Manfaat

Tak Disangka, 6 Manfaat Kencur Ini Begitu Luar Biasa Bagi Kesehatan

Tak sebatas menjadi rempah penyedak rasa dalam masakan, ternyata kencur juga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan lho. Tak heran apabila kencur sering dimanfaatkan menjadi minuman jamu yang menyehatkan badan ya. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, terus simak ulasan di herbal Tv berikut.

Sekilas mengenai kencur dan berbagai kandungan didalamnya

manfaat kencur

Siapa yang tak mengenal kencur. Salah satu bumbu dapur yang memiliki bentuk rimpang ini beraroma sangat harum. Dalam bahasa latin, tanaman ini disebut dengan kaempferia galanga, dimana masih termasuk ke dalam famili jahe (Zingiberaceae). Kencur sendiri diketahui banyak tumbuh di wilayah dengan iklim tropis dan sub tropis, termasuk banyak ditemukan di Indonesia.

Memiliki rasa yang khas, tumbuhan berkulit coklat dengan bagian dalam berwarna putih pucat ini sering kali digunakan untuk menambah kelezatan dalam olahan masakan. Namun ternyata tak hanya sampai disitu. Kencur juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan kencur memiliki berbagai kandungan senyawa alami diantaranya seperti:

  • Pati
  • Mineral
  • Etil ester
  • Borneol
  • Kamphene
  • Asam anisat
  • Paraeumarin
  • Alkaloid
  • Gom
  • etil p-metoksisinamat
  • p-metoksistiren
  • karen
  • borneol
  • Parafin

Selain dari pada itu, kencur juga mengandung minyak atsiri yang terdiri dari Asam metil kanil, penta dekaan, Asam sinamat dan sineol.

Khasiat dan manfaat kencur yang luar biasa bagi kesehatan

Masyarakat tiongkok sejak lama telah memanfaatkan kencur secara utuhsebagai terapi pengobatan alami untuk beragam penyakit. Diantaranya untuk mengatasi hipertensi, rematik, sakit kepala, sakit gigi, maag, nyeri dada dan perut hingga radang tumor. Dan berikut adalah berbagai manfaat dari kencur yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi batuk

Ramuan kencur yang dicampur dengan garam telah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat batuk berdahak tradisional. Ramuan ini sendiri di gadang-gadang mampu membuat pernapasan menjadi lebih lega dan juga meredakan batuk menjadi lebih cepat.

Selain menjadi obat batuk, herbal ini juga sering kali dikonsumsi oleh para penyanyi sebelum mereka tampil guna membantu menjaga kondisi pita suara sekaligus membuat tenggorokan menjadi terasa lebih lega.

2. Meredakan stres

Sebuah penelitian dilakukan dari Depaertement Farmasi Universitas Jahahgirnagar Bangladesh, berhasil menemukan khasiat dari kencur. Penelitian tersebut menunjukkan bahwasannya ekstrak tanaman kencur baik itu rimpang maupun akar dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sisrtem saraf pusat yang mampu memberikan efek sedtif atau menenangkan.

Hasil dari penelitian tersebut ikut menguatkan fakta seputar manfaat kencur untuk kesehatan sebagai efek sedatif yang signifikan. Hal tersebut juga yang menjadi alasan mengapa banyak orang memanfaatkan kencur sebagai obat tradisional guna mengurangi efek stres, cemas, gelisah juga depresi.

3. Mengobati diare

Penelitian lainnnya dilakukan oleh International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Science. Dari hasil penelitian tersebut terkuak hal menarik, yang menyebutkan bahwasannya kencur mengandung zat sitoksik dan antibakteri dalam jumlah yang cukup banyak.

Maka atas dasar itulah, kencur dipercaya bisa menjadi salah satu pilihan pengobatan untuk diare. Bahkan, hal tersebut juga dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan yang dibagi menjadi 2 kelompok. Keduanya diberikan minyak jarak untuk diminum guna menimbulkan diare. Dan faktanya, hewan yang menerima ekstrak kencur menujukkan tanda-tanda atau gejala diare yang lebih ringan, bahkan berangsur menghilang.

4. Mencegah terjadinya karies gigi

Kandungan sifat antimikroba yang terdapat didalam kencur juga ternyata memiliki khasiat yang cukup menakjubkan. Kandungan tersebut diketahui mampu menghambat perkembangan bakteri lactobacillus acidophilus didalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan apabila bakteri tersebut dibiarkan berkembang biak, maka dapat memicu keruksakan gigi, seperti halnya karies gigi.

5. Menambah nafsu makan

Khasiat kencur lainnya dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan. Ini sangat cocok untuk Anda yang kini tengah ingin menurunkan berat badan. Caranya, Anda bisa mengonsumsi jamu tradisional beras kencur secara rutin.

Beras kencur sendiri merupakan ramuan tradisional dari nenek moyang yang terbuat dari beras, kencur, asam jawa dan gula merah. Selain mampu meningkatkan nafsu makan, ramuan beras kencur juga dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan, sakit perut, pilek, sakit kepala hingga sesak napas.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Selain mengolahnya menjadi jamu beras kencur, Anda bisa mengolah menjadi kencur shot. Dimana, ramuan ini dipercaya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Kencur shot sendiri merupakan perpaduan manfaat kencur dan jahe. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan perasan air lemon atau jeruk nipis yang dipadukan dengan madu, untuk membantu menetralkan rasa minuman ini.

Nah itulah berbagai manfaat kencur yang luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia. Selain baik untuk kesehatan, kencur juga memiliki berbagai khasiat untuk kecantikan. Diantaranya mencerahkan warna kulit, mengencangkan kulit, mencegah penuaan, mengurangi minyak berlebih di wajah hingga menghilangkan jewarat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close