Manfaat

Tak Heran Harganya Mahal, Ini 6 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Jika dulu buah ciplukan dipandang sebelah mata, kini buah mungil yang terbungkus kulit tipis seperti lampion ini dijual dengan harga fantastis di sejumlah kota besar. Di Supermarket Ibu Kota, buah ini dijual hingga Rp 500 ribu perkilonya. Berbeda halnya dengan di Brunei Darussalam, yang menjual buah ciplukan Rp. 10 ribu untuk perbijinya. Ternyata alasannya ialah buah ini belakangan telah banyak diteliti dan memiliki banyak kebaikan untuk tubuh. Lalu, apa saja manfaat buah ciplukan untuk kesehatan? Selengkapnya simak dalam ulasan berikut.

manfaat buah ciplukan

Buah ciplukan (golden berry) atau yang juga dikenal dengan cecendet mungkin tak terlalu familiar apabila dibandingkan dengan anggur, kelengkeng atau buah favorit lainnya. Namun siapa sangka, buah yang dulu biasa ditemukan di pinggir sawah, kebun dan pekarangan rumah ini kini banyak di temukan di supermarket dengan harga selangit pula. Hal tersebut konon dikarenakan didalam buah ini terkandung beragam khasiat luar biasa bagi tubuh.

Seperti buah lain pada umumnya, buah ciplukan yang berwarna hijau atau belum matang memiliki rasa asam, dan bila buah ciplukan telah matang atau berwarna kuning, maka rasanya akan berubah menjadi manis. Dan tak hanya itu, buah yang umumnya berdiameter sekitar 1,25 sampai 2 cm ini diketahui memiliki kandungan gizi yang cukup beragam serta diperlukan oleh tubuh. Adapun dalam satu porsi buah ciplukan (140 gr) terkandung berbagai gizi serta senyawa alami sebagai berikut.

  • Kalori …………………………………….………… 74 kal
  • Karbohidrat …………….…………………….…. 15 gr
  • Serat ……………………………………..…..…..…. 6 gr
  • Protein …………………………………..…….…… 2,7 gr
  • Lemak ………………………………………………. 1 gr
  • Vitamin C ……………………………….…………. 21%
  • Kebutuhan tiamin harian (vitamin B1) .. 14%
  • Riboflavin (vitamin B2) ……………………… 5%
  • Niasin (vitamin B3) ………………….………… 28%
  • Vitamin A ………………………..………..………. 7 gr
  • Zat besi dan fosfor …………..…………………. 8%

Nah itulah berbagai kandungan yang terdapat dalam buah ciplukan. Tak heran memang apabila buah ini disebut-sebut memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Khasiat dan manfaat buah ciplukan bagi kesehatan

Berikut tim herbaltv.co.id telah merangkum berbagai manfaat dari buah ciplukan dari berbagai sumber terpercaya.

1. Mengandung antioksidan tinggi

Didalam ciplukan diketahui mengandung antioksidan yang sangat tinggi, terlebih pada buah ciplukan yang telah matang. Hal tersebut lantaran didalamnya terdapat berbagai senyawa yang bersifat antioksidan seperti etanol dan fenolik. Bahkan menurut suatu penelitian yang dilakukan di University of Bonn di Jerman mengungkapkan bahwa manfaat buah ciplukan mengandung jumlah antioksidan tiga kali lipat lebih tinggi dia ding jenis buah lainnya.

Adapun antioksidan sendiri umumnya mampu melindungi serta memperbaiki sel dalam tubuh dari pada efek radikal bebas. Sehingga, tak jarang senyawa ini dipercaya mampu mengatasi penuaan dini, penyakit hepatitis, malaria, rematik, dermatitis, asma hingga kanker. Bahkan tak hanya antioksidan, didalamnya juga terkandung vitamin C yang dapat membantu menghilangkan penumpukan plak di jalur kognitif otak.

