Parenting

Tips Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Yang Cepat Tanpa Obat Secara Alami

Sakit gigi merupakan penyakit umum yang bisa terjadi pada anak-anak, dewasa bahkan ibu hamil sekalipun. Kondisi ini tak hanya menjadi pemicu ngilu pada saat makan. Bahkan tak jarang juga menyebabkan sakit kepala hingga demam. Tak hanya menggunakan obat, ternyata cara mengatasi sakit gigi juga bisa dilakukan secara alami di rumah lho. Selengkapnya, simak informasi berikut ya.

Mengenal berbagai penyebab sakit gigi

mengatasi sakit gigi

Sebelum kita kita beranjak ke pembahasan utama, ada lebih baiknya kita juga mengenal terlebih dahulu berbagai pemicu dari kondisi tersebut. Adapun Sakit gigi dapat diartikan sebagai kondisi pada saat munculnya rasa nyeri didalam maupun sekitar gigi juga rahang. Tingkat keparahan nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan bahkan berat. Dengan frejueansiterasa secara terus menerus, bisa juga hilang timbul.

Pada dasarnya, sakit gigi diketahui timbul sebagai gejala dari suatu penyakit.Terutama pada bagian rongga mulut maupun bagian tubuh lain. Adapun sakit gigi yang terjadi akibat adanya masalah didalam rongga mulu dapat di picu oleh beberapa faktor. Diantaranya seperti:

  • Gigi berlubang atau tambalan gigi yang rusak
  • Tumbuh gigi, yang biasanya dialami oleh bayi maupun anak-anak
  • Gigi patah
  • Gigi tanggal
  • Muncul nanah pada gigi
  • Gigi bungsu yang tumbuh tidak normal
  • Terjadinya pembusukan gigi
  • Terjadi permasalahan pada kawat gigi
  • Gusi bengkak
  • Terjadinya permasalahan pada kawat gigi
  • Kebiasaan menggeretakan gigi (bruxism)

Selain itu, sakit gigi juga bisa menjadi penjalaran nyeri pada tubuh lain yang mengalami gangguan. Diantaranya dapat terjadi pada pnderita yang mengidap sinusitis, penyakit jantung, trigeminal neuralgia (gangguan saraf wajah) hingga penderita kanker paru-paru. Seseorang juga akan lebih beresiko mengalami sakit gigi apabila merokok, penderita diabetes, AIDS serta mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti phenytoin atau obat imunosupresif.

Tips Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Yang Cepat Tanpa Obat Secara Alami

Obat-obatan seperti paracetamol, ibuprofen, nafroxen dan hidrogen peroksida, merupakan jenis obatan pereda nyeri gigi. Namun selain itu, terdapat beberapa tips alami, yang dipercaya sebagai cara mengatasi sakit gigi yang cepat di rumah. Adapun berbagai tips alami tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi sakit gigi dengan air garam

Salah satu dari pada cara mengatasi sakit gigi hebat paling cepat dan cepat, apapun itu penyebabnya adah dengan berkumur menggunaan air garam. Adapun garam sendiri diketahui mampu menyerap kelembaban mulut, yang dapat membantui membunuh bakteri pemicu sakit pada gigi. Selain itu, air garam juga mampu mengurangi peradangan akibat infeksi.

Andapun untuk cara mengatasi sakit gigi berlubang dengan air garam bisa Anda lakukan dengan terlebih dahulu melarutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, kumur beberapa saat dan konsenstrasikan pada area yang terasa sakit. Setelah itu buang bekas air kumur.

2. Berkumur dengan Cuka apel

Selain berkumur dengan air garam, berkumur dengan cuka apel juag bisa menjadi pilihan lainnya sebagai cara mengobati sakit gigi secara tradisional. Cuka apel sendiri diketahui mengandung sifat antibakteri juga antimikroba yang efektif guna membunuh kuman penyebab sakit di gigi.

Hanya saja tidak disarankan berkumur dengan cuka murni. Asam dari cuka apel sendiri diketahui dapat merusak lapisan enamel gigi apabila terpapar langsung. Untuk itu, Anda bisa larutkan dulu 1/2 sdt cuka ke dalam segelas air hangat. Setelah itu kumur dan tahan didaerah yang sakit, kurang lebih selama 30 detik. Setelah itu, buang.. Cara lainnya, Anda bisa teteskan cuka pada sedikit kapas dan tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit.

