Manfaat

Selain Menyegarkan, Ini 9 Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan

Tak hanya menjadi pelepas dahaga, manfaat daun cincau yang sering kali diolah menjadi minuman segar yang disajikan bersama gula merah, santan dan parutan es batu ini, ternyata memiliki kebaikan untuk kesehatan dan pengobatan. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja manfaatnya, Anda sebaiknya simak ulasan dari tim herbal TV berikut.

manfaat daun cincau

Mungkin Anda tak asing lagi dengan daun cincau. Hal tersebut karena tanaman ini dapat dengan mudah ditemukan tumbuh dengan liar di pekarangan rumah. Bagi masyarakat Indonesia, daun cincau hijau maupun daun cincau hitam tak hanya diolah sebagai minuman menyegarkan melainkan juga digunakan seagai pengobatan tradisional beragam jenis penyakit.

Khasiat dan manfaat daun cincau bagi kesehatan

Cincau sediri diketahui mengandung zat klorofil yang tinggi pada bagian daunnya. Zat tersebut diketahui mampu meredakan peradangan yang diakibatkan oleh bakteri maupun kuman pada bagian tertentu. Adapun khasiat daun cincau selengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan antioksidan yang melimpah dalam daun cincau juga berkhasiat utuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, daun ini juga efekif guna menangkal radikal bebas hingga kanker.

2. Mencegah kanker

Di dalam daun cincau terkandung sifat antioksidan alami. Kandungan antioksida sendiri sangat ibutuhkan oleh tubuh guna menangkal serangan radikal bebas yang menyerang sel-sel tubuh Salah satunya seperti kanker yng mana notabennya sebagai penyakit mematikan di Dunia.

3. Melancarkan peredaran darah

Tak hanya mengandung antioksdan, didalam daun cincau juga terkandung senyawa klorofil lho. Senyawa ini berperan sebagai antibiotik untuk menangkal virus serta polutan dalam tubuh. Misal yang menganggu peredaran darah juga aliran darah.

4. Mengobati sakittenggorokan

Daun cincau yang digunakan dalam pembuatan minuman cincau mengandung kalsium, fosfor juga mineral yang sangat berguna untuk melegakan tenggorokan. Salah satunya untuk mengobati sakit tenggorokan.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Mengonsumsi daun cincau secara teratur juga bisa melancarkan sistem pencernaan. Hal tersebut karena didalamnya diketahui mengandung serat yang cukup tinggi. Maka dari itu, apabila Anda kini tengah mengalami masalah pencernaan seperti sembelit atau sulit BAB maka Anda bisa mencoba untuk mengatasinya dengan mengonsumsi cincau hijau.

6. Mengobati diare

Tanaman herbal yang satu ini juga diketahui kaya akan kandungan vitamin B, yang mana sangat bermanfaat guna melawan bakteri penyebab diare. Sifat yang mendinginkan dimilikinya mampu membantu meredakan sakit perut.

7. Mengatasi tekann darah tinggi

Khasiat daun cincau lainnya juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi terlebih pada penderta hipertensi. Khasiat ini diketahui dengan kandungan kalium serta serat yang tinggi didalamnya. Untuk caranya, Anda bisa mengonsumsi rebusan daun cincau secara rutin untuk mendapatkan hasil yang efektif.

8. Menurunkan demam

Daun cincau juga diketahui memiliki banyak kandungan lainnya seperti polifenol, alkaloid, saponin dan fosfor. Berbagai kandungan tersebut diketahui baik untuk meredakan demam. Untuk itu, mengonsumsi rebusan daun cincau juga mampu mengatasi tubuh yang tengah mengalami demam tinggi.

9. Merdakankan yeri otot

Jika Anda tengah mengalami masalah pada otot seperti otot pegal, otot kaku dan nyeri otot, Anda bisa memanfaatkan herbal yang satu ini. Hal tersebut dikarenakan daun ini dikethui mengandung dimetil kurin-1 dimetoidida yang mana berkhasiat untuk mengatasi gangguan pada otot. Untuk caranya, Anda bisa menumbuk daun ini kemudian tempelkan pada bagian otot yang terasa nyeri atau Ada juga bisa meminum air rebusannya.

Nah itulah berbagai manfaat daun cincau bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat daun cincau lainnya. Diantaranya seperti bersifat antiiflamasi, mencegah osteoporosis, baik untuk asam lambung, diabetes, kolesterol tinggi hingga baik untuk kecantikan wajah. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close