2. Meningkatkan kesehatan tubuh

Suatu penelitian mengungkapkan, bahwasannya buah ciplukan juga bermanfaat untuk meningkatkan daya imunitas tubuh, berkat kandungan polifenol yang dikandungnya. Adapun polifenol sendiri merupakan sejenis antioksidan yang mampu menghalangi pelepasan penanda sistem kekebalan tubuh tertentu saat terjadi peradangan.

Selain dari pada itu, buah ciplukan juga bisa menjadi peningkat stamina, yang mana berasal dari kandungan vitamin C nya yang cukup tingi. Dalam satu cangkir yang berisi bauah ciplukan diketahui mengndung vitamin C sebanyak 15,4 mg, yang mana jumlah tersebut diketahui dapat membantu memenuhi sekitar 21% kebutuhan harian vitamin C untuk wanita, dan 17% kebutuhan harian vitamin C untuk pria.

3. Menjaga kesehatan otak

Penglihatan sejatinya memainkan peranan penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk iru, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A agar kesehatan mata Anda tetap terjaga. Salah satu pilihan makanan yang bisa Anda pilih adalah buah ciplukan.

Ya, selain mengandung vitamin A, didalam buah ciplukan juga terkandung senyawa alami lainnya seperti lutein, beta karoten serta karotenoid yang mana dapat menghindarkan Anda dari degenerasi makula. Adapun kondisi ini sendiri perupakan salah satu penyebab utama kebutaan pada orang lanjut usia. Selain dari pada itu, kandungan karotenoid dan lutein dalam buah ciplukan juga dipercaya mampu mencegah berbagai resiko pada mata akibat komplikasi diabetes.

4. Mengobati peradangan

Manfaat buah ciplukan lainnya diketahui mampu menghilangkan peradangan. Kandungan didalamnya diketahui mampu membantu menghilangkan nyeri sendi serta rematik. Hal tersebut karena kandungan dalam buah ciplukan bekerja dengan cara meningkatkan aliran darah pada daerah yang terasa nyeri, sehingga mampu meningkatkan fleksibilitas sendi hingga mengurangi rasa sakit.

Tak hanya itu, didalam buah ciplukan juga diketahui mengandung senyawa alami yang bernama withanolides, yang mana senyawa ini dapat membantu melawan efek peradangan, yang mampu menyebabkan peradangan di usus. Senyawa tersebut juga dilaporkan memiliki potensi lainnya untuk melawan resiko kanker usus besar.

5. Mencegah fibrosis

Fibrosis merupakan suatu kondisi dimana terjadinya keruksakan fungsi organ, seperti halnya hati dan ginjal. Khasiat buah ciplukan yang kaya akan berbagai kandungan nutrisi, vitamin, mineral, zat besi, protein serta kalsium, dapat membantu melindungi hati serta ginjal diantaranya dari bahaya fibrosis.

6. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Salah satu kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil adalah zat besi. Sehingga tak jarang, apabila ibu hamil disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran hijau, biji-bijian serta buah-buahan yang mengandung zat besi tinggi. Nah, mengonsumsi buah ciplukan setiap hari juga dapat memenuhi kebutuhan zat besi pada wanita hamil.

Manfaat lainnya

Buah ciplukan diketahui mengandung vitamin K yang terbilang cukup tinggi. Dengan vitamin K tersebut, diketahui bahwa buah ciplukan juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan kulit serta menjaga tekanan darah tetap normal. Bahkan dengan tercukupinya asupan vitamin K diduga mampu menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

Buah ciplukan juga memiliki sejumlah manfaat lainnya. Diantaranya seperti dapat membantu kemampuan otak seperti meningkatkan daya ingat, fokus serta konsentrasi yang sagat baik untuk penderita alzheimer serta demensia. Mengonsumsi buah ciplukan secara teratur juga diketahui mampu menurunkan berat badan, mengontrol diabetes hingga menurunkan kolesterol tinggi.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close