil dibanding dengan kebutuhan kalori harian Anda. Setidaknya, kurangi sebanyak 300-500 kalori perhari dari hasil perhitungan yang Anda dapatkan. Mengurangi jumlah asupan Anda setidaknya 500 kkal perhari mampu membantu menurunkan berat badan Anda sebesar 0,5-1 kg per minggu. Misal, apabila hasil dari perhitungan menunjukkan bahwa kebutuhan total kalori harian Anda adalah 2400 kkal, maka Anda hanya perlu mengonsumsi asupan kalori sebesar 1900 kkal perhari. (2400 kkal – 500 kkal). Setelah Anda mulai terbiasa dengan jumlah asupan kalori yang jauh lebih sedikit ini, Anda bisa perlahan menguranginya lebih banyak lagi. Sehingga angka BMI ada di angka sehat. Berapa jumlah kalori minimal yang harus dipenuhi semua orang? Wanita rata-rata memerlukan asupan sebanyak 200 kalori perharinya. Sedangkan pria, rata-rata memerlukan asupan kalori sebanyak 2400 kalori perharinya. Adapun untuk menurunkan berat badan, idealnya Anda hanya perlu mengurangi 500 kalori setiap hari, sehingga wanita hanya membutuhkan 1500 kalori dan pria hanya membutuhkan 2000 kalori guna menurunkan berat badan. Namun harus diingat, bahwa semua orang membutuhkan minimal 1200 kkal perhari supaya tubuh bisa menjalani fungsinya. Mengonsumsi kalori perhari lebih rendah dari 1200 kkal, dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda.