Manfaat

Selain Menambah Nafsu Makan, Ini 8 Manfaat Temu Ireng Bagi Kesehatan

Salah satu manfaat temu ireng yang terkenal adalah mampu meningkatkan nafsu makan. Selain dari pada itu, ternyata masih banyak lagi khasiatnya yang bisa Anda dapatkan dari tanaman obat ini. Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai herbal yang satu ini, kami harap Anda tidak melewatkan untuk menyimak ulasan berikut.

Sedikit mengenal lebih dekat temu ireng dan kandungan didalamnya

manfaat temu ireng

Masyarakat telah mengenal temu ireng sebagai salah satu jenis tanaman obat tradisional. Sehingga tak jarang tanaman ini dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk membuat ramuan obat alami. Tanaman yang memiliki nama latin curcuma aeruginosa ini masih tergolong ke dalam famili zingiberaceae. Di Indonesia sendiri tanaman ini memiliki banyak nama lokal di beberapa daerah. Diantaranya seperti temu hitam, temu erang dan juga temu lotong.

Adapun ciri-ciri dari tanaman ini adalah daunnya yang berwarna lembayung serta warna bunganya yang berwarna magenta. Didalamnya terkandung berbagai senyawa fitomikia yang diduga baik untuk kesehatan. Diantaranya seperti:

  • Minyak atsiri, yang terdiri dari kurzerenon, mnoterprn dan eskuiterpen
  • Kurkumin
  • Saponin
  • Damar
  • Zat pati
  • Kordione
  • Renmin
  • Tannin
  • Mineral
  • Germakrene
  • Lemak

Selain dari pada itu, temu ireng juga diketahui memiliki sejumlah efek farmakologis. Diantaranya seperti stomakik, antikoagulan, karminatif, peluruh dahak (ekspektoran), anhelmintik, antibacterial, antiradang, pelindung hati, antineoplatik (melawan kanker) dan juga antibiotik.

Khasiat dan manfaat temu ireng bagi kesehatan selain meningkatkan nafsu makan

khasiat temu ireng

Temu ireng dikenal memiliki rasa yang pahit layaknya brotowali, sehingga pengolahnnya biasanya dicampur dengan madu atau bahan alami lainnya untuk menetralisir rasa pahit tersebut. Adapun salah satu khasiat temu ireng atau temu hitam yang populer adalah mampu meningkatkan nafsu makan. Caranya yakni dengan mengonsumsi air rebusannya. Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dari tanaman obat ini bagi kesehatan. Diantaranya adalah:

1 . Mengobati malaria

Salah satu cara tradisional mengobati penyakit yang tularkan oleh nyamuk anopheles ini yakni dngan memanfaatkan temu ireng. Caranya, siapkan terlebih dahulu 20 gr temu ireng, 60 gr daun pepaya serta 2 jari brotowali. Rebus semua bahan dengan 500 ml air sampai airnya berkurang setengahnya. Tambahkan 1 sdm ke dalamnya. Konsumsi air remusan temu ireng ini 1 gelas dua kali sehari

2. Menurunkan kolesterol tinggi

Manfaat temu ireng untuk kolesterol tinggi juga patut untuk di perhatungkan. Untuk cara pengolahannya, Anda bisa rebus 25 gr temu hitam juga 15 gr daun dewa bersama 500 ml air, hingga airnya berkurang setengah nya. Konsumsi ramuan ini dengan rutin, yakni di pagi dan petang hari.

3. Meredakan nyeri haid

Rasa nyeri atau sakit saat haid juga ternyata bisa dikurangi dengan mengonsumsi ramuan temu ireng lho. Untuk caranya, terlebih dahulu Anda siapkan temu hitam, kencur dan juga kunyit dengan takaran masing-masih bahan 20 gr. Selain itu, sediakan juga 2 ruas asam jawa. Rebus kesemua bahan tersebut bersama 600 ml air hingga hanya tersisa 200 ml saja. Minum ramuan ini selagi hangat.

4. Mengobati penyakit kulit

Temu hitam juga diyakini mampu mengobati berbagai macam penyakit kulit, seperti kurap, kudis dan borok. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyiapkan temu ireng seukuran jari jempol tangan dan tumbuk sampai lumat. Setelah itu campurkan dengan minyak kelapa, dan balurkan pada bagian kulit yang bermasalah.

5. Mengobati cacingan

Apabila Anda mengalami infeksi cacing ascaridia galli, maka cara alami untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan tanaman temu ireng. Caranya, siapkan terlebih dahulu 25gr temu ireng, 5 helai sirih dan 5 gr bangle, 4 biji pinang serta 5 biji ketumbar. Rebus kesemua bahan dengan air secukupnya hingga tersisa setengahnya.

6. Mengobati batuk dan sesak napas

Tak sedikit faktor yang menyebabkan batuk. Apabila Anda kini tengah mengalami kondisi terebut, salah satu obat tradisional yang bisa Anda gunakan adalah temu hitam. Untuk caranya, siapkan terlebih dahulu temu ireng atau temu hitam dan kencur, masing-masing sebanyak 25 gr. Siapkan juga jinten, adas dan pulosari masing-masing dengan takaran 5 gr. Rebus kesemua bahan tersebut dengan air secu kupnya hingga mendidih atau sampai tersisa setengah airnya. Minum ramuan ini selagi masih hangat.

7. Mengatasi kebotakan

Memanfaatkan temu ireng dan monoxidil dipercaya mampu mengurangi kebotakan dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Penggunaan herbal ini juua terbukti tidak menimbulkan efek samping apapun pada rambut juga kulit kepala. Caranya cukup mengoleskan ekstrak temu ireng dan monoxidil ke kulit kepala layaknya keramas.

8. Mengobati wasir

Wasir atau ambeien merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan karena gaya hidup tidak sehat, yakni kurang asupan serat. Nah salah satu cara mengobati wasir secara tradisional yang di percaya efetif adalah dengan memanfaatkan temu ireng. Caranya, cukup parut dan peras rimpang temu ireng. Setelah itu, campur airnya dengan kuning telur, kemunian minum di pagi hari.

Khasiat lainnya dari temu hitam

Selain daripada berbagai manfaat temu hitam atu temu ireng yang telah kami sampaikan diatas, masih banyak lai manfaat lain dari tanaman temu ireng ini. Seperti baik untuk paru-paru, ginjal, mengobati diabetes dan penyakit maag. Mengonsumsi 2-3 kali seminggu air rebusan temu ireng juga di percaya mampu membantu Anda membersihkan diri dari racun juga toksin yang masuk ke dalam tubuh serta membantu menjaga kesehatan hati dalam jangka panjang.

Bahkan konon mengonsumsi ramuan temu ireng secara teratur juga baik untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan keluhan kulit kusam, lantaran keluhan toksin yang cukup tinggi, sehingga bisa berpengaruh terhadap kecantikan kulit. Tak hanya untuk manusia, manfaat temu ireng juga diketahui memiliki sejumlah manfaat untuk hewan. Terlebih untuk ayam aduan atau ayam laga, ayam bangkok, lovebird dan hewan ternak seperti sapi.

Nah itulah informasi terkait manfaat temu ireng bagi kesehatan. Hal yang perlu Anda catat disini, bahwasannya herbal ini hanya bertindak sebagai terapi penunjang dan pencegahan, dan bukan untuk penyembuhan penyakit. Jika perlu Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatn sebelum mengonsumsi herbal ini. Guna mempertimbangkan dosis dan cara pakai lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Salam sehat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close