Parenting

Tips Ampuh Mencegah Penyakit Maag Kambuh Saat Puasa

Apakah Anda memiliki riwayat maag sering kambuh, namun ingin melaksanakan ibadan puasa dengan khusuk? Anda sebaiknya jangan khawatir. Karena ada beberapa tips khusus Anda, bagaimana cara mencegah penyakit maag kambuh saat puasa yang mudah untuk dilakukan. Maka dari itu, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut.

cara mencegah penyakit maag

Maag merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat kambuh kapan saja, termasuk saat kita tengah menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadhan ini. Adapun gejala maag yang sering muncul adalah nyeri puat, mual, kembung dan dada terasa perih. Dan berbagai gejala tersebut bisa menjadi alasan Anda batal untuk berbuka puasa.

Hanya saja, maag sejatinya bukanlah penghalang yang cukup berarti untuk memaksimalkan ibadah puasa selama bulan ramadhan berlangsung. Selain berkonsultasi dengan dokter, ternyata ada beberapa tips serta cara aman yang bisa Anda lakukan guna mencegah maag saat puasa. Apa saja?

Tips mencegah penyakit maag kambuh saat puasa

Berikut adalah berbagai tips yang bisa Anda lakukan mencegah kambuhnya penyakit maag yang Anda derita khususnya saat puasa.

1. Jangan lewatkan sahur

Apabila Anda kini memiliki riwayat maag, maka sebaiknya usakan untuk selalu sahur setiap akan puasa. Mungkin Anda bisa satu atau dua kali tidaksahur lantaran berbagai alasan. Namun sebaiknya Anda waspadai, apabila ini berlangsung secara terus menerus. Karena hal tersebut bisa meningkatkan resiko maag Anda kambuh saat puasa.

Biasanya, maag bisa kambuh di jam-jam puasa. Terlebih saat siang hari, mulai jam 10 pagi hingga jam 12 siang. Dan usahakan saat sahur, Anda menghindari makanan yang beresiko meningkatkan maag Anda kambuh.

2. Berbuka tepat waktu

Mungkin ada beberapa alasan untuk segelintir orang menunda buka puasa. Baik itu kesibukan Anda dalam bekerja maupun kemacetan parah saat Anda menuju pulang. Namun berbuka puasa tepat waktu sangatlah penting untuk mencegah maag kambuh. Sehingga bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit maag disarankan untuk tidak membiasakan menunda berbuka puasa.

Pada saat berbuka, sebaiknya hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein. Selain itu, buat juga jadwal makan yang baru selama bulan puasa. Apabila sebelumnya Anda makan 3 kali sehari, Anda bisa mengubahnya menjadi empat hingga lima kali dari berbuka puasa hingga imsak, dengan porsi sedikit-sedikit. Ini juga merupakan salah satu upaya pencegahan agar penyakit maag Anda tidak kambuh.

3. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat saat sahur

Jika penyakit maag Anda tidak ingin kambuh, maka pastikan saat sahur Anda mengonsumsi makanan yang tinggi serat. Adapun makanan yang mengandung serat banyak ditemukan pada buah, beras, sayur, agar-agar, kacang-kacangan dan gandum. Makanan yang kaya akan serat, yang mana dapat memperlambat pengosongan lambung. Sehingga mampu menurunkan tingkat resiko maag kambuh saat puasa. Selain itu, jenis makanan tersebut juga biasanya kaya akan karbohidrat kompleks. Dimana jenis karbohidrat ini membutuhkan waktu yang lambat untuk diserap ke dalam sistem tubuh.

4. Hindari makanan pemicu maag

Hal ini sangat penting dilakukan saat sahur maupun berbuka. Adapun diantara makan yang dapat membuat maag kambuh adalah makanan berlemak, lantaran lemak sendiri mampu meningkatkan peradangan pada selaput lambung. Selain itu, para dokter di Universitiy of Maryland Medical Center menyarankan agar pasien maag juga menghindari makanan olahan yang mengandung gula., mi dan pasta serta makananpedas seperti cabai rwit, mustard serta saus sambal yang mampu memperparah gejala penyakit maag.

Nah itulah berbagai tips cara mencegah penyakit maag kambuh saat puasa yang perlu Anda ketahui. Selain itu, jika maag Anda tidak ingin kambuh saat puasa, disarankan agar tidak stres dan juga sebaiknya hindari rebahan sesaat setelah makan. Bahkan jika diperlukan Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal maag, yang juga baik untuk kesehatan lambung Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close