Manfaat

Selain Batu Ginjal, Ini 8 Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Manfaat kumis kucing sebagai tanaman obat telah diketahui sejak dulu. Salah satu dari manfaatnya yang terkenal adalah mampu mengobati keluhan batu ginjal atau kencing batu secara tradisional. Ternyata selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat tanaman kumis kucing untuk kesehatan lainnya. Apabila Anda ingin mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa simak ulasan singkat dari tim herbaltv.co.id berikut.

Mengenal kumis kucing dan sederet kandungan didalamnya

manfaat kumis kucing

Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Dan karena bentuk bunganya yang begitu mirip dengan helaian kumis kucing, Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan cat whirkers atau java plant.

Selain menjadi tanaman hias, kumis kucing juga diketahui sejak dulu sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk kondisi kesehatan tertentu. Hal tersebut dikarenakan didalamnya terkandung berbagai senyawa aktif yang diduga baik untuk kesehatan. Diantaranya seperti: Flavonoid, Alkaloid, Terpenoid, alkaloid, orthosponin Glycosides, Garam kalium danmasih banyak lagi lainnya.

Khasiat dan manfaat kumis kucing untuk kesehatan

manfaat daun kumis kucing

Salah satu kegunaan kumis kucing yang paling fenomenal adalah khasiatnya adalah mampu mengatasi penyakit ginjal seperti batu ginjal. Bahkan kabarnya, tanaman ini mampu menghilangkan batu ginjal hingga berukuran 5 cm. Selain dari pada itu, berikut khasiat lainnya dari kumis kucing untuk kesehatan.

1. Mengobati infeksi saluran kencing (ISK)

Selain mengatasi kencing batu, sejumlah penelitian medis mengungkapkan bahwasannya manfaat kucing untuk infeksi saluran kencing cukup efektif berkat efek direutik yang terkandung didalamnya. Bahkan manfaat ini juga dilaporkan oleh suatu penelitian yang di terbitkan dalam Jurnal Ethnoparmhacology.

Hasilnya diketahui, ekstrak kumis kucing bekerja dengan meningkatkan prosuksi urin yang menjadikan Anda menjadi lebih sewring buang air kecil. Dn hal tersebut secara tidak langsung membantu membilas bakteri yang masuk ke dalam kandung kemih.

2. Mengobati gusi bengkak

Kumis kucing pada dasarnya sering kali dijadikan sebagai ramuan herbal untuk melawan infeksi bakteri, seperti halnya pada luka dikulit dan gusi bengkak. Dan bagi Anda kini tengah memiliki masalah yang sama, mencoba memanfaat ramuan herbal kumis kucing tidak ada salahnya.

3. Mengatasi asam urat dan rematik

Kumis kucing terdiri dari enzim yang mampu menyembuhkan beberapa permasalah persendian seperti asam urat, rematik dan encok. Beberapa dari enzim tersebut diantaranya adalah flavonoid dan asam alami yang mampu mengurangi rasa sakit. Selain itu, kumis kucing juga menujukkan kemajuan dalam pengobatan radang sendi.

4. Mengatasi penyakit kulit

Saat di proses, kumis kucing diketahui menghasilkan kinyak. Dan minyak tersebut dikethui cukup efektif dalam mengobati berbagai infeki kulit. Minyak tersebut juga diketahui efektif untuk mengatasi kulit kasar, kulit kering dan permsalahan kulit lainnya.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Kumis kucing diketahui terdiri dari berbagai jenis senyawa seperti fenol dan asam caffenic. Senyawa tersebut diketahui mampu mencegah pertumbuhan bakteri, sehingga dipercaya baik dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan luka, memar dan berbagai masalah infeksi lainnya.

6. Mengontrol gula darah

Manfaat daun kumis kucing juga baik untuk penderita diabetes. Beberapa penelitian ilmiah melaporkan bahwasannya kumis kucing secara efektif mampu megatur kadar glukosa darah. Dengan demikian, mampu mengendalikan diabetes secara efisien. Hanya sebelum memanfaatkan herbal ini, Ada baiknya Anda konsultasi terlebih dahulu dengan ahli.

7. Mengatasi sesak napas

Manfaat daun kumis kucing juga diketahui mampu mengobati sesak napas dan masalah pernpasan lainna. Seperti halnya asma dan batuk. Hanya saja baik untuk diperhatikan dalam memanfaatka ramuan ini adalah dosisnya yang harus diperiksa secara hati-hati sebelum dikonsumsi. Karena mengonsumsi dengan dosis berlebihan bisa mendatangkan efek bahaya bagi tubuh.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi dari ramuan herbal kumis kucing di percaya bagus untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini tentunya sanga baik bagi Anda penderita hipertensi atau penyakit darah tinggi.

Selain daripada beberapa manfaat diatas, tanaman kumis kucing baik untuk kesehatan rahim, untuk mengatasi masalah lambung, batu empedu, gonore, haid, alergi, kejang bahkan diduga memiliki manfaat untuk kecantikan seperti dalam menghilangkan jerawat.

Bagaimana cara mengolah kumis kucing untuk obat?

Pada dasarnya, bagian tanaman kumis kucing yang sering dimanfaatkan unjtuk dijadikan obat herbal adalah bagian daunnya. Untuk cara mengolahnya sendiri cukup dengan merebus beberapa lembar daun kumis kucing dengan beberapa gelas air hingga menysut setengahnya.

Selain dari pada itu, Anda bisa juga menambahkan herbal lainnya sesuai kebutuhan. Seperti halnya meniran, keji beling, jahe, sambiloto dan herbal lainnya. Untuk penggunaan tanaman obat ini lebih jelasnya bisa Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan agar bisa terhindar dari kemungkinan efek samping yang dapat muncul.

Nah itulah sederet manfaat kumis kucing bagi kesehatan selain dipercaya efektif mengobati batu ginjal. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk kesehatan Anda dan keluarga. Salam sehat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close