Manfaat

Selain Untuk Mulut, Ini 10 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat daun dirih mungkin sudah cukup sering didengar oleh masyarakat. Bahkan orang tua dulu sering kali mengunyahnya secara langsung, yang diduga kuat memiliki kebaikan untuk mulut. Lalu, sebenarnya apa saja manfaat daun sirih bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui? Simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut.

Mengenal daun sirih dan kandungan didalamnya

manfaat daun sirih

Daun sirih (piper betle) merupakan daun yang termasuk ke dalam keluarga tanaman piperaceae. Baik daun sirih merah maupun hijau diketahui memiliki rasa yang kuat, menyengat dan juga beraroma khas. Tumbuhan ini telah banyak di budidayakan di banyak negara. Mulai dari Indonesia, filipina, Afrika timur, srilanka, Malaysia dan India. Bahkan jauh sebelumnya, daun sirih telah dimanfatkan di India sebagai obat herbal sejak 400 SM.

Daun sirih diketahui termasuk tanaman yang mengandung banyak air. Dan sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air. Dan karena itulah, daun sirih juga tergolong tumbuhan yang rendah lemak. Selain itu, didalamnya juga terkandung sejumlah nutrisi senyawa alami yang baik bagi kesehatan. Dan didalam 100gr daun sirih mengandung:

  • Protein ……………………………………………… 3%
  • Iodin …………………………………………………. 3,4 mcg
  • Sodium …………………………………………….. 1,1-4,6%
  • Vitamin A …………………………………………. 1,9-2,9 mg
  • Asam nikotinat ………………………….…….. 0,63-0,89 mg
  • Vitamin B1 ……………………………………….. 13-70 mcg
  • Vitamin B2 ……………………………………….. 1,9-30 mcg

Dan yang tak kalah penting dari berbagai kandungan alami diatas, daun sirih juga diketahui mengandung vitamin C, vitamin B3, minyak atsiri serta komponen kimiawi lainnya seperti minyak sirih dan chavicol, betelphenol, eugenol, terpene dan campene. Dan berbagai komponen kimiawi tersebutlah yang mana mampu dimanfaatkan sebagai obat, perawatan hingga menyembuhkan berbagai keluhan kesehatan.

Khasiat dan manfaat daun sirih yang perlu diketahui

Berikut adalah berbagai manfaat daun sirih hijau maupun merah yang ternyata memiliki kebaikan melimpah bagi kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan kesehatan mulut

Salah satu penyebab infeksi dan karies gigi adalah karena adanya pantogen didalam mulut. Nah, untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa mengunyah daun sirih. Adapun daun sirih sendiri telah sejak lama populer digunakan sebagai penyegar mulut dan bisa digunakan sebagai pengganti obat guna mengobati infeksi mulut atau gigi.

Selain dari pada itu, daun sirih juga dipercaya mampu mencegah timbulnya karies gigi dengan menghambat produksi asam, membantu menyegarkan nafas hingga memperkuat gigi dan gusi agar terhindar dari pendarahan. Selain mengunyahnya, Anda juga bisa menjaga kesehatan mulut menggunakan daun sirih dengan cara berkumur setiap pagi dan malam dengan satu tetes minyak daun sirih yang telah dicampur dengan satu cangkir air hangat.

2. Mengobati diabetes

Daun sirih diketahui mampu mengurangi kadar glukosa secara menyeluruh dalam darah, yang mana kondisi ini sangat baik bagi penderita diabetes tipe 2. Selain itu, mengonsumsi daun sirih juga dipercaya mampu mencegah terjadinya penumpukan radikal bebas hingga menjaga imunitas tubuh penderita diabetes.

Tak cukup sampai disitu, daun sirih juga diketahui mampu mempercepat proses penyembuhan luka, yang mana tak jarang menjadi masalah bagi penderita diabetes tipe 1. Hal tersebut karena didalamnya terkandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Caranya, cukup dengan mengoleskan ekstrak daun sirih diatas permukaan kulit yang terluka. Daun sirih kemudian akan merangsang produksi kolagen guna meregenerasi jaringan kulit.

3. Mengurangi gejala asma

Asma merupakan salah satu penyakit pernapasan yang dipicu akibat peradangan. Dan salah satu untuk mengobati hingga mencegah gejalanya kambuh adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Hal tersebut dikarenakan didalamnya terkandung sifat antioksidan dan antiinflamasi yang cukup kuat.

Selain dari pada itu, penelitian juga telah menemukan bahwa didalam daun sirih tedapat aktivitas antihistamin yang mana mampu menurunkan kasus asma bronkial. Adapun minyak sirih dan polifenol yang terdapat dalam daun sirih juga mengandung antiiflmasi yang mampu meredakan gejala asma.

