Parenting

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil Agar Tetap Sehat Dan Tidak Mudah Lemas

Bulan ramadhan telah tiba, Sehingga diwajibkan kepada seluruh muslim di dunia untuk menjalankan ibadah puasa. Meski begitu, ada beberapa golongan yang diberi keringanan untuk tidak berpuasa, salah satunya adalah ibu hamil. Namun, jika kondisi ibu hamil dan janin yang dikandung dalam keadaan sehat, maka ibadah ini masih bisa dilakukan. Nah agar puasa Anda nyaman dan kondisi Anda tetap bugar, ada beberapa tips berpuasa bagi ibu hamil yang bisa dilakukan. Informasi selengkapnya bisa Anda simak dalam ulasan berikut.

tips berpuasa bagi ibu hamil

Pada suatu penelitian yang dilakukan pada ibu hamil menunjukkan, bahwasannya berpuasa selama bulan ramadhan tidak dapat mempengaruhi berat, panjang serta ukuran kepala janin. Meski demikian, terdapat sedikit prrningkatan resiko bayi terlahir dengan berat badan rendah apabila ibu hamil menjalani puasa, disaat usia kehamilannya telah memasuki trimester kedua dan trimester ketiga.

Namun, bumil jangan terlalu khawatir apabila bumil memiliki beberapa kriteria saat hendak menjalani ibadah puasa. Seperti halnya bumil memiliki berat badan yang normal, gaya hidup sehat serta dapat memenuhi nutrisi dengan cukup. Apabila bumil memiliki berbagai kriteria tersebut, maka berpuasa diyakini tidak akan berpengaruh banyak terhadap janin. Hal tersebtut dikarenakan ibu hamil tetap bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh janin.

Tips berpuasa bagi ibu hamil agar tetap sehat dan tidak lemas

Berikut terdapat beberapa tips penting bagi ibu hamil agar badan tetap bugar dan janin yang dikandungpun sehat. Diantaranya:

Hindari stres saat berpuasa

Terdapat suatau penelitian yang menunjukkan bahwasannya wanita hamsil yang berpuasa memiliki hormon stres yang lebih tinggi. Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi kesehatan serta janinnya. Untuk itu, sebisa mungkin bumil harus hindari berbagai hal yang bisa memicu stres, khususnya saat bumil menjalani puasa.

Tidak mengangkat beban berat

Tips puasa selanjutnya untuk ibu hamil agar tetap sehat dan tidak lemas adalah dengan menghindari mengngkat beban berat atau berjalan terlalu jauh. Jika perlu, kurangi juga kegiatan rumah tangga yang melelahkan. Dan apabila Andamulai merasa kelelahan, maka cobalah untuk rileks dan beristirahat sejenak.

Cek kemungkinan pengurangan jam kerja

Bagi [ara ibu hamil yang bekerja, periksajuga kemungkinan apakah kantor Anda mengurangi jam kerja atau memberikan tambahan waktu istirhat selama berpuasa. Jika iya, waktu luang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengistirahatkan tubuh Anda di sela kepenatan pekerjaan.

Memilih makanan sahur dan berbuka yang tepat

Tips yang satu ini juga sangat penting untuk diperhatikan bagi ibu hamil yang melakukan puasa. Selain dapat membuat tetap bugar, namun juga bertujuan untuk tetap memnuhi kebutuhan nutrisi janin meski tengah berpuasa. Untuk itu, jangan lewatkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat, seperti gandum utuh, sayuran dan juga buah kering.

Hindari mengonsumsi makanan manis secara berlebih

Mengonsumsi makanan manis secara berlebih diketahui mampu membuat kadar gula darah menjadi naik dan turun secara drastis. Kondisi ersebut dapat memicu lemas dan pusing, terlebih saat menjalani puasa. Selain itu, batasi juga mengonsumsi makanan tinggi lemak dan cepat saji.

Memenuhi kebutuhan protein

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan protein saat hendak menjalani ibadah puasa, agar tubuh tidak lemas dan janin yang dikandung sehat. Terutama protein yang berasal dari kacang-kacangan, telur, ikan serta daging matang yang telah diolah.

Mencukupi kebutuhan air minum perhari

Meski tengah berpuasa, namun mencukupi kebutuhan air minum perhari harus tetap terpenuhi, terlebih pada ibu hamil. Anda harus mengonsumsi air minum sekitar 1,5-2 liter masing-masing saat sahur dan berbuka. Sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi lantaran dapat beresiko menyebabkan dehidrasi.

Nah itulah beberapa tips berpuasa bagi ibu hamil agar tetap sehat dan tidak lemas. Jika perlu.Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kesehatan seperti obat herbal yang mana dapat menambah energi saat bepuasa. Hanya saja ibu hamil harus tetap waspada terhadap gejala dari kondisi yang mungkin dapat membahayakan janin. Diantaranya seperti demam, pusing, muntah, lemas, bibir kering dan merasa sangat haus. Berbagai gejala tersebut menandakan bahwa bumil tengah mengalami dehidrasi.

Selain itu, waspadai juga penurunan berat badan ibu hamil selama berpuasa, berkurangnya gerakan janin dalam kandungan se[perti nyeri pada perut seperti kontraksi. Apabila bumil mengalami berbagai gejala tersebut, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter kand

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close