Manfaat

Tak Hanya Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan!

Apabila Anda mendengar kata kolang-kaling, mungkin Anda akan langsung membayangkan betapa segarnya buah ini apabila dimakan dengan sirup ataupun sebagai campuran kolak. Namun ternyata tak hanya segar, kolang kaling juga ternya menyimpan banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat kolang kaling? selengkapnya simak dalam ulasan berikut.

Mengenal kolang kaling dan kandungan didalamnya

manfaat kolang kaling

Kolang kaling atau yang juga sering disebut dengan buah ata, merupakan biji dari pada pohon aren (Arenga pinnata). Sebelum menjadi produk kolang kaling, biji ini biasanya diolah terlebih dahulu dengan cara di rebus juga di rendam dalam air kapur selama beberapa hari untuk menghilangkan getah yang terkandung didalamnya.

Di Indonesia sendiri, kolang-kaling sering kali disantap sebagai campuran dalam aneka hidangan pencuci mulut, di buat manisan, menjadi campuran sirup hingga kolak. Sehingga tak heran apabila buah ini mudah di temukan terutama di bulan Ramadhan seperti sekarang. Namun tahukah Anda, dibalik kesegaran yang dimilikinya, berbagai penelitian yang telah dilakukan menunjukkan, bahwasannya kolang-kaling mengandung berbagai nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh. Setidaknya dalam 100 gr kolang-kaling terkandung:

  • 1,6 gr serat
  • 91 mg kalsium
  • 0,4 gr kalsium
  • 6 gr karbohidrat
  • 243 fosfor
  • 0,5 zat besi
  • 0,2 gr lemak
  • 27 kkal kalori
  • 0,4 gr protein

Selain dari pada itu, didalamnya juga terkandung antioksidan, vitamin C, menjadi sumber vitamin B (vitamin B7&B9), vitamin K serta mengandung banyak air yang baik untuk tubuh. Dan dari penelitian yang telah dilakukan diketahui, bahwasannya nuah kolang kaling yang bertekstur keras (buah aren tua) memiliki kandungan nutrisi dibanding dengan kolang kaling bertekstur lunak dan sedang (buah aren muda).

Khasiat dan manfaat kolang kaling bagi kesehatan yang jarang diketahui

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kolang-kaling.

1. Sumber nutrisi yang tinggi untuk tubuh

Jika dilihat dari berbagai kandungan yang dimilikinya, kolang-kaling bisa menjadi salah satu makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Selain kandungan airnya yang sangat tinggi yakni mencapai 93,8%, didalam 100 gr kolang kaling juga terdapat berbagai jenis vitamin, mineral, antioksidan serta antiinflamasi. Sehingga tak heran, apabila buah ini disebut-sebut sangat bermanfaat bagi tubuh.

2. Mencegah dehidrasi

Kandungan air yang melimpah dalam kolang kaling sangat membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Sehingga dengan manfaatnya tersebut tak heran, apabila buah ini menjadi salah satu makanan favorit di bulan puasa. Karena bisa dibilang, buah ini mampu mengisi kembali mineral dan nutrisi yang hilang.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat kolang kaling selanjutnya ialah dapat membantu sistem pencernaan Anda menjadi lancar, bahkan menjadi obat herbal sembelit. Hal tersebut dikarenakan didalam buah kolang-kaling terdapat kandungan serat yang cukup tinggi. Dengan begitu, buang air besar Anda dapat menjadi lebih lancar dan teratur.

4. Membantu memperkuat tulang

Tak hanya baik untuk pencernaan, kolang-kaling juga baik untuk memperkuat tulang. Hal tersebut dikarenakan kandungan kalsium dalam buah ini cukup tinggi, bila dibandingkan dengan kandungan kalsium dalam susu sapi. Dalam 100 gr susu, diketahui terdapat 125 mg kalsium. Sedangkan dalam kolang-kaling terkandung 91 mg kalsium dalam per 100 gram nya.

Bahkan lantaran kandungan kalsium cukup tinggi didalamnya, kolang-kaling juga dipercaya mampu mencegah resiko berbagai permasalahan yang berhubungan dengan tulang. Seperti halnya asam urat dan osteoporosis.

5. Mencegah penyakit anemia

Kandungan zat besi dalam kolang-kaling diketahui merpakan bagian dari komponen hemoglobin, yang mana memiliki manfaat untuk memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah. Apabila zat besi tercukupi, maka tubuh akan terhindar dari penyakit anemia.

6. Menyehatkan kulit

Tak hanya mencegah dehidrasi, kandungan air yang melimpah dalam kolang-kaling juga dapat membantu menyehatkan kulit, seperti membantu mengatasi masalah kulit kering. Selain itu, sifat antiinflamasi yang dimilikinya juga mampu meredakan kemerahan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Sehingga kandungan dalam buah ini terbilang sangat baik bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

7. Menjadi menu diet sehat

Jika Anda kini sedang melakukan program diet, maka buah ini bisadilang menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Didalamnya terkandung nutrisi seperti vitamin dan mineral yang cocok untuk diet. Selain itu, kandungan gelatin dalam kolang-kaling juga dapat membantu mempercepat rasa kenyang, sehingga dapat menghentikan nafsu makan yang berlebihan.

Nah itulah berbagai manfaat kolang kaling bagi kesehatan. Selain dari berbagai manfaat diatas, kolang kaling juga dipercaya baik untuk ibu hamil, ibu menyusui, menjaga kesehatan jantung, ginjal, menurunkan kolesterol hingga meningkatkan kesuburan. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close