4. Mengatasi asam lambung

Tak hanya baik untuk kesehatan mulut, mengunyah daun sirih juga diketahui mampu mengobati radang atau asam lambung. Penyakit asam lambung sendiri tak jarang ditandai dengan mengalami nyeri pada ulu hati atau mengalami sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

Adapun daun sirih sendiri diketahui mampu menghambat lesi lambung, meningkatkan produksi lendir lambung (faktor penting yang dapat melindungi lambung dari agen penyebab maag) hingga mengurangi sekresi asam lambung. Hal tersebut berkat kandungan fitokimia dan polifenol yang ada dalam daun sirih memiliki sifat antioksidan juga anti-ulserogenik yang mampu melindungi lapisan dalam usus terhadap racun juga iritasi.

5. Membantu meredakan sembelit

Kandungan antioksidan dalam daun sirih juga dipercaya mampu membersihkan radikal bebas dalam tubuh yang kemudian mampu mengembalikan pH normal di perut. Dan untuk mendapatkan khasiat daun sirih untuk mengatasi sembelit ini, daun ini bisa diolah menjadi jus dan diminum dalam keadaan perut kosong guna membantu lancarkan saluran pencernaan.

6. Mengobati sakit punggung

Apabila Anda kini tengah menderita sakit punggung dan sakit pinggang, maka salah satu alternatif untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Caranya, cukup dengan memijat punggung atau pinggang dengan minyak maupun jus daun sirih yang sebelumnya telah dicampur dengan minyak kelapa murni. Hal tersebut juga diketahui mampu meredakan nyeri otot, kemerahan juga pembengkakan.

7. Mengobati mimisan

Daun sirih juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi hidung berdarah atau mimisan. Kandungan didalamnya dipercaya mampu menghentikan aliran darah. Caranya, cuku dengan memasukkan gulungan daun sirih segar ke dalam hidung yang tengah mengalami mimisan. Setelah itu, tunggu selama 30 menit hingga aliran darah terhenti.

8. Menurunkan kolesterol tinggi

Masalah kolesterol tinggi merupakan pemicu utama terjadinya resiko penyakit jantung dan stroke. Dan suatu penelitian menemukan, bahwasannya daun sirih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida sekaligus mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Cara kerjanya ialah, kadar kolesterol serta trigliserida tinggi akan di mobilisasi dari plasma ke hati. Setelah itu, akan dilihlangkan dalam bentuk asam dalam empedu.

9. Menjadi antiseptik alami

Kandungan dauan sirih yang kaya akan senyawa polifenol, terlebih chavicol mampu menjadi antiseptik alami luar biasa yang mampu menawarkan perlindungan ganda daripada kuman. Sehinga apabila diaplikasikan pada luka mampu membunuh kuman. Kandungan polifenol dalam daun sirih juga diketahui mampu mengurangi peradangan seperti radang sendi juga orkitis. Selain dari pada itu, kandungan minyak atrisi terdapat didalamnya memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi yang dipicu oleh bakteri.

10. Mampu menangkal kanker

Daun sirih juga diketahui mengandung sejumlah phytochemical (bahan kimia yang mampu tingkatkan kesehatan) dan memiliki manfaat untuk melawan kanker. Daun sirih juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik guna menetralkan radikal bebas guna menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus penyebarannya ke berbagai organ tubuh.

Misal, mengunyah daun sirih mampu mencegah kanker mulut lantaran menjaga asam askorbat dalam air liur. Untuk cara lainnya bisa dilakukan dengan meminum air rebusan daun sirih. Caranya cukup dengan merebus 10 hingga 12 lembar daun sirih selama beberapa menit, saring kemudian bisa ditambahkan madu.

Nah, itulah berbagai manfaat daun sirih untuk kesehatan. Selain daripada itu, masih banyak kegunaan daun sirih lainnya bagi kesehatan. Diantaranya seperti membantu mempercepat penyembuhan luka bakar, mengurangi gejala depresi, meningkatkan energi, mengatasi radang prostat, mengobati batuk, mengatasi ejakulasi dini hingga membantu mengatasi berbagai permasalahan wajah seperti menghilangkan flek hitam, jerawat dan berbagai masalah kulit lainnnya.

Bahkan tak sedikit juga yang menyatakan bahwa daun sirih baik untuk mata juga menjaga kebersihan area kewanitaan. Hanya saja hal tersebut perlu penelitian lebih banyak lagi. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat. Salam herbal!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close