Parenting

Selain Garam, Ini 5 Pantangan Makanan Darah Tinggi Yang Perlu Dihidari

Selain garam, ternyata masih ada beberapa jenis makanan lainnya yang perlu dibatasi bahkan dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Karena mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang tidak terjaga dengan baik, maka dapat berpotensi memperburuk kondisi masalah kesehatan yang diderita. Lalu, apa saja pantangan makanan bagi penderita darah tinggi yang harus dihindari? Selengkapnya simak dalam ulasan berikut.

pantangan makanan darah tinggi

Tak sedikit orang yang mengabaikan jumlah kalori di dalam setiap makanan yang ia konsumsi. Tak hanya dapat mempersulit untuk meraih berat yang ideal, hal tersebut juga dapat berdampak buruk terhadap mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Padahal memiliki berat badan ideal atau mengurangi berat badan bagi seseorang yang memiliki berat badan berlebih dapat membantu Anda dalam mengontrol tekanan darah.

Berbagai jenis pantangan makanan bagi penderita darah tinggi

Garam merupakan salah satu pantangan darah tinggi yang perlu diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan didalamnya mengandung natrium, yang mana apabila kadarnya meningkat dalam darah, maka dapat mempengaruhi tekanan darah. Sehingga, bagi seseorang yang menderita hipertensi disarankan untuk tidak mengonsumsi natrium lebih dari 1500 gr dalam per hari.

Namun selain membatasi garam dan kalori, masih terdapat beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat meningkatkan tekanan darah apabila dikonsusi sehingga perlu dihindari oleh penderita hipertensi. Diantaranya sebagai berikut.

1. Makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans

Makanan yang satu ini merupakan musuh utama yang mana menjadi pantangan darah tinggi. Beberapa jenis makanan yang kaya akan lemak jenuh adalah kulit ayam, daging merah, mentega dan susu tinggi lemak. Dan jenis makanan apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak, maka dapat memperburuk kondisi tekanan darah tinggi.

diketahui dapat meningkatkan kandungan LDL atau kolesterol jahat. Bahkan melonjaknya kadar kolesterol jahat dapat menjadikan penderita tekanan darah tinggi dan memperburuk keadaan tekanan darahnya dan lebih rentan terkena penyakit jantung koroner.

2. Makanan dalam kemasan

Tahukah Anda, pizza yang dibeli dalam kemasan beku biasanya lebih beresiko lantaran ditambahkan garam yang lebih banyak dibanding pizza yang langsung disantap. Dan seperti yang kita tahu, bahwasannya garam mengandung natrium yang cukup tinggi apabila dikonsumsi secara berlebih pada penderita darah tinggi.

Selain itu, makanan kemasan lainnya yag perlu diperhatikan konsumsinya adalah sup dan saus dalam kemasan. Dalam satu kaleng sup kemasan sendiri diketahui mengandung natrium 900-2000 mg. Maka dari itu, khusus vagi Anda yang tengah mengalami tekanan darah tinggi disarankan untuk mengonsumsi sup atau sus rendah garam, yang mana dibuat sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan segar.

3. Kopi dan minuman berkafein lainnya

Tak hanya makanan, ada juga beberapa jenis minuman yang pantang dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Diantaranya seperti kopi, teh dan juga soda. Ketiga jenis minuman tersebut diketahui mengandung kafein yang cukup tinggi dan memiliki kontribusi buruk khususnya untuk hipertensi.

Kafein sendiri merupakan salah satu zat yang mampu menaikan tekanan darah secara sementara. Maka dari itu, penderita hipertensi perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, apakah perlu membatasi jenis minuman ini atau tidak. Meski begitu, Anda sebaiknya perlu membatasi minuman tersebut hanya 200 mg perharinya. Jumlah tersebut setara dengan secangkir kopi racik dengan kapasitas 355 ml.

4. Acar sayuran

Makanan pantangan darah tinggi lainnya adalah acar sayuran. Ya, makanan yang satu ini agar tahan lama dan enak biasanya diberi garam berlebih. Dan tentu saja, kandungan garam berlebihan dapat berakibat buruk untuk kesehatan penderita hipertensi. Dan sebagai langkah antisipasi, Anda memilih acar yang mengandung garam dibawah 100 mg.

5. Makanan pantangan lainnya

Selain daripada berbagai jenis pantangan makanan yang telah dipaparkan diatas, masih ada beberapa pantangan makanan dan minuman lainnya yang perlu dibatasi oleh penderita darah tinggi. Diantaranya seperti alkohol dan makanan yang mengandung alkohol (seperti tape dan durian), msg, kecap, terasi, makanan dan minuman dalam kaleng serta makanan yang diawetkan.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait pantangan makanan darah tinggi. Anda juga berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan rekomendasi makanan penurun darah tinggi yang tepat. Selain menghindari berbagai pantangan makanan diatas, penderita darah tinggi juga disarankan untuk tetap berolahraga secara teratur, menurunkan berat badan berlebih serta dapat mengelola stres dengan baik. Karena salah satu kunci guna memelihara tekanan darah tetap stabil ialah dengan menjalani gaya hidup sehat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close