KesehatanParenting

Waspada Kondisi Henti Jantung, Penyebab Didi Kempot Meninggal Dunia

didi kempot meninggal dunia karena henti jantung

Ranah hiburan tanah air kembali berduka. Pasalnya, penyanyi campursari kenamaan Didi Kempot meninggal dunia pagi ini, Selasa (05/05/2020) di RS. Kasih Ibu, Solo pada usia 55 tahun. Kabar duka ini tentunya sangat mengejutkan publik, khususnya bagi keluarga yang ditinggalkan. Pasalnya sebelum meninggal, pria yang dijuluki Godfather of broken heart ini diketahui tidak memiliki riwayat suatu penyakit apapun dan dalam beradadalam kondisi bugar sebelumnya.

Dari informasi yang telah kami terima, pria bernama asli Didi Prasetyo dilarikan ke rumah sakit sekitar pukul 07.25 WIB dalam kondisi tidak sadarakan diri. Dan setelah mendapatkan perawatan medis selama 20 menit, akhirnya pelantun lagu stasiun balapan ini dinyatakan meninggal dunia pada pukul 07.25 WIB. Kepergiannya tersebut diketahui disebabkan oleh kondisi henti jantung. Lalu, apa itu henti jantung? dan apa saja penyebabnya? Untuk mengetahui jawabannya, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut.

Mengenal kondisi henti jantung penyebab didi kempot meninggal dunia

mengenal henti jantung, penyebab didi kempot meninggal dunia

Dilansir dari heart.org henti jantung atau yang dalam ilmu kedokteran dikenal dengan istilah sudden cardiac arrest, merupakan kondisi hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba pada seseorang, baik yang pernah atau tidak pernah didiagnosis menderita penyakit jantung sekalipun. Kondisi ini umumnya dapat datang secara tiba-tiba atau dibangun dari gejala lain yang mana sering kali berakibat fatal.

Pada dasarnya, penyebab henti jantung sendiri diakibatkan oleh irama jantung yang tidak teratur, atau yang disebut juga dengan aritmia. Adapun arirmia umum yang sering berhubungan dengan henti jantung ialah febrilasi ventrikel. Kondisi ini sendiri memiliki arti bahwa jantung yang lebih rendah secara tiba-tiba berdetak dengan kacau dan tidak memompa darah.

Maka dengan demikian, henti jantung sendiri merupakan kondisi yang serius, lantaran jantung behenti berdetak atau dikenal sebagai kematian jantung mendadak. Dan yang perlu Anda ketahui bahwasannya detak jantung sendiri dikendalikan oleh impuls listrik. Dan saat impuls tersebut berubah pola, maka detak jantung akan menjadi tidak teratur. Sehingga disaat irama jantung berhenti, maka disitulah terjadi kondisi henti jantung.

Apa bedanya henti jantung dan serangan jantung?

Mungkin banyak yang mengira bahwa henti jantung dan serangan jantung adalah kondisi yang sama. Namun dalam ilmu kedokteran, keduanya adalah kondisi yang berbeda, meski serangan jantung bisa menjadi salah satu pemicu henti jantung.

Serangan jantung umumnya disebabkan oleh adanya penyumbatan yang menyebabkan terhentinya aliran darah ke jantung. Kondisi ini mengacu pada kematian jaringan otot jantung lantaran kehilangan pasokan darah. Sedangkan henti jantung sendiri terjadi pada saat kelistrikan jantung tidak berfungsi. Sehingga menyebabkan jantung berhenti berdetak dengan benar.

Selain itu, serangan jantung juga dapat menyebabkan kematian terjadi dengan cepat, apabila langkah tepat tidak segera dilakukan. Sementara, henti jantung dapat di atasi apabila CPR (resusitasi kardiopulmoner) dapat dilakukan serta defibrillator segera digunakan, untuk mengejutkan jantung sekaligus mengembalikan irama jantung normal dalam beberapa menit.

Kami segenap tim herbaltv.co.id turut berbela sungkawa atas berpulangnya penyanyi dan pencipta lagu Didi Kempot. Semoga amal ibadah almarhum diterima oleh sang maha pencipta, serta keluarga dan kerabat yang ditinggalkan senantiasa diberi ketabahan. Aamiin.

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close