Parenting

5 Pilihan Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Dan Sehat

Semua orang tua tentunya ingin memiliki anak yang cerdas. Namun, tahukah Anda? ternyata perkembangan otak dan kognitif anak juga dipengaruhi oleh makanan sang ibu sejak awal kehamilannya. Maka dari itu, makanan untuk ibu hamil muda agar anak cerdas merupakan salah satu hal penting yang perlu diketahui sejak dini.

Makanan untuk ibu hamil muda agar anak cerdas dan sehat

Kehamilan merupakan suatu momen paling membahagiakan bagi pasangan suami istri. Tak jarang semua hal mereka korbankan. Asalkan kelak, janin yang masih dalam kandungan tersebut tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Namun penting untuk para calon orang tua ketahui, bahwa kecerdasan anak sejatinya sudah bisa dikembangkan sejak dini. Bahkan saat si kecil masih berada dalam kandungan.

Hal tersebut memang dikarenakan otak dan kognitif bayi telah dimulai saat ia masih berupa janin dalam kandungan. Dan perkembangan tersebut sangat dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya merupakan faktor makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil semasa kehamilan. Sehingga, bagi para ibu hamil yang kini menginginkan anak yang Anda lahirkan kelak cerdas dan memiliki IQ tinggi, Anda memerlukan sumber makanan sehat bergizi.

Dan berikut ini tim herbal TV merekomendasikan makanan apa saja yang sebaiknya ibu hamil konsumsi. Khusunya, untuk mendukung otak juga sistem syaraf janin dalam kandungan berkembang secara optimal. Dimana hal tersebut sendiri merupakan salah satu nindikator yang mampu menjadikan anak cerdas saat telah lahir nanti.

Ikan baik untuk perkembangan otak bayi

makanan untuk ibu hamil muda salmon

Manfaat mengonsumsi ikan untuk mencerdaskan janin tak perlu di ragukan lagi. Terlebih jenis ikan laut seperti salmon, makarel, tuna dan jenis ikan lainnya yang kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan ini sendiri memiliki peranan penting dalam perkembangan otak bayi.

Hanya saja, ibu tetap harus berhati-hati dalam memilih ikan laut yang akan dikonsumsi. Lantaran ikan yang ditangkap di perairan yang tercemar memiliki unsur-unsur berbahaya. Layaknya logam berat merkuri yang bersifat toksik dan berbahaya bagi janin. Maka dari itu, hindari mengonsumsi ikan mentah dan alangkah baiknya apabila ikan dimasak hingga matang.

Bayam menjadi makanan yang tak kalah penting dikonsumsi ibu hamil muda

Bayam baik untuk ibu hamil muda

Sayuran yang satu ini kaya akan berbagai kandungan yang penting selama masa kehamilan, sekaligus berguna untuk mencetak anak pintar. Diantaranya seperti zat besi dan asam folat. Adapun zat besi sendiri, diketahui mampu mengirim oksigen ke sel-sel otak bayi selama kehamilan. Dengan begitu, perkembangan otak janinpun berjalan secara optimal.

Adapun asam folat sendiri dikenal mampu mengurangi resiko cacat tabung saraf, bibir sumbing hingga cacat jantung pada bayi. Selain bayam, sayuran hijau lainnya yang bisa menjadi makanan ibu hamil muda agar anak cerdas. Diantaranya seperti lentil, sawi hijau, asparagus dan lainnya.

Telur mengandung banyak nutrisi yang baik untuk perkembangan janin

Makanan yang satu ini juga disebut-sebut sebagai salah satu makanan untuk ibu hamil muda agar anak cerdas. Hal tersebut dikarenakan telur kaya akan asam amino kolin, terlebih pada bagian kuningnya. Kandungan tersebut diketahui dapat menunjang pertumbuhan otak janin.

Selain dari pada itu, telur juga mengandung berbagai nutrisi lainnya. Seperti halnya lemak, protein hingga berbagai jenis vitamin dan mineral. Telur juga diketahui mengandung asam lemak omega-3, yang sangat penting untuk perkembangan otak dan perkembanganan janin dalam kandungan.

Kacang-kacangan menjadi sumber asam folat lainnya yang baik untuk ibu hamil muda

Selain sayuran dan ikan, sumber asam folat yang baik untuk ibu hamil juga berasal dari kacang-kacangan. Diantaranya seperti kacang tanah, kacang hijau hingga almond. Tak heran apabila kacang-kacangan juga termasuk ke dalam makanan ibu hamil muda agar anak cerdas.

Buah beri menjadi nutrisi pelengkap untuk ibu hamil muda

buah beri untuk ibu hamil

elain berbagai makanan diatas, ibu hamil juga harus rutin mengonsumsi buah-buahan, terlebih jenis buah beri. Tak hanya memberikan rasa yang segar. Jenis buah ini juga dapat membantu optimalisasi pembentukan sistem syaraf terhadap janin yang tengah di kandung.

Selain dari pada itu, buah beri juga kaya akan antioksidan, untuk melindungi otak janin menjadi lebih sehat. Sehingga kelak bisa mencetak anak menjadi pintar. Mulai saat ini, buah beri seperti strawberry, blueberry dan raspberry mungkin bisa dimasukan ke dalam daftar buah-buahan favorit ibu ya.

Selain dari pada 5 makanan diatas, masih banyak lagi makanan sehat dan bernutrisi yang baik untuk ibu hamil muda. Diantaranya seperti biji labu, susu dan produk olahannya yakni yogurt yunani dan keju. Selain bertujuan untuk mendapatkan anak yang cerdas, berbagai makanan sehat untuk ibu hamil tersebut juga diduga mampu mencegah mual dan lemas pada ibu hamil.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close