Parenting

6 Tips Mudah Mengobati Sakit Gigi Anak Di Rumah Secara Alami

Bagi orang dewasa, memilih obat sakit gigi mungkin tidaklah sulit. Namun berbeda halnya apabila yang mengalami sakit gigi anak kecil. Anda sendiri tidak boleh sembarangan memberikan obat sakit gigi pada anak, mengingat ada resiko efek samping yang kemungkinan dapat muncul. Maka dari itu, berikut kami informasikan beberapa tips alami yang dipercaya ampuh dan aman untuk mengobati sakit gigi anak di rumah.

Cara mengobati sakit gigi anak secara alami di rumah

sakit gigi anak

Pada dasarnya, penyebab sakit gigi pada si kecil secara umum dipicu oleh gigi berlubang. Selain dari pada itu, juga bisa disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut, tumbuh gigi, infeksi pada gigi dan gusi hingga gigi anak yang sensitif. Nah, apabila si kecil sedang merintih karena giginya sakit, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut guna meredakan sakit gigi pada anak dengan cepat rumah tanpa obat.

1. Menyikat gigi

Sisa makanan membandel yang terselip di gigi berlubang bisa menjadi penyebab anak sakit gigi. Untuk itu, cobalah menyikat bagian gigi si kecil yang terasa sakit serta gigi yang sulit terjangkau atau mungkin sering terabaikan. Pastikan Anda memilih sikat gigi berbulu halus ya. Selain dari pada itu, untuk hasil yang maksimal, Anda juga bisa mengunakan benang gigi. Apabila si kecil sudah bisa melakukannya sendiri, biarkan ia melakukannya sendiri tentunya dengan pengawasan.

2. Kompres es batu

Cara alami lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit gigi pada si kecil adalah dengan mengompres menggunakan es batu. Terlebih dahulu, Anda bisa membungkus es dengan handuk, kemudian menempelkannya pada area yang terasa sakit selama kuran lebih 15 menit. Jngan menempelkan es langsung pada kulit. Karena itu hanya akan memperburuk kondisi sakit gigi si kecil. Anda juga bisa melepaskan kompres tersebut apabila si kecil sudah nampak tidak nyaman.

3. Berkumur dengan air garam

Apabila si kecil telah mengerti cara berkumur dan membuang air kumurannya, Anda juga bisa melakukan tips yang satu ini apabila si kecil mengalami sakit gigi. Caranya, cukup campurkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air bersuhu suam-suam kuku. Kemudian aduk sampai rata. Setelah itu, ajari si kecil untuk berkumur dengan air larutan garam tersebut selama 30 detik. Kemudian buang airnya. Anda bisa mengulangi langkah ini setiap beberapa jam sekali untuk mencegah nyerinya muncul kembali.

4. Mengobati sakit gigi anak dengan bawang putih

Sejak dari dulu, bawang putih dipercaya sebagai obat sakit gigi anak dan dewasa secara tradisional. Tak hanya meredakan sakit gigi, bawang putih juga dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab keruksakan gigi. Untuk caranya, mintalah si kecil untuk mengunyah bawang putih. Selain itu, Anda juga bisa menghaluskan terlebih dahulu bawang ptih ddan menempelkannya pada bagian gigi maupun gusi si kecil yang terasa sakit.

5. Gunakan minyak cengkeh untuk atasi sakit gigi pada anak

Herbal yang stu ini juga diketahui memiliki efek benzocaine, yang tak lain merupakan zat umum yang terkandung dalam gel pereda nyer gigi yang dijual di apotik. Adapun untuk penggunaannya, Anda bisa oleskan minyak cengkeh ini ke bagian gigi maupun gusi si kecil yang terasa sakit.

6. Manfaatkan teh kantung peppermint

Jika di rumah Anda memiliki kantung teh peppermint, Anda bisa memanfaatkannya guna menghilangkan nyeri gigi ataupun gusi bengkak pada anak. Untuk carabnya, Anda bisa masukkan terlebih dahulu teh kantung ini ke pendingin selma beberapa menit. Setelah terasa cukup dingin, tempelkan kantung teh dingin ini langsung ke area gigi anak yang menjadi sumber sakit.

Nah itulah berbagai tips udah mengobati sakit gigi pada buah hati Anda secara alami di rumah. Hanya saja berberapa cara dan herbal diatas hanya berfungsi untuk meredakan gejala sakit gigi, bukan menghilangkan sumber masalahnya. Dan penanganan sakit gigi diatas juga sebaiknya disesuaikan dengan penyebabnya ya. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close