Video Kesehatan

Wanita Hamil Saat Berenang ? Ini Tanggapan Dokter

Wanita Hamil Saat Berenang ? – Baru baru ini ada sebuah pernyataan dari anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia atau KPAI, yakni Sitti Hikmawatty yang belakangan tengah menjadi sorotan. Beliau disebut – sebut telah mengeluarkan pernyataan mengenai wanita yang bisa hamil apabila berenang dikolam renang bersama laki laki.

Dan Pernyataan tersebut muncul dalam salah satu tayangan video laman daring, yang hingga akhirnya menuai kontroversi dari berbagai pihak. Dalam video itu, beliau mengatakan apabila ada laki-laki yang terangsang lantas mengeluarkan sperma dalam kolam, meski laki laki tersebut tidak mengalami penetrasi, maka bisa mengindikasi kehamilan bagi perempuan dalam kolam renang. Terlebih perempuan tersebut sedang berada dalam masa subur.

Penjelasan dari Dokter mengenai Bisakah Wanita Hamil Saat Berenang ?

Menanggapi pernyataan yang berhasil membuat heboh, dr, Dinda Dermaisya, SpOG salah seorang dokter dari Medistra Hospital menjelaskan, bahwa sperma laki laki tidak mungkin untuk bisa bertahan dalam kolam renang. Karena ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Dan hal ini menandakan bahwa untuk perempuan bisa hamil ketika berenang dengan lawan jenis ini adalah tidak benar atau mitos.

Baca Juga : Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan Hingga Mencegah Kanker

Perlu untuk diketahui bahwa kaporit dalam kolam renang akan mengoksidasi kuman-kuman sehingga terjadilah degradasi protein sampai mati. Sperma manusia akan keluar bersamaan dengan cairan ejakulat. Ini bisa bertahan selama masih tercampur dengan cairan ejakulat tersebut selama 30 menit diluar tubuh pada suhu ruangan tertentu, tanpa cairan tersebut sperma akan mati.

Menurut dr. Dinda juga, waktu untuk hidup sperma ini hanya bisa bertahan lama didalam organ reproduksi perempuan. Dan diluar organ reproduksi sperma ini tidak mungkin untuk bisa bertahan lama, terlebih dalam kolam renang yang pada umumnya mengandung kaporit. Dan ia juga menegaskan bahwa proses kehamilan tidak semudah yang saat ini ramai diperbincangkan.

Namun terkaitan dengan pernyataan yang kontroversial, Sitti Hikmawatty mengungkapkan permintaan maaf karena telah menyebarkan kabar yang tidak benar dan menjadi pernyataan yang menghebohkan masyarakat. Dari permintaan maaf yang beliau sampaikan diantaranya :

  • Beliau meminta maaf kepada publik karena telah memberikan statemen yang tidak tepat.
  • Beliau juga menyampaikan bahwa statemen tersebut merupakan stateman pribadinya dan bukan dari KPAI. Dengan itu beliau mencabut statemen tersebut.
  • Dan Ibu Sitti juga memohon kepada semua pihak untuk tidak ikut menyebarkan lebih jauh statemen tersebut atau malah memviralkannya.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close