3. Kompres menggunakan es

Cara mengatasi sakit gigi dengan es batu, bisa menjadi alternatif lainnya yang bisa Anda coba. Anda bisa masukan beberapa bongkahan es ke dalam plastik kemudian lapisi dengan waslap tipis. Setelah itu tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit. Selain itu, Anda juga bisa langsung tempelkan kompres secara langsung pada permukaan gigi yang ngilu.

Selain itu, ada cara menarik yang bisa Anda coba untuk memanfaatkan kompres es guna mengobati sakit gigi. Anda bisa pijat area punggung tangan disisi yang sama dengan gigi yang ngilu, yakni diantara ibu jari dan telunjuk dengan kompres es batu. Di area tersebut, diketahui terdapat saraf-saraf sensitif terhadap rangsangan dingin, sehingga mampu mengalahkan sinyal rasa sakit Anda.

4. Mengunyah bawang mentah

Apabaila rasa ngilu pada gigi yang Anda alami tidak seberapa, mungkin cara mengatasi gigi yang satu ini patut Anda coba. Bawang putih dan bawang merah sendiri merupakan obat sakit gigi alami yang masih belum banyak diketahui. Kedua bawang alami ini sendiri mengandung sifat antiseptik juga antimikroba yang mampu membunuh kuman pemicu sakit gigi.

Adapun cara mengatasi sakit gigi dengan bawang adalah dengan mengunyahnya. Anda bisa mengunyah bawang merah mentah selama beberapa menit di bagian sisi mulut yang terasa nyut-nyutan. Saat terkoyak oleh gigi, bawang akan mengeluarkan zat allicin atau zat berminyak yang mampu membunuh bakteri. Cara lainnya, Anda bisa mengiris tipis bawang dan meletakannya langsung di gigi yang terasa sakit sebagai kompres.

5. Gunakan minyak cengkeh

Bahan herbal yang satu ini telah sejak lama digunakan sebagai cara alami mengobati sakit gigi. Minyakyang mengandung senyawa eugenol ini berperan sebagai zat anestesi alami, yang disinyalir mampu mematikan saraf sementara. Untuk itu, Anda harus menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati sakit gigi secara hati-hati. Karena apabila sampai menetes pada lidah atau gusi yang sensitif bisa menyebabkan rasa sakit semakin parah.

Untuk caranya yang aman, Anda bisa ruangkan dulu dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas. Kemudian tempelkan pada gigi yang bermasalah. Kompres hingga rasa sakit yang Anda rasakan mereda. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh dan tahan pada lokasi gigin yang sakit. Setelah itu, kumur guna membilas sisa-sisa cengkeh yang mungkin tertinggal dala mulut.

6. Ambil manfaat dari daun jambu

Tak hanya buahnya yang terasa lezat, daunnya juga ternyata memiliki banyak kebaikan untuk kesehatan. Salah satunya berguna untuk meredakan sakit gigi. hal tersebut dikarenakan daun jambu merah diketahui memiliki sifat antiradang, antimikroba juga sekaligus pereda nyeri (analgesik), yang mampu menjadi cara terbaik mengobati sakit gigi di rumah.

Dilansir dari The Health Site, dengan melipat atau menggulung satu-dua lembar daun jambu. Setelah itui, kunyah hingga ekstrak airnya keluar. Dengan lidah, Anda tangkap sarinya, dan oleskan pada area gigi yang sakit. Selain itu, aranya lainnya bisa Anda lakukan dengan merebus emapat sampai lima lembar daun biji dan tambahkan sejumput garam. Setelah dingin, Anda bisa gunakan air rebusannya sebagai alat kumur.

Nah itulah berbagai tips mengatasi sakit gigi berlubang secara alami dengan cepat. Beberapa diantaranya seperti berkumur dengan garam dan kompres es bisa menjadi cara mengatasi sakit gigi pada anak dan ibu hamil yang aman dan patut di coba. Namun apabila sakit gigi yang Anda rasakan semakin parah dan tak kunjung mereda, Anda bisa segera memeriksakannya ke pusat kesehatan terdekat.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close