Manfaat

Selain Atasi Batu Ginjal, Ini 6 Manfaat Daun Tempuyung Bagi Kesehatan

Manfaat daun tempuyung terkenal akan khasiatnya sebagai penghancur batu ginjal dan peluruh asam urat alami. Namun lebih dari itu, masih banyak lagi manfaat dari tanaman herbal ini untuk kesehatan lainnya. Bagi Anda yang penasaran dan ingin tahu informasi selengkapnya, Anda bisa simak ulasan berikut.

Mengenal daun tempuyung dan kandungan senyawa didalamnya

manfaat daun tempuyung

Mungkin sebagian besar dari pada Anda tidak asing lagi dengan tanaman tempuyung. Tanaman yang tergolong liar ini biasa tumbuh di puing-puing bangunan, pinggir jalan, kebun maupun pingg ir sungai. Meski begitu, tanaman ini ternyata memiliki khasiat yang besar bagi kesehatan. Bahkan saat ini tak sedikit daripada penelitian ilmiah telah dilakukan, berkaitan dengan manfaat dari tanaman obat herbal ini.

Daun tempuyung sendiri dikenal memiliki efek herbal direutik (peluruh urin), yang mampu mengeluarkan zat-zat racun dari tubuh. Adapun selain itu, berikut adalah berbagai senyawa aktif yang terdapat dalam tempuyung:

  • Matinol
  • Flavonoid
  • P-laktuserol
  • oc-laktuserol
  • Inositol
  • Kumarin
  • Kalium
  • Traksasterol
  • Asam fenolat
  • Ion-ion mineral

Tempuyung diketahui memiliki nama latin Sonchus Arvensis. Sedangkan di Indonesia, daun tempuyung memiliki beberapa nama lokal atau sebutan, seperti lobak air, galibug, lalakina, lempung jombang, lampenas dan rayana. Tanaman yang masih termasuk ke dalam suku Ateraceae ini biasanya tumbuh di ketinggian 50-1.600 dpl.

Khasiat dan manfaat daun tempuyung bagi kesehatan tubuh

selain atasi batu ginjal, Ini 5 manfaat daun tempuyung bagi kesehatan

Selain manfaat daun kejing beling, Tak sedikit dari pada masyarakat mempercayai bahwasannya daun tempuyung juga memiliki manfaat yang luar biasa sebagai obat peluruh batu ginjal alami. Menurut penelitian in vitro yang dilakukan oleh Prof. Dr. Sarjito, kandungan kalium yang tinggi dalam daun tempuyung diduga memiliki peranan penting dalam peluruhan batu ginjal. Dimana pada akhirnya, batu ginjal mengecil sehingga bisa larut bersama urin.

Selain dari pada itu, secara empiris dan pengalaman turun temurun, daun tempuyung memiliki khasiat sebagai berikut.

1. Mengobati asam urat

Apabila Anda kini tengah menderita asam urat, maka Anda bisa mencoba mengonsumsi ramuan alami dari daun tempuyung. Asam urat sendiri tak jarang menyebabkan penderitanya merasa nyeri pada daerah sendi lantaran terjadinya pembentukan kristal asam urat yang mengendap di pembuluh darah.

Dan daun tempuyung sendiri memiliki kemampuan untuk mendorong asam urat keluar melalui urin. Bahkan mengonsumsi tanaman herbal ini secara berkesinambungan mampu mencegah pembentukan enzim yang mampu meningkatkan kadar asam urat.

2. Mengobati wasir

Khasiat lainnya dari daun tempuyung adalah adalah mampu mengobati peradangan, seperti elcer juga wasir. Untuk cara penggunaannya untuk wasir, Anda cukup menempelkan daun tempuyung yang sebelumnya telah di tumbuk ke area rektum. Adapun untuk mengatasi peradangan lainnya, Anda bisa mengonsumsi air rebusan tempuyung secara teratur.

3. Mengontrol tekanan darah

Mengonsumsi daun tempuyung juga diketahui sangat baik untuk mengendalikan kadar darah, terlebih pada penderita hipertensi. Sejatinya, hipertensi dapat tejadi akibat stres, gaya hidup yang tidak sehat, faktor geetik serta mengonsumsi garam secara berlebih. Nah untuk hasil yang efektif, Anda bisa mengonsumsi daun tempuyung sebagai lauk atau olahan sayuran selama tiga kali sehari. Dengan begitu, kadar darah yang tengah melambung tinggi pun dapat turun secara signifikan.

4. Mengobati gangguan pendengaran sebagian

Infeksi dan trauma adalah sebagian dari penyebab terjadinya gangguan pendengaran sebagian. Namun Anda tak perlu khawatir, karena masalah ini bisa diatasi dengan meneteskan beberapa tetes air rebusan daun tempuyung. Hanya saja, harap hati-hati saat meneteskannya. Jangan sampai Anda meneteskannya saat suhu air masih panas. Tunggu terlebih dahulu sampai airnya dingin dan lakukan secara perlahan.

5. Mengatasi luka bakar dan luka memar

Apabila Anda kini mengalami luka bakar ringan, misal karena puntung rokok atau arang, maka pengobatan alami yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan daun tempuyung. Caranya cukup dengan menerapkan tumbukan daun tempuyung yang sudah halus pada bagian tubuh yang terpapar luka bakar.

Selain itu, daun ini juga secara efektif bisa mengatasi luka memar yang disebabkan karena terjatuh, pukulan ataupun kecelakaan. Caranya, tumbuk daun tempuyung dan peras hingga mengeluarkan air dari daun. Anda bisa manfaatkan air sari daun tempuyung tersebut sebagai kompres. Sedangkan untuk ampasnya, bisa dimanfaatkan untuk membungkus bagian yang terluka.

6. Mengandung antitumor dan kanker

Daun tempuyung juga diketahui mengandung antioksidan tinggi. Bahkan kandungan flavonoid yang terkandung dalam tanaman ini memiliki peranan besar dalam mencegah kanker dan tumor yang bisa membahayakan tubuh. Selain itu, khasiatnya juga diketahui mampu mencegah terjadinya pembentukan radikal bebas didalam tubuh.

Nah itulah berbagai manfaat daun tempuyung bagi kesehatan. Selain apa yang telah kami paparkan diatas, daun tempuyung juga dipercaya mampu mengobati penyakit batu empedu dan diabetes. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat. Salam sehat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close