Manfaat

Selain Lezatkan Masakan, Ini 6 Manfaat Daun Basil Untuk Kesehatan

Apakah Anda sebelumnya sudah pernah mencicipi daun basil? Bagi Anda yang pernah, mungkin Anda menemukan jenis daun yang satu ini sebagai pelengkap dalam berbagai hidangan masakan. Namun ternyata tak cukup sampai disitu, daun basil juga ternyata merupakan salah satu tanaman obat herbal yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. Lalu, apa saja manfaat daun basil? Ketahui kandungan beserta khasiatnya hanya dalam ulasan berikut.

Mengenal daun basil dan kandungan didalamnya

manfaat daun basil

Daun basil (ocimum basilicum) merupakan sejenis tanaman herbal yang sering kali ditemui di Asia dan Afrika. Tanaman yang masih satu keluarga dengan daun mint dan daun kemangi ini dapat Anda temukan dalam beberapa jenis. Diantaranya yakni sweet basil, lemon basil, holy basil serta thai basil.

Adapun dalam dunia kuliner, daun basil sering kali digunakan sebagai garnis untuk menambah kelezatan serta aroma makanan agar menjadi lebih nikmat. Selain itu, daun basil juga terkenal sering kali dimanfaatkan sebagai obat herbal lantaran kandungan gizi dan nutrisi didalamnya yang begitu tinggi. Adapun berbagai kandungan senyawa alami didalam daun basil diantaranya ialah vitamin A, C dan K, kalsium, iron, mangan, kalsium serta potasium.

Tanaman herbal yang satu ini juga diketahui memiliki berbagai sifat seperti antiinflamasi, antibakteri, antioksidan hingga antikanker. Dan semua kandungan tersebut tentunya memiliki efektivitas yang menjadikan daun basil dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Khasiat dan manfaat daun basil untuk kesehatan yang perlu diketahui

Pada dasarnya, daun basil diketahui memiliki kesamaan bentuk, rasa serta aroma dengan daun kemangi. Hanya saja daun basil memiliki tekstur yang lebih tebal dari pada daun kemangi. Adapun berbagai khasiat daun basil untuk kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengobati penyakit peradangan

Agen antiinflamasi atau antiperadangan yang terdapat dalam daun basil ini diketahui dapat membantu mengatasi berbagai penyakit peradangan. Diantaranya seperti demam, flu, sariawan serta radang sendi. Bahkan menurut suatu penelitian, senyawa antiinflamasi yang terdapat didalam daun basil ini mampu mengatasi berbagai penyakit peradangan lainnya secara efektif. Hanya saja penelitian ini membutuhkan penelitian lebih lanjut.

2. Mencegah kanker

Menurut beberapa penelitian, menyebutkan bahwasannya daun basil memiliki efek antikanker yang berasal dari kandungan antioksidan didalamnya. Selain itu, holy basil atau ocimum sanctum L merupakan salah satu jenis basil yang memiliki kandungan phytochemical. Dimana kandungan tersebut terdiri dari eugenol, asam rosmarinic, apigenin hingga asam carsonic yang tak lain ialah substansi yang dibutuhkan guna mencegah kanker kulit, hati, mulut hingga paru.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Tak hanya menjadi garnis untuk mempercantik makanan. Apabila daun basil dikonsumsi maka bisa menenangkan perut agar tidak terasa sakit pada saat mengonsumsi makanan tertentu. Bahkan mengonsumsi satu setengah sendok teh daun basil dipercaya mampu membantu masalah pencernaan hingga mengurangi efek terlalu kenyang atau begah di perut.

4. Mengobati batuk dan pilek

Di beberapa kalangan masyarakat, tanaman yang satu ini sering kali dimanfaatkan sebagai teh herbal untuk mengobati batuk dan pilek secara tradisional. Efek menenangkan dan menghangatkan tubuh menjadikan tanaman ini diyakini mampu menyembuhkan penyakit umum tersebut.

5. Membantu mengurangi depresi

Tak sedikit daripada studi yang menyatakan, bahwasannya kandungan alami yang terdapat dalam daun basil mampu membantu menangani masalah kesehatan mental seperti stres psikologi, stres mental hingga gejala depresi. Selain itu, tanaman ini juga dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan.

6. Membantu mencegah penuaan dini

Menurut penelitian dari British Pharmaceutical Conference (BPC) di Manchester, manfaat daun basil lainnya ialah mampu mencegah efek penuaan dini. Lagi-lagi jenis holy basil memiliki kandungan efektif guna mencegah radikal bebas di organ tubuh penting. Seperti halnya hati, otak serta jantung.

Penelitian lainnya juga menyatakan bahwasannya kandungan antioksidan dalam daun basil juga efektif untuk mencegah penuaan dini. Bahkan daun ini telah sejak lama digunakan dalam pengobatan ayurvedic atau pengobatan tradisional di India.

Nah itulah berbagai manfaat daun basil yang melimpah bagi kesehatan. Selain dikonsumsi langsung sebagai garnis atau dihidangkan sebagai teh herbal, tanaman ini juga telah banyak diolah sebagai minyak daun basil. Dimana juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, mulai dari mengatasi pegal linu, menjaga kesehatan gigi dan mulut hingga mengatasi rambut berminyak. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close