Manfaat

Selain Baik Untuk Rambut, Ini 8 Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

Mungkin sebagaian dari Anda hanya mengenal seledri sebatas pelengkap dalam masakan seperti sup, soto ataupun bubur ayam. Atau mungkin sebagian lain dari Anda juga mengenal seledri biasa dimanfaatkan sebagai perawatan rambut alami. Namun tahukah Anda, ternyata selain dari pada itu, seledri juga diketahui memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan lainnya. Nah bagi Anda yang penasaran ataupun ingin mengetahui khasiat seledri selengkapnya, sebaiknya Anda simak ulasan berikut.

Khasiat dan manfaat daun seledri bagi kesehatan

manfaat seledri

Daun seledri yang tak jarang diiris dengan ukuran mini dan pengunaannya yang tak terlalu banyak, menjadikan daun ini tak disadari ada dalam santapan. Meski begitu, ternyata daun seledri memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan melebihi ukuran daunnya. Hal tersebut karena seledri diketahui kaya akan berbagai kandungan seperti Antioksidan, vitamin B6, kalsium, folat, serat, protein dan masih banyak lagi. Tak hanya daun, mulai dari batang, akar hingga biji seledripun sering dimanfaatkan.

Salah satu manfaat seledri yang terkenal adalah baik untuk perawatan rambut alami. Mulai dari meluruskan rambut yang bergelombang, menyuburkan rambut, membuat rambut lebih hitam dan berkilau, mencegah kerontokan hingga mengatasi masalah ketombe membandel. Adapun mafaat seledri selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai antiinflamasi

Didalam daun seledri terkandung senyawa polysaccharides serta antioksidan yang cukup tinggi. Dan sebagaimana kita ketahui bersama, bahwasannya antioksidan memiliki kontribusi besar dalam menangkal radikal bebas yang salah satunya dapat memicu infamasi atau peradangan. Inflamasi sendiri mampu menyebabkan munculnya berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Terapat beragam jenis antioksidan yang terdapat daun seledri. Diantaranya ialah ferulic acid, caffeicacid dan quecetin. Sehingga mengonsumsi daun seledri diketahui mampu mengatasi berbagi permasalahan peradangan seperti infeksi ginjal, hati, peradangan pada persendian, masalah kulit hingga infeksi saluran kencing.

2. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan pijakan awal dari penyakit kardiovaskular. Sehingga, sangatlah penting untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Nah jika tekanan darah Anda kini tengah melonjak tinggi, maka Anda bisa memanfaatkan seledri untuk mengatasinya. Bahkan menurut sebuah riset yang diterbitkan pada Journal Medicinal Food menyebutkan, bahwasannya daun seledri memiliki pengaruh terhadap tekanan darah tikus.

Selain itu, riset lainnya juga menemukan bahwa ekstrak biji seledri mampu menurunkan tekanan darah pada tikus yang menderita hipertensi. Bahkan peneliti menyebut, bahwasannya seledri memiliki komponen antihipertensi yang disebut NBP (n-butylphthalide). Meski riset tersebut masih sebatas uji laboraturium, namun para peneliti meyakini bahwasannya hasil riset tersebut tidak akan jauh berbeda apabila diuji pada manusia.

3. Menurunkan kadar kolesteol

Tak hanya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, mengonsumsi seledri secara teratur juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Apabila Anda menambahkan seledri dalam asupan makanan harian Anda, maka kompnen 3-n-butylphthalide (BuPh) akan bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol Anda secara bertahap. Nah, untuk hasil yang maksimal, Anda juga bisa mengonsumsi seledri yang telah tersedia dalam bentuk suplemen makanan.

4. Menyehatkan pencernaan

Kandungan inflamasi juga antioksidan yang terkandung dalam seledri juga dipercaya mampu menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan polysacchaides berbasis pektin yang terkandung didalam seledri termasuk senyawa yang disebut apiuman. senyawa tersebut telah terbukti mampu atasi sakit maag, memperbaiki lapisan lambung serta memodulasi sekresi lambung dalam riset pada hewan. Maka dari itu, mulai sekarang Anda bisa rutin mengonsumsi daun seledri dan batangnya. Kandungan seratnya yang terdapat didalam daun dan batangnya mampu melancarkan pencernaan, sehingga Anda terhindar dari konstipasi.

5. Mencegah gangguan pada organ hati

Seledri juga diketahui mengandung banyak sekali mineral. Diantaranya seperti magnesium, zat besi serta sodium. Komponen mineral membuat seledri memiliki fungsi yang dapat menetralisir makanan asam. Selain dari pada itu, seledri juga bisa menjadi agen pembersih untuk organ hati.

Dengan bantuan mineral dan vitamin yang terdapat didalamnya, maka daun seledri beserta batangnya bisa memicu keluarnya urin hingga racun. Disamping itu, sampah atau zat-zat asing didalam tubuh juga bisa dikeluarkan.

6. Meredakan nyeri haid

Manfaat seledri selanjutnya yakni dipercya mampu meredakan nyeri saat datang bulan. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi produk yang mengandung biji seledri dengan beberapa campuran bahan lain, mampu mengurangi intensitas serta lamanya nyeri yang alami saat haid.

7. Menurunkan berat badan

Seledri diketahui sangat rendah kalori. Disamping itu, seledri juga memilki kemampuan untuk menyediakan nutrisi penting serta membantu mengatur metabolime lemak (lemak). Sehingga seledri bisa menjadi makanan pilihan saat Anda kini ingin menurunkan berat badan.

Seledrijuga diketahui memiliki andungan yang padat. Mulai dari antioksidan, elekrolit, vitamin dan mineral, vitamin C, Vitamin B, kalium dan kalori yang sangat sedikit.

8. Mencegah kanker

Tak sedikit dari ahli yang menyebutkan bahwa seledri memiliki peranan sebagai antikanker. Hal tersebut dikarenakan didalamnya terdapat kandungan luteolin yang mana diyakini sebagai salah satu komponen antikanker.

Dan mengutip daripada Medical News Today, bahwa komponen antikanker dalam seledri tersebut terdapat dalam sebuah riset yang di publikasikan oleh Current Caner Drug Targets. Tak sedikit periset yang menyakini bahwa komponen luteolin ini dapat membuat sel kanker menjadi lebih mudah dihancurkan dengan perantara zat-zat kimia selama menjalani terapi pengobatan kanker.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nah itulah berbagai manfaat seledri untuk kesehatan. Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat penting lainnya yang tersimpan dalam seledri. Diantaranya baik untuk bayi, ibu hamil dan menyusui, mengatasi ejakulasi dini, asam urat, efektif untuk diet atau menurunkan berat badan, bisa untuk promil hingga baik untuk kecantikan wajah.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, selain diolah menjadi jus, Anda juga bisa mengonsumsinya langsung sebagai lalapan, mengonsumsi air rebusan seledri hingga mengonsumsi ekstrak seledri yang telah tersedia dalam bentuk suplemen. Bahkan pengolahannyapun sering kali di campur dengan bahan alami lainnya seperti jahe, bawang putih, kenikir, nanas, wortel, tomat, timun dan lainnya sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close