Parenting

Selain Gula, Ini 4 Pantangan Makanan Bagi Penderita Diabetes

Apabila Anda kini telah didiagnosis menderita diabetes, maka terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari. Hal tersebut karena berbagai jenis makanan berikut diketahui mampu membuat lonjakan kadar gula darah Anda semakin tinggi. Untuk itu, ketahui dan pahami apa saja pantangan makanan bagi pasien diabetes dalam ulasan berikut.

pantangan makanan bagi penderita diabetes

Siapa yang tak kenal dengan diabetes. Penyakit kronis yang satu ini telah menjadi proporsi epidemi antara dewasa dan remaja di seluruh dunia. Apabila masalah kesehatan ini tidak dapat terkontrol dengan baik, maka sejumlah komplikasi serius dapat mengancam seperti penyakit jantung, ginjal, kebutaan dan berbagai komplikasi lainnya. Sehingga banyak faktor yang perlu diperhatikan oleh penderita diabetes, salah satunya seperti makanan.

Terdapat beberpa jenis makanan sehat yang baik bagi penderita diabetes ada juga sebaliknya, yang tentunya perlu dipahami oleh diabetesi. Karena apabila makanan yang dikonsumsi salah, selain mampu meningkatkan kadar gula darah juga mampu meningkatkan peradangan yang dapat menambah resiko penyakit komplikasi.

Pantangan makanan bagi penderita diabetes yang perlu di batasi dan dihindari

Mungkin sebagian besar dari pada Anda hanya mengetahui gula dan makanan yang manis sebagai makanan yang harus dibatasi bahkan dihindari oleh penderita diabetes. Sebab gula menjadi penyebab utama terjadinya lonjakan tajam terhadap glukosa dalam darah dalam tubuh. Selain dari pada itu, masih terdapat berbagai jenis makanan lainnya yang pantang bagi penderita diabetes. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Makanan yang terbuat dari karbohidrat olahan

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwasannya karbohidrat merupakan sumber energi untuk melakukan berbagai aktivitas setiap hari. Namun tidak semua jenis makanan karbohidrat baik bagi penderita diabetes. Seperti karbohidrat olahan yang harus dihindari oleh penderita diabetes.

Makanan yang terbuat daripada karbbohidrat olahan diketahui mengandung gula tambahan yang mampu menyediakan energi, akan tetapi hanya mengandung sedikit nutrisi. Dia ntaranya seperti permen, keripik serta makanan lainnya dengan tambahan gula, tepung putih dan sereal.

2. Buah kering

Buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Namun pada saat buah dikeringkan, buah yang di dehidrasi atau dihilangkan kadar airnya menyebabkan bertambahnya kadar gula juga karbohidrat yang terdapat didalamnya. Bahkan beberapa jenis buah kering seperti halnya manisan mengandung banyak gula tambahan.

Maka dari itu, sebaiknya penderita diabetes memilih untuk mengonsumsi buah segar dibanding buah kering. Selain rendah gula, beberapa jenis buah segar juga dapat memberikan sejumlah manfaat untuk Anda disamping mampu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

3. Makanan berlemak

Lemak yang dimaksud disini adalah lemak trans atau lemak yang tidak baik bagi tubuh. berbeda halnya dengan lemak yang menyediakan asam lemak esensial yang merupakan bagian integral dari makanan sehat dan seimbang. Lemak trans sendiri bayak ditemukan dalam berbagai jenis makanan seperti slai kacang, margarin, krim, gorengan, kerupuk serta makanan yang memakai pengawaet untuk memperpanjang umur simpan.

Meski lemak trans tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara langsung, namun lemak ini sering kali dikaitkan dengan peningkatan peradangan, resistensi insulin juga lemak perut, menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) hingga mengganggu fungsi arteri.

4. Makanan yang mengandung protein tertentu

Protein sejatinya dapat membantu tubuh dalam membangun, memelihara serta mengganti jaringan. Selain itu, organ tubuh, otot serta sistem kekebalan juga terdiri dari protein. Hanya saja tubuh mampu memecah protein menjadi gula, namun proses tersebut kurang efeisien dibanding memecah karbohidrat. Dan layaknya seperti karbohidrat, penderita diabetes juga perlu berhati-hati dalam memilih sumber protein.

Adapun sumber protein yang perlu dihindari oleh penderita diabetes adalah daging merah, daging olahan, unggas dengan kulit serta ikan goreng. Sementara protein yang mana bagi pen derita diabetes diantaranya ialah kacang-kacangan, tahu dan telur.

Baca juga: 5 Cara Alami Mengatasi Diabetes Yang Mudah Dilakukan Sehari-hari

Nah itulah sejumlah pantangan makanan bagi penderita diabetes yang sebaiknya dibatasi bahkan dihindari. Hal ini tentunya sangat berarti bagi kesehatan Anda, agar kadar gula darah tetap normal. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat. Salam sehat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close