Video Kesehatan

Waspada OTG, Orang Tanpa Gejala Tapi Tukarkan Virus Corona

Orang Tanpa Gejala – Waspada harus lebih ditingkatkan, salah satunya untuk lebih berhati hati pada Orang Tanpa Gejala (OTG). Pasalnya, untuk kelompok orang dalam pemantauan atau OPD ini telah diindikasi yang paling banyak untuk menularkan virus corona di Indonesia . Maka dari itu, masyarakat dianjurkan untuk lebih berhati hati, dan lebih banyak untuk berdiam diri dirumah, tidak banyak berpergian, belajar dan beribadah dirumah guna memutuskan mata rantai virus corona.

Setelah melaksanakan rapat bersama Presiden Joko Widodo yang dilakukan melalui saluran konferensi video, pada senin 13 April 2020. Doni Monardo Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19, menyatakan bahwa penularan dari virus corona di Indonesia ini paling banyak memang bukan dari pasien yang dalam perawatan di rumah sakit ataupun pasien isolasi mandiri. Melainkan dari kelompok ODP yaitu OTG, orang tanpa gejala.

Dan fakta lainnya kebanyakan dari OTG ini adalah mereka yang berusia masih muda. Oleh karena itu Doni menghimbau kepada semua pihak untuk sementara ini lebih mengurangi aktifitas diluar rumah sampai dengan situasi pandemi ini dinyatakan telah usai. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 juga meminta kepada kelompok yang memang lebih beresiko untuk tertular, contohnya para lansia dan bagi orang dengan penderita penyakit penyerta seperti jantung, hipertensi, asma, dan lainnya supaya mengisolasi diri terlebih dahulu guna mengurangi penularan.

Apa Itu OTG / Orang Tanpa Gejala

OTG sendiri di definisikan sebagai seseorang yang tidak bergejala dan mempunyai resiko tertular dari orang yang telah terkonfirmasi virus corona. OTG juga merupakan kontak erat dengan kasus yang terkonfimasi virus corona Covid-19.

Disamping itu, kontak erat diartikan sebagai orang yang telah melakukan kontak fisik atau sempat berada dalam ruangan dan telah melakukan kunjungan setidaknya dalam radius 1 meter dengan pasien dalam pengawasan ataupun pasien terkonfirmasi positif, sedikitnya 2 hari sebelum kasus timbul gejala, sampai 14 hari setelah kasus menimbulkan gejala.

Siapa yang Dikategorikan Kontak Dekat

Diantaranya adalah petugas kesehatan yang telah melakukan pemeriksaan, orang yang mengantar serta yang membersihkan ruangan dalam tempat perawatan kasus tanpa menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) yang sesuai dengan standar, maka dikategorikan sebagai kontak dekat. Dan tidak hanya itu, untuk orang yang pernah berada dalam satu ruangan bersama dengan pasien positif jiga termasuk dalam kontak dekat.

Apakah ada ciri dari OTG ?

Karena dikatakan Orang Tanpa Gejala maka sulit untuk bisa mengindikasikan gejala ataupun tandanya. Oleh sebab itu WHO, organisasi kesehatan dunia bersama dengan Kementerian Kesehatan RI, merekomendasikan untuk menggunakan masker bagi siapapun dengan gejala ataupun tanpa gejala saat berada diluar rumah.

Jenis masker yang dianjurkan ini adalah masker kain. Meskipun kemampuan filtrasinya dari masker kain ini tidak sebaik masker N95, masker kain ini ternyata mampu untuk menyaring 70% partikel dan dapat digunakan secara berulang. Dengan syarat harus sering dicuci menggunakan sabun dan air hangat.

Baca Juga : Mulai Merasakan Gejala COVID-19? Segera Lakukan 7 Hal ini!

Artikel Lainnya

Back to top button
Close
Close